100 PETUGAS COVID-19 PMI KOTA JAKARTA TIMUR JALANI RAPID TEST

Jakarta (30/06) – 100 Petugas Covid-19 PMI melakukan rapid test di Markas Kota PMI Jakarta Timur atas dukungan Gugus Tugas Wilayah Jakarta Timur melalui Sudin Kesehatan dan Puskesmas Kecamatan Duren Sawit. Rapid test dihadiri langsung oleh Kepala Sudin Kesehatan dan Kepala Puskesmas Kecamatan Duren Sawit.

“Pada hari ini merupakan kerjasama antara Sudin Kesehatan melalui Puskesmas Kecamatan Duren Sawit dalam rangka rapid test masal bagi petugas Covid-19 PMI Kota Jakarta Timur karena PMI merupakan garda terdepan dalam penanganan Covid-19 saat ini.” Jelas Kepala Sudin Kesehatan Wilayah Jakarta Timur.

100 petugas Covid-19 terdiri dari seluruh unsur komponen PMI Jakarta Timur (Pengurus PMI, Dewan Kehormatan PMI, staf markas, Korps Sukarela (KSR) Unit (markas, UNJ dan Unsurya), pengurus forum pembina PMR dan anggota TSR).

“Saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh petugas dari Puskesmas Kecamatan Duren Sawit dan Sudin Kesehatan Jakarta Timur yang telah peduli kepada PMI. Relawan kami memang rentan tertular Covid-19 karena sering bertugas kelapangan untuk pelayanan spraying desinfectan, sosialisasi PHBS maupun pemberian bantuan kepada masyarakat.” Jelas Drs. H. R. Krisdianto, M.Si, Ketua Pengurus PMI Kota Jakarta Timur.

Prosedur yang digunakan tetap menerapkan social distancing bagi petugas covid yang mengikuti tes. Tahap pertama, petugas puskesmas memverifikasi data petugas Covid, selanjutnya pengecekan riwayat penyakit melalui proses wawancara. Setelah selesai, petugas puskesmas mengambil sampel darah untuk dibawa ke lab dan terakhir terdapat proses penyemprotan desinfectan disaat akan keluar ruangan.

“Penyelenggaraan rapid test untuk relawan sangatlah penting, terutama bagi relawan yang langsung terjun kelapangan dan  jadi garda terdepan penanggulangan COVID-19. Dengan menjalani rapid test kita bisa deteksi dini COVID-19, agar relawan bisa terus melayani masyarakat.” Sambung Aris Setiawan Relawan PMI Unit Universitas Negeri Jakarta. (rpd)

181

Leave a Reply