DUA RUMAH AMBLAS, JALAN TERPUTUS DITERJANG LONGSOR

KOTA PALOPO/SULSEL – Dua rumah dan jalan terputus akibat diterjang tanah longsor di kilometer 24 Jalan Poros Palopo-Rantepao Toraja tepatnya di  Kelurahan Battang Barat, Kota Palopo, Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel), Jumat (26/06/2020). Selain itu, sejumlah tiang listrik juga dilaporkan roboh, sehingga menyebabkan terputusnya akses komunikasi di wilayah tersebut.

Bencana tanah longsor tersebut terjadi sekira jam 16.46 WITA, diduga akibat curah hujan yang terus-menerus sejak beberapa hari.

“Kami langsung menerjunkan anggota Relawan sebanyak 8 orang ke lokasi kejadian dan bergabung dengan tim BPBD,” kata Kepala Markas PMI Kota Palopo, Sry Rafika saat dihubungi melalui telepon genggamnya.

Senada dikatakan Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sulsel, Endro Yudo Walyono. “Dua rumah amblas saat kejadian. Jalan Poros Palopo-Rantepao Toraja juga ikut terputus akibat tanah longsor itu,” ujarnya.

Endro memaparkan, BPBD masih melakukan pendataan dan melakukan assesment di lokasi. Belum diketahui adanya korban jiwa dalam peristiwa itu. “Saat ini tim sudah bergerak ke lokasi kejadian untuk melakukan pertolongan pertama. Paling pokok adalah menyelamatkan jiwa dulu,” ucapnya.

Di lokasi tersebut pekan lalu juga terjadi tanah longsor, namun tidak seberat yang terjadi pada Jumat sore itu yang sampai menimpa rumah warga. “Dugaan, tanah yang berada di perbukitan itu tidak mampu menahan laju air hingga terjadi longsor,” tandasnya.***

112

Leave a Reply