DORONG KEMANDIRIAN MASYARAKAT, PMI BAGIKAN ALAT PENYEMPROT

Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Bekasi menyalurkan bantuan alat penyemprot disinfektan (sprayer) ke kelompok relawan masyarakat, Jumat (25/9/2020). Relawan masyarakat yang tersebar di 10 RW Kota Bekasi ini aktif membantu tugas-tugas kemanusiaan PMI. Masyarakat diharapkan dapat secara mandiri mencegah penularan covid-19 di lingkungannya.

Manajer Kasus Penguatan Respons Masyarakat PMI Kota Bekasi Agung Cahyono mengungkapkan, pembagian sprayer dan cairan disinfektan bertujuan agar warga dapat secara mandiri mendesinfeksi lingkungannya. Dengan demikian, kata Agung, penyebaran virus corona dapat ditekan.

“Pemberian ini juga agar program penguatan respons masyarakat ini berlanjut. Jadi, masyarakat tidak bergantung dengan alat PMI. Kami juga bisa ke banyak titik kalau alat cukup (sprayer),” kata Agung saat dihubungi.

Masyarakat relawan yang berasal dari berbagai latar belakang ini dibekali pengetahuan soal pencegahan covid-19. Materi tersebut kemudian akan disosialisasikan ke masing-masing lingkungan masyarakat relawan. Bahkan, kata Agung, relawan masyarakat juga aktif mendorong kesembuhan pasien isolasi mandiri di lingkungannya masing-masing.

“Mereka adalah perpanjangan tangan PMI dalam penanganan covid-19. Misalnya kalau kami semprot jalan besar, mereka yang semprot jalan lingkungan atau gang. Mereka membantu secara sukarela,” katanya.

Sedikitnya 11 pasien isolasi mandiri dibantu masyarakat relawan agar sembuh. Para relawan, kata Agung, membantu menyalurkan distribusi pada pasien dan keluarga korban, hingga memantau kondisi pasien.

“Masyarakat relawan biasanya mendorong pemenuhan kebutuhan pasien dan keluarga secara swadaya masyarakat, karena anggaran respons masyarakat terbatas,” imbuhnya.

Terdapat 10 kelompok relawan masyarakat yang tersebar di sejumlah wilayah Kota Bekas. Kelompok ini umumnya beranggotakan 12 hingga 25 orang. Mereka, kata Agung, berasal dari relawan Gugus Tugas, Kader Posyandu, hingga Karang Taruna.

Pembekalan serta pendistribusian sprayer oleh PMI Kota Bekasi digelar dalam rangka memperingati hari jadi PMI ke-75. PMI mencanangkan tahun solidaritas kemanusiaan pada hari jadinya. Tema Solidaritas Untuk Kemanusiaan PMI ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat untuk peduli sesama dengan menjaga diri dan lingkungan dari penularan covid-19 dengan cara 3M, yakni Memakai masker, Mencuci Tangan, dan Menjaga jarak.

 

155

Leave a Reply