ATASI STOK TIPIS, PMI KEBUMEN JALANKAN DONOR DARAH KELILING

KEBUMEN/JATENG – Dengan adanya pandemi covid-19, ketersediaan darah di PMI Kabupaten Kebumen juga menipis. Ditambah lagi permintaan masyarakat tinggi, sementara kemampuan PMI untuk mencukupinya terbatas. Untuk mengatasi hal tersebut, PMI Kabupaten Kebumen kembali mengaktifkan pelayanan donor darah keliling dengan mobil unit donor darah.

Ketua PMI Kebumen, Sabar Irianto, mengatakan donor darah dengan Unit Layanan Bergerak (Mobile Unit) sempat ditiadakan dengan adanya pencegahan penyebaran Covid19. Hal itu tentu memberi imbas terhadap penurunan stok darah di UDD PMI Kebumen.

“Sempat kendala akibat covid, Donor Darah dengan Unit Layanan Bergerak tidak bisa kelapangan karena dilarangnya kerumunan, tentu hal itu sempat membuat stok darah kami kritis bahkan kekurangan darah sedangkan kebutuhan darah harus terpenuhi setiap harinya,” kata dia melalui Sekretaris PMI Salim Wasdy, Jumat (26/6).

Kepala Markas PMI Kebumen Eko Purwanto, menambahkan, permintaan darah dari masyarakat tetap tinggi di tengah pandemi Covid-19. Sebenarnya, PMI sudah berupaya melakukan upaya jemput bola dengan menjemput pendonor. Namun, itu ternyata belum efektif.

“Sempat kita door to door. Selain berbahaya karena adanya covid, juga kurang efektif. Akhirnya kami himbau kepada pendonor untuk permintaan darah harus ada pendonor ganti,” terang Eko.

Kembali tentang beroperasinya Donor Darah Dengan Layanan Bergerak (Mobile Unit), ujar Eko, tetap dilakukan sesuai anjuran pemerintah yakni dengan pembatasan jumlah peserta dan menggunakan protokol kesehatan.

“Kita sudah mulai melayani Mobile Unit donor darah dari beberapa permintaan masyarakat. Namun tetap kami batasi dan menggunakan protokol seperti cek suhu hingga wajib menggunakan masker,” kata Eko.

Eko berharap, langkah ini bisa menjawab persoalan tipisnya stok darah di PMI Kebumen saat ini. Dimana kebutuhan darah setiap harinya mencapai 70 hingga 80 kantong darah setiap harinya.

64

Leave a Reply