CEGAH COVID-19, TIM SIBAT HARUS JADI PELOPOR DI MASYARAKAT

TEMANGGUNG/JATENG – PMI Kabupaten Temanggung, Provinsi Jawa Tengah mengadakan kegiatan Peningkatan Kapasitas Tim Siaga Bencana Berbasis Masyarakat (Sibat) dan Desa/Kelurahan Siaga Bencana dalam upaya meningkatkan kesiapsiagaan menghadapi bencana. Kegiatan dilaksanakan pada tanggal 11-22 Juni 2020 bertempat di 22 Desa/Kelurahan Siaga Bencana dan 20 PMI Kecamatan se Kabupaten Temanggung.

“PMI Kabupaten Temanggung telah memiliki 21 Desa dan 1 Kelurahan Siaga Bencana PMI yang dibentuk secara bertahap dari tahun 2011 sampai tahun 2017. Masing-masing memiliki anggota dari masyarakat setempat sebanyak 20 orang. Bahkan ada yang sampai 25 orang. Keberadaan Sibat sangat membantu PMI, pemerintah maupun masyarakat korban bencana,” kata Kepala Markas PMI Kabupaten Temanggung, Sri Rejeki.

Ditambahkan, menghadapi Pandemi Covid-19, peningkatan kapasitas Tim Sibat dan Desa/Kelurahan Siaga Bencana dilakukan dengan Bimbingan Teknis (Bimtek) pembuatan cairan desinfektan dan pemberian bantuan desinfektan, baik berbentuk cair maupun bubuk. Bintek pembuatan cairan desinfektan dilaksanakan di masing-masing desa/kelurahan dengan narasumber Andi Pratikno Kepala Seksi Pelayanan PMI KabupatenTemanggung. Pesertanya dibatasi 3 sampai 4 orang dengan tetap memperhatikan protocol kesehatan.

“Dengan dilaksanakan bimtek, diharapkan Tim Sibat bisa menjadi penggerak dan pelopor masyarakat dalam melaksanakan kegiatan spraying desinfektan,” ujar Sri.

Sambutan hangat baik dari kepala desa/kepala kelurahan maupun camat sebagai Pelindung PMI Kecamatan untuk kegiatan tersebut. “Terimakasih atas ilmu dan bantuan yang diberikan pada masyarakat, ini sangat bermanfaat” ucap Kepala Desa Dlimoyo Kecamatan Ngadirejo, Saryono .

Ia berharap, kiprah PMI Kabupaten Temanggung tidak hanya akan berhenti pada kegiatan bimtek, pemberian bantuan desinfektan, dan kegiatan spraying desinfektan secara mandiri, juga melakukan pendampingan. “Semoga ke depan ada dukungan dari beberapa pihak, sehingga kegiatan seperti ini diperluas ke desa/kelurahan lainnya,” katanya.***

Foto-foto terkait kegiatan Bimtek Tim Sibat PMI Kabupaten Temanggung :

72

Leave a Reply