CEGAH KLASTER LOKASI WISATA, PMI BANJARNEGARA SOSIALISASI DI DIENG

Pelayanan promosi kesehatan (Promkes) secara rutin dilakukan relawan Palang Merah  Indonesia (PMI) Banjarnegara di lokasi wisata dataran tinggi Dieng. Kolaborasi PMI dan Puskesmas setempat ini bertujuan mencegah penularan covid-19 di tempat wisata yang didatangi banyak orang dari luar kota tersebut. Relawan juga menyemprotkan disinfektan di permukaan yang kerap disentuh pengunjung.

Relawan Korps Sukarela (KSR) PMI Banjarnegara Arizqi Febrianti menjelaskan, ia dan tiga relawan lainnya rutin melakukan pelayanan promkes di Dieng setiap akhir pekan. Lokasi itu, kata Arizqi, ramai dikunjungi setelah pemberlakuan massa normal baru beberapa waktu lalu. Meski rerata pengunjung tampak menaati protokol kesehatan, tak jarang ia menjumpai rombongan pengunjung yang abai menjaga jarak.

“Kami menyampaikan agar tetap menjaga jarak. Kalau ke pengunjungnya satu-satu kan aga sulit, kami minta biro atau pemandunya mengingatkan rombongan,” kata Arizqi dihubungi Selasa (25/9/2020).

Arizqi melanjutkan, Wisata Dataran Tinggi Dieng memang telah menerapkan protokol kesehatan. Pengunjung yang datang akan dicek suhu serta disyaratkan pakai masker. Sejumlah titik di lokasi tersebut juga telah dipasangi fasilitas cuci tangan.

“Relawan PMI melakukan disinfeksi di loket, warung-warung, dan titik-titik atau permukaan yang kerap disentuh pengunjung,” tambah Arizqi.

Seperti diketahui, Banjarnegara sempat menyandang status zona merah covid-19 di awal massa pandemi hingga akhir Juli. Status zona merah kemudian beralih menjadi zona oranye pada awal Agustus.

PMI Banjarnegara turut membantu pemerintah dalam menangani pandemi covid-19. PMI menyalurkan bantuan paket Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) serta rutin melakukan penyemprotan disinfektan di titik-titik yang rawan. Sedikitnya 20 kecamatan telah menerima pelayanan ini. Ditaksir, penerima manfaat pelayanan PMI Banjarnegara mencapai 430.961 jiwa.

“Sampai hari ini sudah 528 lokasi yang kami disinfeksi. Setiap hari petugas kami melayani permintaan penyemprotan di lokasi-lokasi yang memang rawan,” kata Alwan, Humas PMI Banjarnegara.

303

Leave a Reply