COVID-19

Pertanyaan dan jawaban seputar Corono Virus Dusease (Covid) 19.

Apakah COVID-19?

COVID-19 adalah jenis baru coronavirus yang belum pernah diidentifikasi sebelumnya pada manusia. Coronavirus merupakan keluarga besar virus yang menyebabkan penyakit pada manusia dan hewan. Pada manusia menyebabkan penyakit mulai flu biasa hingga penyakit yang serius seperti Middle East Respiratory Syndrome (MERS) dan Sindrom Pernafasan Akut Berat/ Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS).

Apakah COVID-19 sama seperti SARS?

SARS adalah coronavirus yang diidentifikasi pada tahun 2003 dan termasuk dalam keluarga besar virus yang sama dengan novel coronavirus, namun berbeda jenis virusnya. Gejalanya mirip dengan infeksi COVID-19, namun SARS lebih berat.

Apa saja gejala COVID-19?

Gejala umum berupa demam ≥380C, batuk, pilek, nyeri tenggorokan dan sesak napas. Jika ada orang dengan gejala tersebut pernah melakukan perjalanan ke China (terutama Wuhan), atau pernah merawat/kontak dengan penderita COVID-19, maka terhadap orang tersebut akan dilakukan pemeriksaan laboratorium lebih lanjut untuk memastikan diagnosisnya.

Seberapa bahayanya COVID-19 ini?

Seperti penyakit pernapasan lainnya, infeksi COVID-19 dapat menyebabkan gejala ringan termasuk pilek, sakit tenggorokan, batuk, dan demam. Beberapa orang mungkin akan menderita sakit yang parah, seperti disertai pneumonia atau kesulitan bernafas. Walaupun fatalitas penyakit ini masih jarang, namun bagi orang yang berusia lanjut, dan orang-orang dengan kondisi medis yang sudah ada sebelumnya (seperti, diabetes dan penyakit jantung), mereka biasanya lebih rentan untuk menjadi sakit parah.

Bagaimana manusia bisa terinfeksi COVID-19?

Sampai saat ini, belum diketahui bagaimana manusia bisa terinfeksi virus ini. Para ahli masih sedang melakukan penyelidikan untuk menentukan sumber virus, jenis paparan, cara penularan dan pola klinis serta perjalanan penyakit. Hasil penyelidikan sementara dari beberapa institusi di kota Wuhan, sebagian kasus terjadi pada orang yang bekerja di pasar hewan/ikan, namun belum dapat dipastikan jenis hewan penular virus ini. Hingga saat ini dilaporkan adanya penularan antar manusia yang terbatas (antar keluarga dekat dan petugas kesehatan yang merawat kasus).

Benarkah COVID-19 berasal dari kelelawar atau hewan lainnya?

Sampai saat ini hewan penular COVID-19 belum diketahui.

ACCORDION_TITLE_1

ACCORDION_CONTENT_7

ACCORDION_TITLE_2

ACCORDION_CONTENT_8

ACCORDION_TITLE_3

ACCORDION_CONTENT_9

ACCORDION_TITLE_1

ACCORDION_CONTENT_10

ACCORDION_TITLE_2

ACCORDION_CONTENT_11

ACCORDION_TITLE_3

ACCORDION_CONTENT_12

ACCORDION_TITLE_1

ACCORDION_CONTENT_13

ACCORDION_TITLE_2

ACCORDION_CONTENT_14

ACCORDION_TITLE_3

ACCORDION_CONTENT_15

ACCORDION_TITLE_1

ACCORDION_CONTENT_16

ACCORDION_TITLE_2

ACCORDION_CONTENT_17

ACCORDION_TITLE_3

ACCORDION_CONTENT_18

60

Leave a Reply