BANJIR BANDANG TERJANG KABUPATEN LUWU UTARA SULSEL

LUWU UTARA/SULSEL – Kamis dini hari (18/06/2020), dua wilayah di Kabupaten Luwu Utara, Sulawesi Selatan yakni Kelurahan Bone dan Bone Tua diterjang banjir bandang. Sebagian warga yang rumahnya terendam banjir mengungsi di Gedung Pemuda Masamba.

Demikian dikatakan Kepala Pelaksana (Kalak) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Luwu Utara, Muslim Muhtar. “Banjir bandang diakibatkan curah hujan yang tinggi sejak Rabu malam (17/06/2020) sehingga menyebabkan Sungai Masamba meluap. Kamis dini hari air mulai meluap dan menerjang permukiman. Hal itu menyebabkan warga panik karena sedang tertidur,” katanya.

Selain permukiman warga, banjir juga menggenang di jalan Trans-Sulawesi. Petugas gabungan dari BPBD dan PMI Kabupaten Luwu Utara kewalahan mengevakuasi pengguna jalan. “Kami sempat kewalahan, karena harus melakukan evakuasi warga yang terjebak di jalan maupun di rumah. Sebagian warga kami ungsikan ke Gedung Pemuda Masamba,” tandasnya.

Sementara itu, Pengurus PMI Kabupaten Luwu Utara menyatakan, belasan relawan langsung ditugaskan untuk melakukan respon banjir bandang dan membantu tim BPBD.***

37

Leave a Reply