100 PETUGAS PMI KEBUMEN JALANI RAPID DIAGNOSTIC TSET

KEBUMEN/JAWA TENGAH – Sebanyak 100 relawan, karyawan dan pengurus Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Kebumen menjalani Rapid Diagnostic Test di Markas PMI Kebumen, Selasa (7/7/2020).

Ketua PMI Kebumen, Sabar Irianto mengatakan, Rapid Diagnostic Test ini untuk mendeteksi dini sekaligus mencegah penularan Covid-19, khususnya di kalangan relawan, karyawan maupun pengurus PMI Kabupaten Kebumen dimana mereka sejak awal telah terjun langsung membantu Gugus Tugas Kabupaten Kebumen dalam menangani Covid-19.

“Dengan adanya Rapid Diagnostic Test ini untuk menimbulkan rasa aman, nyaman kepada seluruh petugas dan relawan PMI dalam menangani COVID-19,” kata Sabar.

Ia menjelaskan Rapid Diagnostic Test itu bantuan dari Gugus Tugas Kabupaten Kebumen melalui Dinas Kesehatan Kabupaten Kebumen dan dilakukan oleh petugas mandiri yakni karyawan PMI Kebumen yang bertugas di Unit Donor Darah. Sebelum menjalani Rapid Diagnostic Test peserta diminta mengisi biodata pribadi dan menuliskan riwayat perjalanan dan penugasan.

Sementara itu, Sekretaris PMI Kebumen, Salim Wazdy mengatakan, dari hasil Rapid Diagnostic Test kemarin hasilnya non reaktif. Meski begitu ia menghimbau relawan dan karyawan untuk tetap menjaga diri dengan selalu memakai protokol kesehatan dan alat pelindung diri (APD) saat bertugas.

“Alhamdulilah semuanya Non Reaktif. Tapi kami himbau kepada temen-temen semua baik relawan dan karyawan untuk tetap menjaga kesehatan dan memakai protokol dan APD saat bertugas baik di kantor maupun di lapangan,” ujarnya.

Sejauh ini, PMI Kabupaten Kebumen dalam penanganan Covid-19 telah menjadi pioner gerakan spraying disinfektan serta pembagian dan distribusi sembako kepada masyarakat tedampak Covid-19. Tak hanya itu PMI Kebumen juga membuka pelayanan ambulan dan pemulasaraan jenazah diagnosis Covid-19.

“Kedepan kami tetap membantu pemerintah dalam hal ini Gugus Tugas Covid-19, kami siap kapanpun untuk membantu kemanusiaan,” tambah Salim. (***)

128

Leave a Reply