70 TAHUN PMI

PENDAHULUAN

Kegiatan Pameran 70 Tahun PMI akan berlangsung selama seminggu dari 10 s.d. 17 September 2015. Akan disajikan foto-foto dan benda bersejarah yang menggambarkan perkembangan PMI dari masa pendiriannya (1945) hingga saat ini (2015). Pameran ini akan ditata selayaknya lorong waktu, dimulai masa awal yaitu masa pendirian yang merupakan masa paling monumental yaitu 1945 s.d. 1950, kemudian masa perkembangan 1951-1970 dan selanjutnya masa pengabdian dan kemajuan hingga tahun 2015.

Demi memeriahkan dan menarik minat masyarakat untuk berkunjung ke pameran, maka perlu diadakan kegiatan pendukung yang berlangsung selama 7 hari.

TUJUAN

  1. Memperingati 70 tahun PMI melaui kegiatan pameran dan kegiatan pendukung lainnya.
  2. Mendatangkan sekurang-kurangnya 3000 pengujung selama pameran berlangsung.
  3. Pengunjung pameran mengetahui sejarah pendirian PMI, perkembangan, dan kegiatannya di masa sekarang.
  4. Pengunjung pameran terinspirasi untuk membantu PMI sesuai kapasitasnya masing-masing.

AGENDA KEGIATAN

  1. PEMBUKAAN PAMERAN DAN PELUNCURAN PRANGKO 70 TAHUN PMI

Bekerja sama dengan PT. POS Indonesia, PMI menggagas peluncuran prangko peringatan 70 tahun peran sertanya dalam kemanusiaan dan kemerdekaan bangsa Indonesia.  Prangko peringatan ini terdiri dari dua desain yaitu desain bergambar gedung markas PMI tempo dulu dan bergambar sosok Ketua Umum PMI Pertama, M. Hatta. Prangko akan dicetak sebanyak 300 ribu keping yang akan disebarluaskan ke kantor pos di seluruh Indonesia.

Peluncuran prangko sekaligus pembukaan pameran 70 tahun PMI dilaksanakan pada 10 September 2015 di Museum Nasional Jakarta. Seremonial peluncuran dilakukan melalui “Penandatangan Sampul Hari Pertama Seri Prangko Peringatan 70 tahun PMI” oleh Wakil Presiden Republik Indonesia dan Kementerian Komunikasi dan Informasi RI.

Target kehadiran undangan adalah para duta besar negara sahabat, Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI, Kementerian RI yang terkait kerja sama dengan PMI, Badan-badan nasional dan lembaga bidang kebencanaan dan kesehatan, organisasi dan lembaga non pemerintah, pemerintan Daerah Ibukota Jakarta, ICRC, IFRC, Perhimpunan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah negara sahabat, keluarga M. Hatta dan Mitra PMI.

Setelah seremonial selesai akan dilanjutkan dengan peninjauan ke lokasi pameran.

Informasi lebih lengkap:

Email: hutpmi@pmi.or.id, aulia_arriani@pmi.or.id

CP: Aulia Arriani (0816 795 379)

2.      WORKSHOP PERTOLONGAN PERTAMA UNTUK KOMUNITAS

Kecelakaan di jalan raya menjadi momok yang mengerikan, sudah terlalu banyak korban luka bahkan meninggal akibat kecelakaan di jalan raya. Selain disebabkan oleh kekurang hati-hatian, kecerobohan dari pengemudi yang mengakibatkan kecacatan atau kematian akibat kecelakaan di jalan raya, juga disebabkan oleh tidak adanya atau kesalahan dalam melakukan tindakan Pertolongan Pertama (PP).

Risiko kecacatan dan kematian sebenarnya bisa dikurangi dengan tindakan PP yang cepat dan tepat. Kecelakaan bisa menimpa siapa saja dan dimana saja, maka kemampuan semua orang dalam melakukan tindakan PP adalah hal penting karena bisa menolong diri sendiri bahkan orang lain.

Pada workshop ini, PMI akan berbagi pengetahuan dan keterampilan bagi masyarakat khususnya komunitas peminat otomotif, dengan alasan, mereka bisa menjadi pelopor keselamatan di jalan raya melalui keterampilan pertolongan pertama yang tepat dan cepat.

Target peserta dari workshop ini adalah sebanyak 50 orang, berlangsung pada 12 September 2015, Pukul 10.00 wib, di Museum Nasional Jakarta. Fasilitator dari unsur pelatih dari Palang Merah Indonesia.

Informasi dan Pendaftaran:

Email: hutpmi@pmi.or.id

CP: Umar (HP: 0823 2268 6412)

3.      WORKSHOP FOTOGRAFI KEMANUSIAAN

Seringkali kita melihat foto-foto yang tidak layak dari sisi penghormatan martabat manusia tampil di media massa seperti koran dan televisi, maupun di media daring dan media sosial. Niat foto tersebut untuk menujang kekuatan sebuah pesan, malah melemahkan harkat dan martabat manusia maupun sisi keamanan dan keselamatan.

Workshop ini akan berbincang dan berbagi pengetahuan menurut pandangan Gerakan Palang Merah yang aktifitasnya selalu berhubungan dengan nilai-nilai kemanusiaan, serta menurut pandangan jurnalis fotografer.

Target peserta sebanyak 50 orang dari jurnalis, komunitas dan peminat fotografi, mahasiswa, sukarelawan dan petugas humas PMI. Berlangsung pada 14 September 2015, pukul 13.00 wib, di lobby Museum Nasional Jakarta. Narasumber dari Federasi Perhimpunan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Internasional (IFRC) dan Antara Foto.

Informasi dan pendaftaran:

Email: hutpmi@pmi.or.id

CP: Satria Loka Widjaya (HP: 0856 9730 2029, 0812 9429 5258)

4.      SEMINAR PERUSAHAAN SIAGA BENCANA

Kesiapsiagaan bencana adalah tanggung jawab kita semua sebagai bagian dari masyarakat, termasuk perusahaan-perusahaan yang bergerak di segala bidang. Perusahaan yang berada di tengah-tengah lingkungan masyarakat, selain memperhatikan keselamatan di lingkungan perusahaannya, juga harus mempunyai perhatian terhadap pengurangan risiko bencana di lingkungan sekitarnya.

Seminar ini akan membincangkan tentang hal-hal yang bisa dilakukan oleh perusahaan dalam program pengurangan risiko bencana yang bersinergitas dengan masyarakat. Perusahaan bisa berbagi dan menjadi teladan dalam membangun ketahanan menghadapi bencana di lingkungannya.

Target peserta adalah 50 orang yang mewakili perusaaan di wilayah Jakarta dan sekitarnya. Berlangsung pada 16 September 2015, pukul 10.00 wib, di Museum Nasional Jakarta.

Acara Pokok

  • Pemutaran Film-film PMI + monolog dari moderator

–      Profil PMI

–      Sukarelawan PMI

  • Talkshow

–      Bidang Penanggulangan Bencana PMI Pusat

i.    Pentingnya Siaga Bencana di Perusahaan

ii.    Menjelaskan apa saja peranan perusahaan dalam kesiapsiagaan bencana dan bagaimana PMI dapat membantu mewujudkan hal tsb.

–      Ketua Pengurus Pusat PMI Bidang PMR & Sukarelawan

i.    Peran PMI dalam program kesiapsiagaan bencana

ii.    Perkenalan mengenai Corporate Volunteers / TSR Mitra PMI serta bagaimana karyawan perusahaan dapat terlibat langsung dalam upaya Siaga Bencana agar bermanfaat bagi perusahaan dan masyarakat

Informasi dan Pendaftaran:

Email: hutpmi@pmi.or.id, gek.rofi@gmail.com

CP. Roffie (HP : 0818-521-775)

5.      BINCANG KEKERASAN PADA ANAK DAN KELUARGA

Kasus kekerasan terhadap anak pada 2011 berjumlah‎ 261, meningkat menjadi 487 laporan saat 2012. Tahun 2013 meningkat lagi menjadi 508 laporan dan Tahun 2014 laporannya menjadi 548. Begitu juga dengan kekerasan terhadap perempuan terus meningkat dari waktu ke waktu. Situasi ini menjadi perhatian di lingkungan gerakan palang merah, termasuk PMI.

Bincang-bincang ini akan mengetengahkan pandangan Gerakan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Internasional (Gerakan) terkait kekerasan terhadap sesama di lingkungan keluarga, kemudian Komisi Nasional Anak akan berkontribusi wawasan dalam pengalaman dan tindakan mengatasi kekerasan pada anak, sedangkan Unicef akan menyampaikan isu-isu masyarakat global serta lokal Indonesia berkaitan dengan kekerasan pada anak.

Tujuan perbincangan ini adalah peningkatan pemahaman di masyarakat bahwa kekerasan pada anak dan perempuan atau dimana saja adalah sebuah kejahatan dan jauh dari norma-norma kemanusiaan.

Target perbincangan ini adalah sebanyak 50 orang dari keluarga, aktifis anak dan perempuan dan masyarakat umum. Berlangsung pada 16 September 2015, Pukul 13.00 wib di Museum Nasional Jakarta.

Informasi dan Pendaftaran:

Email: hutpmi@pmi.or.id, ayu_paraswati@pmi.or.id

CP: Ayu Paraswati (HP: 0813 15222 2592)

6.      BINCANG EKSISTENSI PMI DI MATA BLOGGER

70 tahun sudah PMI hadir di tengah masyarakat, segala kontribusi dalam bidang kemanusiaan telah dilakukan sejak jaman kemerdekaan hingga kini. PMI dengan segala bentuk kegiatannya telah dikenal dan akrab di mata masyarakat. Namun, apakah keakraban masyarakat tentang PMI telah sesuai dengan persepsi yang diharapkan? Apakah keakraban masyarakat terhadap PMI mampu menunjang eksistensi PMI secara hukum di Indonesia?

Pada bincang ini akan mengetengahkan persepsi para Blogger tentang PMI, selain berbagi pengetahuan kepalangmerahan oleh PMI dan Komite Internasional Palang Merah (ICRC). PMI akan memperkenalkan organisasi PMI dengan segala tugas dan mandatnya dan ICRC akan berbagi pengetahuan tentang Hukum Humaniter Internasional (HHI).

Target peserta sebanyak 75 orang dari komunitas blogger seperti Blogger Reporter Indonesia (BRIDS), Emak-emak Blogger, Warung Blogger, Moeslima Blogger dan Blooger Detik. Diharapkan para blogger tersebut memahami dan dapat mediseminasikan kembali melalui tulisan di blognya masing-masing. Berlangsung pada 15 September 2015, pukul 13.00 wib di Museum Nasional Jakarta.

Informasi dan pendaftaran:

Email: hutpmi@pmi.or.id

CP: Satria Loka Widjaya (HP: 0856 9730 2029, 0812 9429 5258)

7.      LOMBA MENGGAMBAR MENOLONG SESAMA

Nilai-nilai kemanusiaan harus ditanamkan sejak dini kepada anak-anak. Sikap tolong menolong harus melekat sampai dewasa. Usia Sekolah Dasar (SD) adalah saat yang efektif untuk memberikan pengaruh positif tentang kebaikan, PMI sangat memperhatikan tentang hal ini.

Melalui Lomba Menggambar dengan tema “Menolong Sesama Demi Kemanusiaan”, PMI akan mendiseminasikan pengetahuan kepalangmerahan yang bernilai kemanusiaan dan perilaku sehat kepada anak melalui kampanye cuci tangan pakai sabun.

Target peserta sebanyak 50 orang anak SD, dilaksanakan pada 12 September 2015, pukul 13.00 wib di Museum Nasional Jakarta.

Peraturan lomba:

  1. Peserta adalah siswa Sekolah Dasar (SD) kelas 4-6.
  2. Melakukan pendaftaran melalui email hutpmi@pmi.or.id dan melakukan registrasi sebelum lomba berlangsung.
  3. Peserta membawa alat gambar sendiri (meja gambar, pensil, pastel, crayon dan lain-lain).
  4. Panitia hanya menyediakan kertas gambar (A3) saja.
  5. Waktu yang disediakan untuk menggambar adalah 2 x 60 menit. Panitia akan memberikan aba-aba mulai dan aba-aba selesai.
  6. Karya dikumpulkan kepada panitia disertai nama, kelas dan asal sekolah.
    1. Akan ditentukan juara 1, 2 dan 3.
    2. Hadiah berupa piala dan piagam

Informasi dan Pendaftaran:

Email: hutpmi@pmi.or.id, ayu_paraswati@pmi.or.id

CP: Ayu Paraswati (HP: 0813 15222 2592)

Formulir pendaftaran : https://www.facebook.com/download/923844977654446/formulir%20pendaftaran%20kegiatan%20lomba%20HUT%20PMI.doc

8.      LOMBA MELUKIS TEMPAT SAMPAH

Membuang sampah pada tempatnya adalah satu usaha pengurangan risiko bencana. Melalui lomba melukis tempat sampah dengan tema pengurangan risiko bencana bisa mengingatkan semua orang tentang penting membuang sampah pada tempatnya. Setelah lomba berlangsung, tempat sampah yang disediakan oleh panitia ini akan dibawa oleh peserta PMR ke sekolahnya masing-masing.

Target peserta sebanyak 25 regu yang mewakili sekolah, satu regu berjumlan 2 orang. Dilaksanakan pada 13 September 2015, pukul 10.00 wib di Museum Nasional Jakarta.

Peraturan lomba:

  1. Peserta adalah anggota PMR Madya dan Wira.
  2. Setiap sekolah mewakilkan 1 regu yang terdiri dari 2 orang dengan komposisi bebas. Anggota regu bisa putra atau putri saja, atau campuran putra dan putri.
  3. Melakukan pendaftaran melalui email hutpmi@pmi.or.id dan melakukan registrasi sebelum lomba berlangsung.
  4. Peserta membawa alat lukis sendiri (cat, kuas dan lain-lain)
  5. Panitia hanya menyediakan satu tong tempat sampah.
  6. Waktu yang disediakan untuk menggambar adalah 2 x 60 menit. Panitia akan memberikan aba-aba mulai dan aba-aba selesai.
  7. Karya dikumpulkan kepada panitia disertai nama, dan asal sekolah.
  8. Akan ditentukan juara 1, 2 , 3, 4 dan 5.
  9. Hadiah berupa piala dan piagam

Informasi dan Pendaftaran:

Email: hutpmi@pmi.or.id, umar.unissula@std.unissula.ac.id

CP: Umar (HP: 0823 2268 6412)

Formulir pendaftaran : https://www.facebook.com/download/923844977654446/formulir%20pendaftaran%20kegiatan%20lomba%20HUT%20PMI.doc

10.    LOMBA PERTOLONGAN PERTAMA (PP)

Pembinaan generasi muda melalui kegiatan Palang Merah Remaja (PMR) adalah satu kegiatan utama PMI. PMR menjadi tunas-tunas yang akan berkembang menjadi manusia yang mempunyai jiwa kerelawanan di masa depan. Pembinaan terus dilakukan melalui berbagai kegiatan, salah satunya adalah dengan mengadakan Lomba Pertolongan Pertama (PP).

Peserta dari lomba ini adalah anggota PMR Wira dan Madya yang mewakili sekolah di wilayah Provinsi DKI Jakarta, Jawa Barat dan Banten. Setiap sekolah akan mewakilkan maksimal 2 regu (Putra dan Putri) yang terdiri 6 anggota setiap regu. Maksimal keseluruhan peserta adalah 50 regu PMR Wira dan 50 regu PMR Madya dari sekolah di wilayah Provinsi DKI Jakarta, Jawa Barat dan Banten.

Lomba akan dilaksanakan pada 12 September 2015 untuk tingkat PMR Wira dan 13 September 2015 untuk tingkat madya pukul 08.00 wib.

A. Peraturan lomba

  1. Peserta adalah anggota PMR tingkat Madya (SMP) dan Wira (SMA). Khusus untuk lomba PP, peserta melakukan pendaftaran melalui PMI Provinsi masing-masing. Kuota untuk 3 provinsi (DKI Jakarta, Jawa Barat dan Banten) masing-masing 20 sekolah. Pendaftaran ditutup tanggal 7 September 2015, pukul 12.00 wib.
  2. Tiap unit mengirimkan maksimal 2 regu (1 regu putra dan 1 regu putri).
  3. Peserta wajib memakai identitas PMR.
  4. Setiap regu terdiri dari 5 orang yang akan bertindak sebagai :
    1. Ketua Regu
    2. Regu Penolong
    3. Korban

B.     Perlengkapan

Perlengkapan Tim yang harus disiapkan setiap Regu adalah :

  1. Tas PP
  2. Daftar isi tas  (1 embar)
  3. Sarung tangan lateks (5 pasang)
  4. Masker (5 buah)
  5. Mitela (12 buah)
  6. Pembalut gulung 5cm (3 buah)
  7. Pembalut gulung 10cm (3 buah)
  8. Kasa steril hidrophil (1 pak)
  9. Plaster ukuran 1.25cm x 5m sedang (1 rol)
  10. Gunting (1 buah)’
  11. Pinset (1 buah)
  12. Senter/pen light (1 buah)
  13. Cairan antiseptic 60ml (1 botol)
  14. Cotton bath / kapas lidi (10 batang)
  15. Peniti (1 lusin)
  16. Selimut (1 buah)
  17. Kapas (1 Pak)
  18. Kantong plastik untuk sampah (1 buah)
  19. Kartu penderita (2 lembar)
  20. Bidai (1 Set)

C.     Ruang lingkup kasus

Ruang lingkup kasus dibedakan sesuai kompetensi tiap tingkatan

a.   Madya

– Patah tulang dan Medik Harian

– Cidera jaringan lunak

b.   Wira

–     Pendarahan

–     Patah tulang dan Medik Harian

–     Cidera jaringan lunak

D.    Teknis kegiatan

  1. Seluruh peserta berada di ruang karantina sebelum waktu tampil.
  2. Pengawas lomba menjelaskan sekali lagi aturan lomba
  3. Regu yang akan tampil melakukan pemeriksaan isi tas PP
  4. Korban menuju ruangan peragaan terlebih dahulu sebelum tim masuk ruangan.
  5. Tim masuk ruangan, lapor pada juri.
  6. Penolong memperkenalkan diri
  7. Juri mejelaskan kasus yang terjadi.
  8. Juri menjelaskan ada pembagian tugas regu
  9. Juri menunjuk korban untuk simulasi
  10. Juri menunjuk anggota untuk memilih alat dari tas
  11. Juri memberikan skenario soal kepada ketua regu
  12. Skenario dibaca dalam 2 menit
  13. Sewaktu soal dibaca, satu anggota regu diminta menyediakan alat sesuai permintaan juri
  14. Peserta melaksanakan praktik sesuai dengan kasus yang diberikan oleh juri
  15. waktu praktek 8 menit, termasuk perpindahan
  16. Waktu dihitung saat juri memberi aba-aba “Mulai” dan diakhiri saat waktu habis atau penolong menyatakan selesai.
  17. Akhir lomba ada klarifikasi soal oleh juri

E.     Penilaian

Penilaian menggunakan format C-Grid dengan kriteria :

  1. Ketepatan dan kebenaran tahapan
  2. Ketepatan dan kebenaran teknik terapan
  3. Ketepatan dan kebenaran pemakaian alat
  4. Ketepatan dan kebenaran teknik pemindahan
  5. Kecepatan waktu yang dikonversi

F.     Tim Juri

Tim Juri Terdiri dari :

  1. Koordinator Juri       (1 Orang)
  2. Juri PP                   (5 orang)
  3. Juri pendamping      (5 orang)

Informasi selengkapnya, dapat di unduh di : https://www.dropbox.com/sh/zz05u3s9714q96q/AADZRrY0G7jvv1VDENbSuRnHa?dl=0

Informasi dan pendaftaran:

Email: hutpmi@pmi.or.id

CP: Affandi (HP. 0856 9165 1252), Umar (HP: 0823 2268 6412)

Formulir pendaftaran : https://www.facebook.com/download/923844977654446/formulir%20pendaftaran%20kegiatan%20lomba%20HUT%20PMI.doc

11.    LOMBA PEMBUATAN TANDU DARURAT

Perlombaaan pembuatan tandu untuk situasi darurat menjadi kemeriahan tersendiri bagi anggota PMR. Kecepatan, kerapihan dan kekuatan adalah penilaian dalam lomba ini. Setiap regu berpasangan terdiri dari 1 putra dan 1 putri anggota PMR yang mewakili sekolah, baik putra maupun putri.

Perlengkapan lomba pembuatan tandu darurat berupa bambu dan tali akan disediakan oleh panitia. Target peserta dari perlombaan ini adalah 50 regu dari sekolah-sekolah di wilayah Provinsi DKI Jakarta, Jawa Barat dan Banten, Dilaksanakan pada 12-13 September 2015, pukul 08.00 wib.

A.    Ketentuan Umum

  1. Lomba bersifat berpasangan putra dan putri serta campuran putra-putri. Khusus untuk lomba PP, peserta melakukan pendaftaran melalui PMI Provinsi masing-masing. Kuota untuk 3 provinsi (DKI Jakarta, Jawa Barat dan Banten) masing-masing 40 sekolah. Pendaftaran ditutup tanggal 7 September 2015, pukul 12.00 wib.
  2. Tiap sekolah hanya dapat mengirimkan 1 tim masing-masing pasangan.
  3. Pemenang ditentukan Juara 1, 2, dan 3.

Kriteria Penilaian

a.     Teknik

1)     Kerjasama, Kekuatan

2)     Pemasangan bantalan

3)     Pemasangan tali pengaman

4)     Penataan selimut

5)     Gulungan tali tandu

6)     Lipatan mitella

7)     Gulungan pembalut gulung

8)     Penataan peralatan.

  1. b.     Lilitan tali :

1)     Ikatan pangkal

2)     Ikatan jangkar dan jumlah

3)     Ikatan penutup

 

  1. c.     Waktu

1)     Kecepatan waktu membuat tandu

2)     Kecepatan merapikan peralatan tandu darurat

 

2.   Peralatan Peserta :

  1. Bambu ukuran 225 Cm + 60 Cm/pasang, Tali tandu ukuran 12 meter/ pasang
  2. Selimut 1 pcs, Mitella 3 pcs , Pembalut gulung kain 2 gulung.

3.   Peraturan Lomba

  1. Peserta diberi waktu untuk menyiapkan diri selama 5 menit diareal lomba, dan panitia akan memberikan aba-aba memulai dan menghentikan lomba.
  2. Waktu yang diberikan untuk tiap perlombaan selama 10 menit.
  3. Juri akan melakukan penilaian selama 10 menit.
  4. Setelah dilakukan penilaian, juri kembali memberikan dengan aba-aba untuk penilaian merapikan tandu, ditempat pembuatan tandu itu dilaksanakan.
  5. Waktu yang diberikan untuk merapikan tandu selama 5 menit..
  6. Penilaian dilakukan dengan ketentuan hak dan penilaiannya mutlak serta tidak dapat diganggu gugat.

Informasi selengkapnya, dapat diunduh di : https://www.dropbox.com/sh/zz05u3s9714q96q/AADZRrY0G7jvv1VDENbSuRnHa?dl=0

Informasi dan pendaftaran:

Email: hutpmi@pmi.or.id

CP: Edo (HP. 0818160605) Umar (HP: 0823 2268 6412)

12.    LOMBA BARIS BERBARIS FORMASI

Baris berbaris merupakan permainan dasar dari sebuah kerja sama. Keharmonisan dan kerapihan gerak adalah cerminan kekompakan sebuah tim. Formasi gerakan dalam melangkah adalah kreatifitas koletif akan menjadi sajian menarik.

Perlombaan ini akan diikuti oleh 1 (satu) regu PMR tingkat Wira perwakilan sekolah yang terdiri dari 15 anggota yang terdiri dari 1 danton, 1 official dan 3 cadangan. Target peserta adalah 25 regu, dilaksanakan pada 11 September 2015, pukul 08.00 wib. Berlangsung di halaman Museum Nasional Jakarta.

A.    Ketentuan Peserta

  1. Satu tim terdiri dari 12 pasukan, 1 danton
  2. Anggota tim merupakan anggota PMR Madya dan Wira yang berasal dari PMI Kota/Kabupaten.
  3. Setiap PMI Kota/Kabupaten dapat mengirimkan 2 tim tingkat Madya dan 2 tim tingkat Wira.
  4. Setiap tim wajib memenuhi persyaratan pendaftaran sebagai berikut :

B.     Ketentuan Lain-lain

  1. Lomba Formasi Gerak terdiri dari 3 bagian berturut-turut, yaitu: Kreasi Formasi, PBB dasar, POL ditempat dan Yel-yel
  2. Durasi penampilan tiap tim adalah 15 menit
  3. Standar gerakan PBB adalah 12 gerakan dasar PBB dan POL ditempat tanpa pasien
  4. Peserta menggunakan PDU dan PDL, official team diharuskan memakai baju formal rapi dan bersepatu
  5. Penilaian akan dilakukan oleh 3 Juri, meliputi Juri Internal, Juri dari PPI dan Juri dari Satuan Militer
    Keputusan juri adalah mutlak dan tidak dapat diganggu gugat

C.     Ketentuan Lomba

1.   Ketentuan Formasi

  1. Formasi harus original
  2. Seluruh pasukan kecuali danton harus termasuk dalam formasi
  3. Dalam pembentukan formasi diperbolehkan menggunakan PBB kreasi

2.   Ketentuan Gerakan PBB

PBB gerakan di tempat

  • Sikap siap
  • Periksa kerapian
  • Sikap hormat
  • Lencang kanan
  • Hadap kanan
  • Hadap kiri
  • Balik kanan
  • Jalan ditempat
  • Buka barisan
  • Tutup barisan

PBB gerakan pindah tempat

  • 3 langkah ke belakang
  • 3 langkah ke depan
  • 3 langkah ke kanan
  • 3 langkah ke kiri
  • Haluan kanan/kiri

PBB gerakan henti ke berjalan

  • Langkah tegap
  • Langkah biasa
  • Lari maju

PBB gerakan berjalan-berjalan

  • Hormat kanan
  • Langkah tegap balik kanan maju jalan
  • Tiap-tiap banjar 2 kali belok kanan

PBB gerakan berjalan-henti

  • Balik kanan henti
  • Hadap kanan/kiri henti

3.   Ketentuan POL ditempat :

1)       Tanpa tandu

POL gerakan di tempat persiapan

  • Sikap siap
  • Berlutut
  • Pegang pasien
  • Berlutut
  • Berdiri
  • Dekap pasien

POL gerakan pindah tempat

  • 3 langkah ke depan
  • 3 langkah ke kanan
  • 3 langkah ke kiri

POL gerakan di tempat akhir

  • Berlutut
  • Meletakkan
  • berdiri
  • Sikap siap

2)       Dengan Tandu

POL gerakan di tempat persiapan

  • Sikap siap
  • Berlutut
  • Pegang tandu
  • Berdiri
  • Hadap kiri-kanan
  • Putar haluan

POL gerakan pindah tempat

  • 3 langkah ke depan
  • 3 langkah ke kanan
  • 3 langkah ke kiri

POL gerakan di tempat akhir

  • Hadap kiri-kanan
  • Berlutut
  • berdiri
  • Sikap siap

POL gerakan pindah posisi

  • Sikap siap
  • Pindah posisi
  • Sikap siap

4.   Yel-yel

C.     Ketentuan Lain-Lain

  1. Pasukan beserta danton memasuki lapangan dengan ketentuan langkah tegap maju jalan kemudian belok kanan. Dilanjutkan masing-masing banjar 2 kali belok kanan kemudian hadap kiri henti. Selanjutnya danton diharuskan memberi laporan kepada juri utama dengan format, “Lapor peserta dengan nomor urut ….. dari PMI Kota ….. siap melaksanakan lomba”.
  2. Ketika masuk area perlombaan tandu sudah dibawa dalam formasi barisan.
  3. Gerakan PBB harus dilakukan secara berurutan sesuai urutan yang telah disebutkan
  4. Setiap gerakan PBB yang dilakukan tidak boleh membelakangi juri utama (kecuali balik kanan)
  5. Setiap gerakan POL yang dilakukan disesuaikan.
  6. Danton diperbolehkan menambah gerakan hadap kanan/kiri untuk menyesuaikan pasukan agar tidak membelakangi juri utama
  7. Tidak diperbolehkan ada jeda yang terlalu lama antar gerakan
  8. Tidak diperbolehkan melebihi batas lapangan
  9. Durasi 15 menit terhitung dari laporan danton dan berakhir saat danton berada di samping kanan barisan dan memberi aba-aba langkah tegap maju jalan untuk meninggalkan area lomba
  10. Official team tidak diperbolehkan memasuki batas lapangan
  11. Pasukan beserta danton harus memasuki dan meninggalkan lapangan dengan tempat yang telah ditentukan
  12. Tidak ada batas ketentuan waktu pembagian antara PBB, formasi dan yel-yel

Informasi selengkapnya dapat diunduh di : https://www.dropbox.com/sh/zz05u3s9714q96q/AADZRrY0G7jvv1VDENbSuRnHa?dl=0

Informasi dan Pendaftaran:

Email: hutpmi@pmi.or.id

CP: Edo (HP. 0818160605) Umar (HP: 0823 2268 6412)

Formulir Pendaftaran : https://www.facebook.com/download/923844977654446/formulir%20pendaftaran%20kegiatan%20lomba%20HUT%20PMI.doc

13.    LOMBA STAND UP COMEDY

Stand Up Comedy (STC) mempunyai banyak penggemar setelah sering disiarkan oleh beberapa stasiun televisi nasional, baik sebagai penikmat atau penonton maupun sebagai pelaku atau biasa disebut Komika. Penggemar aksi komedi secara solo ini sebagian besar adalah kaum muda yang gaul dan “smart”. Aksi STC adalah tantangan yang membutuhkan keberanian, kreatifitas dan jam terbang.

Target Lomba STC adalah maksimal 20 orang peserta dari anggota Sukarelawan PMI dan Umum. Sajian peserta lomba STC harus bertema semua yang berkaitan dengan Palang Merah Indonesia (PMI). Dilaksanakan pada 13 September 2015, pukul 14.00 wib di Museum Nasional Jakarta. Juri lomba STC adalah Fiko (Komika/Pemain Film Comic 8).

Peraturan Lomba

  1. Peserta adalah anggota PMI (PMR, KSR, TSR, Pengurus, Staf) dan umum
  2. Mendaftarkan diri melalui email hutpmi@pmi.or.id dan registrasi sebelum lomba berlangsung.
  3. Tema : Palang Merah Indonesia
  4. Waktu tampil: 3 menit.
  5. Ditentukan pemenang 1, 2, 3

Informasi dan Pendaftaran:

Email: hutpmi@pmi.or.id, ayu_paraswati@pmi.or.id

CP: Ayu Paraswati (HP: 0813 15222 592)

Lomba Pendaftaran : https://www.facebook.com/download/923844977654446/formulir%20pendaftaran%20kegiatan%20lomba%20HUT%20PMI.doc

14.    BINCANG LINGKUNGAN RAMAH KAUM DISABILITAS

Sehari-hari kita hidup bermasyarakat juga bersama kaum disabilitas, yaitu penyandang kekurangan pada fungsi tubuhnya, seperti kebutaan, anggota gerak maupun pendengaran. Sebagaian besar lingkungan masyarakat sudah menerima sebagai dari hubungan keseharian, seperti bertetangga, berdagang, maupun mitra kerja di kantor. Namun, beberapa kekurangan bisa terjadi seperti penerimaan kaum disabilitas oleh tata kota, hukum dan sebagian kecil dari dunia kerja.

Bincang ini akan menyoroti bagaimana antara kaum disablitas dan lingkungan bisa saling mengadaptasi, sehingga terwujud suatu situasi yang dianggap normal sesuai harapan bersama. Beberapa lembaga akan berbagi di perbincangan ini, mulai dari Palang Merah Indonesia yang memang sudah sejak lama memberikan perhatian, lembaga terkait juga aktivis.

Berlangsung pad 14 September 2015, pukul 10.00 wib di Museum Nasional Jakarta, target peserta adalah 100 orang.

Informasi lebih lengkap:

Email: hutpmi@pmi.or.id

CP: Leo Patiasina (0812 80446913)

15.    GERAKAN MENULIS SURAT DENGAN KARTU POS

Kemajuan teknologi informasi sedikit banyak telah menenggelamkan tradisi surat menyurat. Saat ini, orang-orang bisa saling berkomunikasi setiap saat, dimana saja dan kapan saja cukup menggunakan pesawat telepon genggam yang bisa dibawa kemana-kemana, bisa berbicara langsung, menggunakan pesan singkat atau melaui surat elektronik. Sudah sangat kecil minat masyarakat berkomunikasi antar keluarga, teman atau kolega dengan cara menulis menulis surat dan dikirimkan melalui layanan pos.

Memeriahkan peluncuran prangko 70 tahun PMI, maka PMI mengadakan Gerakan menulis surat menggunakan kartu pos untuk membangkitkan minat surat melalui layanan pos. Gerakan ini akan menitikberatkan pada kegemaran menulis untuk persahabatan nasiolan maupun internasional bagi anggota PMR.

Diawali pada Pameran 70 Tahun PMI di Museum Nasional 10 september 2015, secara serentak sepanjang bulan September, anggota PMR dari seluruh Indonesia akan saling berkirim surat, baik di dalam negeri maupun di luar negeri. Panitia akan menyediakan Kartu Pos, sedangkan prangko diharuskan membeli seharga Rp. 3.000,- di stand pameran Pos Indonesia.

Informasi dan pendaftaran:

Email: hutpmi@pmi.or.id

CP: Uus M. Husni (0852 2098 4433)

PENUTUPAN  PAMERAN

Sebelum acara penutupan pada pukul 15.00 WIB berlangsung, dari pukul 10.00 WIB akan diadakan pemutaran film-film PMI jaman dulu. Pada saat penutupan akan diserahkan hadiah kepada para pemenang perlombaan.

75

Leave a Reply