BELAJAR DARI KUNJUNGAN KE PMI

Palang Merah Indonesia (PMI) hari ini (12/2) kedatangan tamu yang berasal dari negeri sebrang yakni Malaysia. Tiga orang yang berasal dari Islamic Party of Malaysia ini mengunjungi Markas Pusat PMI yang berlokasi di Jalan Jendral Gatot Subroto Kav. 96.

Assistant Secertary General of Islamic Party Malaysia, DR Raja Ahmad Iskandar menuturkan bahwa, tujuannya mengunjungi PMI adalah untuk mengetahui bagaimana PMI dalam penanggulangan bencana. Mengingat Indonesia, khususnya Jabodetabek sedang menghadapi bencana banjir.


Dr. Ritola Tasmaya, selaku Sekertaris Jenderal PMI mengaku senang atas kunjungan tersebut. “PMI merupakan auxiliary to the government selalu berkordinasi dengan pemerintah dalam penanganan bencana. PMI sendiri dalam penanganan bencana memiliki prinsip 6 jam sampai. Bahkan tak sampai 6 jam, Sukarelawan PMI telah sampai dan langsung melakukan penanganan bencana, dikarenakan telah adanya Sibat dan Satgana diwilayah terdampak bencana.” Jelasnya.

Acara kunjungan yang bertempat di posko PMI Pusat ini, dihadiri oleh divisi Penanggulangan Bencana, Humas, IT dan Kesehatan. Dalam kesempatan tersebut, Bpk. H. Summarsono, Selaku Pengurus Pusat Ketua Bidang Penanggulangan Bencana, menjelaskan kegiatan yang dilakukan oleh PMI dalam penanggualangan bencana, baik dari kegiatan pengurangan risiko bencana hingga pasca bencana, meliputi kegiatan pembangunan huntara, PSP dan Restoring Family Links (RFL). Ketiga tamu dari negeri Jiran tersebut, mengaku senang dapat belajar langsung dari PMI yang memang sudah tidak diragukan lagi dalam penanganan bencana.

Untuk informasi lebih lanjut: Kepala Divisi Penanggulangan Bencana (PB) Markas Pusat PMI, Arifin M. Hadi, HP. 081297777755, Email: arifin_mhadi@pmi.or.id

48

Leave a Reply