CEGAH PENULARAN DI OBJEK WISATA, PERAN SIBAT DAN KSR DIOPTIMALKAN

Palang Merah Indonesia (PMI) Banjarnegara melibatkan relawan Siaga Bencana Masyarakat (Sibat) dan Korps Sukarela (KSR) dalam sosialisasi protokol kesehatan di lokasi wisata Dieng, Minggu (11/10/2020). Sosialisasi diintensifkan PMI menyusul jumlah pengunjung yang meningkat di akhir pekan. Sosialisasi secara langsung dan pemasangan media imbauan dilakukan guna mencegah penyebaran penularan covid-19 di tempat wisata tersebut.

Dataran Tinggi Dieng masih ramai dikunjungi masyarakat dari berbagai daerah meski di tengah pandemi. Meski tak sepadat di kondisi normal, namun PMI tetap merespons situasi tersebut guna menekan penyebaran covid-19 di Banjarnegara. Ketua PMI Banjarnegara Amalia Desiana mengatakan, pihaknya menambah jumlah relawan di lokasi tersebut guna menyisir sejumlah titik keramaian.

“Kita minta pengunjung tidak lengah, selalu waspada mengingat covid-19 masih ada di sekitar kita,” katanya.

Amalia menambahkan, relawan PMI mengimbau pengunjung untuk menaati protokol kesehatan meskipun sedang berlibur. Relawan, katanya, tidak melakukan penindakan tapi mengimbau. Mereka mengimbau pengunjung menjaga jarak, memakai masker, dan mencuci tangan.

“Kami tempatkan relawan di gerbang masuk serta di beberapa titik keramaian lainnya,” katanya.

Selain melakukan imbauan langsung didampingi Gugus Tugas dan petugas kesehatan, relawan juga memasangi media imbauan di sejumlah titik.

Ditambahkan Humas PMI Banjarnegara Alwan Rifai, PMI juga melakukan penyemprotan disinfektan di permukaan-permukaan benda yang kerap disentuh pengunjung. Langkah tersebut dilakukan guna mengantisipasi transmisi virus di lokasi wisata Dieng.

“Sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat terus dilakukan PMI Banjarnegara dengan mengoptimalkan peran relawan KSR, dan Sibat di desa,” tukasnya.

75

Leave a Reply