Indonesia | English
       
Publications
Search
Home | Activities | Donation | Publications | News | FAQ | Gallery | Contact Us
LOMBA MENGGAMBAR
KISAH
KAMPANYE CEGAH FLU
KAMPANYE GLOBAL: DUNIA KITA. AKSI ANDA.
TEROPONG
PROFIL PMI DAERAH
BUKU PEDOMAN
BULETIN/MAJALAH
NEWSLETTER
AUDIO VIDEO
PMI Gelar Temu Karya Relawan Se-Aceh
Palang Merah Indonesia (PMI) Daerah Aceh  bersama PMI Cabang Aceh Utara menggelar Temu Karya Relawan PMI tingkat Provinsi Aceh 2010 di Bumi Perkemahan Teupin Keubeu, Lhoksukon, Aceh Utara. Kegiatan ini dimulai pada Rabu (13/01) hingga Minggu (17/01) dan diikuti tidak kurang dari 900 anggota Korps Sukarela (KSR) dan Tenaga Sukarela (TSR) utusan dari 22 PMI cabang se-Aceh.

Wakil Gubernur Aceh Muhammad Nazar membuka secara resmi kegiatan didampingi oleh Ketua PMI Daerah Aceh Bustari Mansyur dan Ketua PMI Cabang Aceh Utara Tgk. H. Saifuddin Ilyas. Temu Karya ini juga dihadiri oleh Delegasi Pengembangan Cabang dan Penanggulangan Bencana Federasi Internasional Perhimpunan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah (IFRC) Ahmad Obaidus Sami serta Wakil Kepala Program Palang Merah Amerika Syarifah Marlina dan Delegasi Konstruksi Palang Merah Hongkong Venojit.

Marching Band Sanggar Cut Meutia Meuligo Aceh Utara yang sering mendapatkan gelar juara di tingkat daerah maupun nasional ikut memeriahkan acara pembukaan. Selain itu, juga digelar aksi donor darah yang diikuti oleh relawan, staf, pengurus PMI serta masyarakat.

“Diadakannya Temu Karya PMI ini tidak lain adalah untuk meningkatkan manajemen dan kepemimpinan relawan untuk bisa mendukung pelayanan PMI,” kata Ketua PMI Daerah Aceh Bustari Mansyur. Ditambahkannya, dengan Temu Karya ini diharapkan relawan dapat terampil dalam merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi pelayanan PMI, serta membangun kerja sama dan jejaring antar relawan.

“Diharapkan nantinya akan meningkatkan kesinambungan program, dan pemahaman yang sama antar pengurus, staf, dan relawan dalam membina dan mengembangkan relawan,” ujar Bustari Mansyur. 

Kegiatan Temu Karya Relawan PMI se-Aceh ini terbagi ke dalam empat kegiatan inti yaitu: Temu, Karya, Persahabatan, dan Pengembangan Kapasitas. Kegiatan Temu terdiri dari kegiatan yang terkait perjumpaan, berbagi ide dan pengalaman, telaah dan evaluasi, jejaring, serta tindak lanjut seperti Latihan gabungan simulasi tanggap darurat dan forum kepemimpinan relawan.

Kegiatan Karya adalah kegiatan yang terkait pelayanan, kepedulian, mengembangkan dan menciptakan karya di masyarakat, pencitraan serta peningkatan kematangan sikap dan keterampila. Misalnya, relawan berkarya di masyarakat, perencanaan program PMI, dan galeri karya yang menampilkan karya-karya ketrampilan relawan, seperti foto dan prakarya. 

Kegiatan Persahabatan merupakan kegiatan kerjasama, disiplin, tanggung jawab, kreatif, bergembira, dan kebersamaan yang ditunjukkan melalui aktivitas olahraga persahabatan, pertukaran budaya, penentuan kontingen favorit, dan kunjungan persahabatan ke kemah-kemah peserta.

Sementara kegiatan Pengembangan Kapasitas adalah kegiatan peningkatan kapasitas pengurus, kepala markas, dan staf dalam melakukan pembinaan relawan.

Wakil Gubernur Aceh Muhammad Nazar sempat memberikan sambutannya kepada para relawan PMI. “Kepada Relawan PMI, terima kasih atas keikhlasan, dedikasi dan pengorbanan untuk membantu masyarakat, baik pada masa konflik maupun saat gempa dan tsunami. Relawan PMI adalah kekuatan kemanusiaan yang mendorong Gerakan Palang Merah untuk membantu masyarakat korban bencana dan konflik”, jelas  Muhammad Nazar.

Temu Karya Relawan PMI tingkat Provinsi Aceh 2010 ini didukung oleh Palang Merah Amerika dan Federasi Internasional Perhimpunan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah.

Dok. Foto PMI Daerah Aceh

Untuk informasi lebih lanjut, dapat menghubungi:  Ardi Sofinar, Staf Divisi Komunikasi dan Hubungan Masyarakat PMI Daerah Aceh, Hp. 0813 6021 0425, e-mail. ardi_dahlan@yahoo.com atau Furqan, Staf Divisi Komunikasi PMI Daerah Aceh, Hp. 0813 7711 0551, e-mail. furqan.pmico@gmail.com.
 


 
History | Profile | HRD | Links | Events | Site Map | Privacy Policy
Copyright © 2005 Palang Merah Indonesia. All Rights Reserved