HARI PALANG MERAH & BULAN SABIT MERAH SEDUNIA TAHUN 2020

PMI Berikan Apresiasi dan Gaungkan Hadapi Covid-19 Bersama

Palang Merah Indonesia (PMI) sebagai perhimpunan nasional di Indonesia memperingati Hari Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Sedunia yang jatuh pada tanggal 8 Mei. “Haul” Bapak Palang Merah dunia Jean Henri Dunant ini diperingati secara mendunia untuk meneguhkan kembali prinsip-prinsip gerakan kepalangmerahan, terutama di dalam situasi pandemi Covid-19.

Sekretaris Jenderal PMI, Sudirman Said menegaskan, peringatan ini dimanfaatkan sebagai momen untuk memberikan apresiasi bagi tim medis dan relawan yang bertugas menangani Covid-19 serta untuk menggalang semangat kebersamaan melawan wabah penyakit yang tengah melanda dunia saat ini.

“PMI membuat sebuah kampanye untuk membangkitkan semangat dan motivasi antar sesama dalam menghadapi Covid-19, mengapresiasi para petugas medis dan petugas kemanusiaan yang bertugas, serta meningkatkan kembali kesadaran masyarakat tentang pencegahan Covid-19 yang dikemas dengan kegiatan menarik,” jelas Sudirman Said

Ditambahkannya, kampanye dijalankan menyesuaikan tema peringatan kali ini, yaitu “Kita Hadapi Bersama”. “Saat ini kita menghadapi pandemi Covid-19 yang terjadi hampir di seluruh negara di dunia. Situasi ini bukan hanya masalah tim medis, relawan, atau petugas kemanusiaan semata. Ini adalah masalah kita bersama yang harus kita hadapi bersama-sama. Inilah inti dari tema yang kita angkat,” katanya.

Hal senada diungkapkan Presiden Federasi Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Internasional (IFRC), Francesco Rocca baru-baru ini.

“Krisis (COVID-19) ini telah menghubungkan kita semua  untuk peduli dan bersolidaritas. Terutama menyangkut dengan keselamatan dan kesejahteraan setiap individu, dan hal ini juga menyangkut keselamatan dan kesejahteraan warga seluruh dunia.  Dampak sekunder COVID-19 ini juga besar, seperti kemiskinan dan ancaman kerawanan pangan bagi jutaan orang di seluruh dunia. Hal ini harus menjadi perhatian utama dan harus menjadi peringatan masyarakat internasional.”

Peringatan 8 Mei dilakukan PMI dengan menggelar beragam kegiatan berbasis dalam jaringan (daring) dan memanfaatkan media sosial. Hal ini dilakukan sejalan dengan himbauan pemerintah untuk menjaga jarak aman dan tetap di rumah. Kegiatan peringatan melibatkan seluruh relawan PMI se-Indonesia dan masyarakat umum yang ingin memberikan apresiasi serta melakukan upaya penceganan Covid-19.

Dalam peringatan, PMI mengunggah video dengan konten tepuk tangan dari seluruh PMI Provinsi/Kab/Kota dari berbagai elemen, baik pengurus hingga relawan di tingkat masyarakat. Video ini dibuat sebagai bentuk apresiasi dan simbol terima kasih kepada para relawan dan tim medis serta seluruh pihak, termasuk masyarakat yang mendukung kegiatan penanganan Covid-19.

Selain itu, PMI juga mengeluarkan video dengan pesan #DiRumahSaja sebagai bagian dari ajakan PMI kepada masyarakat untuk terlibat dalam peringatan dengan membuat aksi atau kegiatan yang mereka lakukan saat di rumah saja. Tujuan membuat video ini untuk mengajak masyarakat luas memutus mata rantai penularan Covid-19.

Puncak kegiatan peringatan dengan menggelar pertemuan akbar relawan palang merah secara daring. Dalam pertemuan ini, Ketua PMI Jusuf Kalla memberikan pengarahan serta penghargaan kepada relawan yang mendedikasikan waktu dan tenaganya dalam penanganan Covid-19. Acara ini dimeriahkan dengan berbagi pengalaman dari PMI di berbagai daerah dalam melakukan pencegahan Covid-19, hiburan musik dari relawan PMI Bali, serta kuis.

Untuk informasi lebih lanjut: Aulia Arriani, Kepala Biro Humas Markas Pusat PMI, nomor kontak: 0816795379. Kontak Media: Anggun Permana Sidiq, nomor kontak: 0856 97777 313.

3914

Leave a Reply