Indonesia | English
       
Publications
Search
Home | Activities | Donation | Publications | News | FAQ | Gallery | Contact Us
LOMBA MENGGAMBAR
KISAH
KAMPANYE CEGAH FLU
KAMPANYE GLOBAL: DUNIA KITA. AKSI ANDA.
TEROPONG
PROFIL PMI DAERAH
BUKU PEDOMAN
BULETIN/MAJALAH
NEWSLETTER
AUDIO VIDEO
PMI Kota Tegal Incar Pendonor Muda

Kebutuhan darah di Kota Tegal tahun depan diprediksi akan mengalami kenaikan. Hal itu disebabkan adanya penambahan ruang rawat di beberapa rumah sakit. Untuk itu Unit Donor Darah (UDD) Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Tegal gencar melakukan kegiatan donor darah. Bahkan kali ini pendonor muda yang biasa berada di kawasan alun – alun juga diincar untuk dapat mendonorkan darahnya.


Direktur UDD dr. Hadi Gunawan usai menemui Walikota Tegal di ruang Pringgitan Kompleks Balaikota Tegal Rabu (15/5).  Menurutnya kebutuhan darah tahun depan akan naik. Hal ini disebabkan adanya penambahan ruang rawat di RSUD Kardinah dan RSI Harapan Anda yang sedang mambangun rawat inap 5 lantai. Sebelumnya, PMI Kota Tegal melayani rumah sakit di Kota Tegal dan Slawi seperti RS Mitra Keluarga, RS Singkil dan RSUD Soesilo Slawi.

“ Stok darah selama setahun ini ada 13.000 kantong. Dan kita melayani kebutuhan darah Kota Tegal dan sekitarnya. Seiring penambahan ruang perawatan di Rumah Sakit kami memprediksi kebutuhan darah bakal naik tahun depan,”katanya.

Untuk memenuhi kebutuhan darah, menurut Hadi, selama ini pihaknya telah mengoperasikan sebuah mobil jenis elf untuk menunjang kegiatan donor darah. Dari hasil kegiatan itu biasanya diperoleh sejumlah darah dari instansi. Jika dirata – rata setiap bulannya pihaknya akan memperoleh sekitar 20 kantong.

Kini dengan bantuan hibah bus tersebut, UDD PMI bakal meningkatkan jumlah pasokan darahnya. Tak tanggung – tanggung, Hadi menargetkan setiap harinya 50 kantong. Untuk memenuhi target, pihaknya akan menyambangi kawasan Alun – alun setiap malam minggu dengan target anak muda untuk mendonorkan darahnya.

“ Setelah beroperasi, bus UDD akan menyambangi dan menjangkau pelosok Kota Tegal dan sekitarnya dan ditargetkan setiap hari mampu mendapatkan 50 kantong darah. Kita juga akan menyambangi kawasan Alun – alun setiap malam minggu dengan target anak muda untuk mendonorkan darahnya, “ imbuhnya.

Sementara Walikota Tegal H Ikmal Jaya SE Ak saat meninjau bis UDD milik PMI Tegal mengatakan dengan beroperasinya bis UUD PMI Kota Tegal maka pelayanan kepada masyarakat semakin menjangkau kepelosok-pelosok Kota Tegal. Menurutnya manakala ditempatkan di daerah terpencil pun, PMI sudah bisa mengambil darah pendonor

“ Dengan adanya bantuan ini kami sangat berharap pelayanan kepada masyarakat akan semakin baik dan penggalangan darah pendonor untuk PMI, akan lebih bisa memenuhi jumlah kebutuhan darah di PMI Kota Tegal,” ucapnya.

Ikmal menghimbau masyarakat Kota Tegal untuk cinta donor darah. Karena PMI melayani kebutuhan darah bukan hanya Kota Tegal saja tetapi daerah sekitarnya. Munurutnya, masyarakat yang sehat badannya, mulai dari sekarang untuk cinta donor darah. Sehingga dengan cinta donor darah akan bisa menolong masyarakat lain yang sedang membutuhkan darah.

“ Kepada warga yang sudah pernah mendonor untuk rutin mendonor setiap tiga bulan sekali sehingga kebutuhan darah tercukupi dan dapat menolong orang lain,” ajak Ikmal Jaya.


Sementara itu, Bus berwarna putih merah itu dilengkapi dengan empat buah bed, Air Conditioner, peralatan transfusi darah dan tempat penyimpanan darah yang aman dan tujuannya agar para pendonor darah akan memperoleh kenyamanan ketika berdonor darah lengkap dengan peralatan transfusi darah dari PMI Pusat.

Info Lebih Lanjut: PMI Kabupaten Tegal: (0283) 491868, Nashir Humas PMI Provinsi Jawa Tengah HP: 081228011455.email: pmi@pmi.or.id



 
History | Profile | HRD | Links | Events | Site Map | Privacy Policy
Copyright © 2005 Palang Merah Indonesia. All Rights Reserved