Indonesia | English
       
Publications
Search
Home | Activities | Donation | Publications | News | FAQ | Gallery | Contact Us
LOMBA MENGGAMBAR
KISAH
KAMPANYE CEGAH FLU
KAMPANYE GLOBAL: DUNIA KITA. AKSI ANDA.
TEROPONG
PROFIL PMI DAERAH
BUKU PEDOMAN
BULETIN/MAJALAH
NEWSLETTER
AUDIO VIDEO
Keterampilan Menyulam bagi Ibu-Ibu korban Tsunami Aceh
PMI melalui Program Dukungan Psikososial di Aceh Community Center (PSP-ACC) memberikan keterampilan menyulam bagi ibu-ibu korban bencana gempa dan tsunami. Keterampilan tersebut bertujuan untuk meningkatkan kapasitas agar para korban bencana dapat kembali menjalani kehidupannya secara normal.

Kegiatan sosial kemanusiaan Palang Merah Indonesia (PMI) dalam memberikan bantuannya tidak hanya melalui kegiatan yang bersifat fisik seperti evakuasi korban, dapur umum, penampungan darurat atau pelayanan kesehatan. Namun, ada juga beberapa kegiatan yang bersifat dukungan psikis seperti Program Dukungan Psikososial (PSP). Program ini bekerja untuk membantu menghilangkan trauma para korban akibat bencana alam maupun konflik sehingga mereka dapat melanjutkan kehidupannya secara normal kembali.

PMI Daerah Aceh, melalui Program Dukungan Psikososial Sultan II Selim Aceh Community Center (PSP-ACC) melakukan kegiatan penguatan kapasitas masyarakat agar masyarakat yang terkena dampak bencana dapat kembali hidup normal sediakala. Kegiatan tersebut adalah Pelatihan Menyulam yang diselenggarakan pada 24 Mei 2009 dan diikuti oleh 25 wanita yang sebagian besar merupakan ibu rumah tangga. Peserta pelatihan merupakan perwakilan desa yang berada di Kemukiman Lampuuk, Aceh Besar dan hampir semuanya adalah korban bencana gempa dan tsunami tahun 2004.

Wanita dipilih sebagai peserta dalam kegiatan ini karena wanita merupakan salah satu kelompok yang rentan dan mempunyai potensi yang cukup besar dalam sebuah komunitas. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan keterampilan kepada ibu-ibu rumah tangga agar memiliki pengetahuan dan keterampilan sulam-menyulam. Keterampilan yang diberikan adalah membuat kerajinan tangan yang berguna seperti membuat motif pada bakal pakaian, taplak meja, sarung bantal dan lain-lain. Diharapkan setelah mendapatkan pelatihan sulam-menyulam ini mereka dapat menggunakan keterampilan tersebut untuk keperluan hidup sehari-hari ataupun sebagai salah satu sumber penghasilan tambahan bagi mereka dengan membuat bakal baju dan kerajinan tangan lainnya yang dapat dijual dikampung-kampung maupun dipasar-pasar tradisionall, ujar salah seorang Relawan PMI.

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Mukim Lampuuk, Bapak Dahlan Yunus, yang merupakan koordinator dari Keuchik (Kepala Desa) yang berada di Kemukiman Lampuuk. Kegiatan ini juga didukung penuh oleh para Relawan PMI bidang PSP di ACC yang berperan sebagai fasilitator kelompok dalam memberikan keterampilan kepada ibu-ibu desa Lampuuk. Diakhir kegiatan sulam menyulam ini ibu-ibu mampu membuat beberapa pola yang diajarkan oleh pelatih maupun fasilitator kelompok masing-masing.
Perlu diketahui, kegiatan ini dilaksanakan sepenuhnya sebagai langkah untuk mengembangkan kapasitas masyarakat yang merupakan salah satu tujuan PSP-ACC. Selain kegiatan sulam-menyulam bagi ibu-ibu Lampuuk, PSP-ACC juga mengadakan kegiatan Pengembangan Kapasitas Relawan dalam bentuk pemberian berbagai jenis permainan yang dilaksanakan di Pantai Lampuuk, dimana kegiatan ini bertujuan untuk memberikan motivasi kepada para relawan yang dikemas dalam bentuk permainan.

Berbagai bentuk program kegiatan juga dilakukan oleh PSP-ACC PMI Daerah Aceh pada bulan Mei antara lain penyuluhan psikologi kepada remaja dan pemberian keterampilan untuk siswa Taman Kanak-Kanak (TK). Sultan II Selim Aceh Community Center (ACC) merupakan pusat kegiatan masyarakat PMI Daerah Aceh yang didukung oleh Perhimpunan Nasional Bulan Sabit Merah Turki. Pusat kegiatan tersebut menenempati sebuah gedung yang dibangun atas sumbangan dari masyarakat Turki. ACC dipergunakan seluas-luasnya untuk kepentingan masyarakat Indonesia pada umumnya dan masyarakat Aceh khususnya berkaitan dengan pemberdayaan serta peningkatan kapasitas dan potensi masyarakat. Sistem pelaksanaan kegiatan di Sultan II Selim Aceh Community Center berbasis partisipasi masyarakat, dari masyarakat untuk masyarakat dengan sistem relawan. Banyak ragam kegiatan yang dilaksanakan oleh ACC diantaranya kursus tari dan bahasa.

Informasi lebih lanjut hubungi: Sultan Salim II Aceh Community Center, Kp. Baru, NAD. Telp. (0651) 22958, Faks. (0651) 636916. Email: acehcommunitycenter@yahoo.com. Ainul Mardiah, HP. 085664113803.


 
History | Profile | HRD | Links | Events | Site Map | Privacy Policy
Copyright © 2005 Palang Merah Indonesia. All Rights Reserved