AYO DONOR DAN KENALI RHESUSMU!

Palang Merah Indonesia (PMI) melalui kerjasama dengan GAIKINDO menyelenggarakan kegiatan sosial di dalam acara Gaikindo Indonesia Internasional Auto Show (GIIAS) 2015. Bertajuk PMI Day, kegiatan sosial yang diselenggarakan diantaranya adalah donor darah, talkshow mengenai rhesus negatif,siaga bencana, hingga simulasi pertolongan pertama dalam keseharian.

Pada hari pertama (24/8), PMI Day dibuka dengan talkshow dari Komunitas Rhesus Negatif Indonesia. Lici Murniati, sang Ketua Komunitas Rhesus Negatif Indonesia didampingi oleh dokter Sri Hartati dari PMI, menjadi pembicara dalam  talkshow yang berjudul “Kenali Rhesusmu Sedini Mungkin”.


Lici Murniati menceritakan dirinya yang tak menyangka bahwa memiliki rhesus negatif. Bahkan ada beberapa masyarakat yang masih berpradigma bahwa orang yang memiliki rhesus negatif perlu dijauhi. Layaknya orang yang memiliki “Penyakit Menular”.

Mengenali rhesus khususnya rhesus negatif menjadi begitu penting, karena di dunia ini hanya sedikit orang yang memiliki rhesus negatif. Persentase jumlah pemilik rhesus negatif berbeda-beda antar kelompok ras. Menurut data Biro Pusat Statistik 2010, hanya kurang dari satu persen penduduk Indonesia, atau sekitar 1,2 juta orang yang memiliki rhesus negatif. Dikarenakan persentasenya sangat kecil, jumlah pendonor pun amat langka, sehingga bila memerlukan donor darah agak sulit.

“Sebelum pendonor menyumbangkan darahnya, beberapa petugas PMI lebih dulu melakukan pemeriksaan kualitas darah calon pendonor. Di situ pentingnya masyarakat mengetahui jenis darahnya, bukan sekadar golongan darah, melainkan juga rhesusnya. Orang dengan rhesus negatif, tak dapat menyumbangkan atau menerima sumbangan darah berhesus positif, dan sebaliknya. Ayo donor dan kenali Rhesusmu”  Jelasnya.

Untuk informasi lebih lanjut, dapat menghubungi : Aulia Arriani, Kabiro Humas PMI Pusat, Email : Aulia_arriani@pmi.or.id, Hp :0816795379

 

70

Leave a Reply