BANTU OBATI PASIEN COVID-19, PMI SEDIAKAN PULUHAN KANTONG PLASMA

Palang Merah Indonesia (PMI) terus menyokong kebutuhan terapi plasma konvalesen untuk pasien Covid-19 di berbagai derah. Di Makassar, sebanyak tiga pasien Covid-19 dilaporkan membaik usai menjalani terapi tersebut di rumah sakit. Puluhan kantong plasma penyintas Covid-19 didonorkan guna keperluan terapi tersebut.

Pembina Unit Donor Darah (UDD) PMI dokter Lilis Wijaya menerangkan, sejumlah UDD di berbagai wilayah membantu pemerintah menyediakan plasma untuk terapi ini. Sedikitnya 22 kantong darah telah PMI distribusikan ke sejumlah rumah sakit rujukan Covid-19.

“Di Bandung ada 4 pendonor, Makassar ada 7, 3 di Sidoarjo, 2 Surabaya, dan dua di DKI,” terangnya.

Lebih lanjut, Lilis memaparkan, terapi plasma konvalesen merupakan terapi pendamping bagi pasien Covid-19 dengan kondisi sedang. Plasma yang diambil dari penyintas Covid-19 ini diberikan ke pasien sakit agar antibodinya mampu melindungi tubuh dari serangan Covid-19.

“Transfusi plasma ini diberikan sampai titer antibodi penerima dirasa cukup. Biasanya pasien yang diterapi dalam kondisi yang tidak terlalu parah, masih sadar, dan titer antibodinya tidak terlalu rendah,” terang Lilis.

Dari satu penyintas Covid-19, PMI dapat mengumpulkan 400 mili liter plasma. Plasma itu, kata Lilis, dikemas dalam dua kantong darah.

“Jadi kalau satu pasien menunjukkan perbaikan setelah menerima satu kantong plasma, satu kali akan disimpan. Massa simpannya sampai satu tahun,” imbuh Lilis.

Pengurus UDD PMI Kota Makassar dokter Sukma menambahkan, dari tujuh pasien yang mendapat terapi, tiga di antaranya menunjukkan perbaikan, sementara empat lainnya masih ditangani secara intensif.

121

Leave a Reply