BENTUK RELAWAN PROFESIONAL, PMI KOLAKA GELAR PELATIHAN

Palang Merah Indonesia (PMI) Kolaka, Sulawesi Tenggara menggelar sejumlah pelatihan bagi relawan PMI, Senin (15/9/2020). Pelatihan relawan di massa pandemi tetap dilakukan demi memenuhi kebutuhan relawan dalam operasi kemanusiaan. Penyelenggara mengetatkan protokol kesehatan bagi peserta serta instruktur.

Kepala Markas PMI Kabupaten Kolaka Andi Waidah menjelaskan, peningkatan keterampilan relawan rutin diadakan PMI. Namun di massa pandemi kegiatan ini sempat terkendala. Pelatihan-pelatihan relawan digelar secara daring demi mencegah penularan.

“Kita harus membekali relawan kita dengan kemampuan dan spesifikasi yang memadai, agar ke depan ketika kita kembali melakukan tugas-tugas kemanusiaan dapat lebih berperan aktif pada seluruh sektor yang dibutuhkan,” kata Andi.

Selain untuk meningkatkan kapasitas relawan, pelatihan yang diikuti Korps Sukarelawan Perguruan Tinggi ini juga  untuk menyemarakkan Hari Ulang Tahun (HUT) PMI ke-75. Andi mengatakan, pelatihan ini merupakan wujud keseriusan PMI dalam menghadirkan pelayanan profesional kepada masyarakat.

Seperti diketahui, PMI Kabupaten Kolaka banyak terlibat di misi kemanusiaan di tahun 2020. Selain terlibat di percepatan penanganan covid-19, relawan PMI Kabupaten Kolaka juga ikut dalam pemulihan pascabanjir bandang di Kabupaten Masamba. Relawan KSR PMI Kolaka melakukan operasi tanggap darurat bencana serta menyalurkan sembako kepada masyarakat terdampak.

“Ke depan kita harus lebih kompeten dalam tugas kemanusiaan yang sebelumnya di Kabupaten Masamba pada bulan Juli lalu, seperti kemampuan, PSP (Psychosocial Support Program), Assessment, Kru Ambulans, Wash (Water sanitation and hygine), Evakuasi, dan lain sebagainya,” lanjut Andi.

Pelatihan tersebut digelar selama empat hari ini diikuti oleh 57 Peserta Anggota KSR PMI Kolaka, yang terdiri dari KSR PMI Kolaka, KSR Institut Agama Islam Al Mawaddah Warahmah Kolaka, dan KSR Universitas Sembilan belas November.

257

Leave a Reply