Indonesia | English
       
Publications
Search
Home | Activities | Donation | Publications | News | FAQ | Gallery | Contact Us
LOMBA MENGGAMBAR
KISAH
KAMPANYE CEGAH FLU
KAMPANYE GLOBAL: DUNIA KITA. AKSI ANDA.
TEROPONG
PROFIL PMI DAERAH
BUKU PEDOMAN
BULETIN/MAJALAH
NEWSLETTER
AUDIO VIDEO
PMI dan Mal Metropolitan Buka Gerai Donor Darah
Untuk meningkatkan jumlah kantong darah, Palang Merah Indonesia (PMI) kembali membuka gerai donor darah. Kali ini gerai donor darah dibuka di Mal Metropolitan Bekasi, pada Kamis (7/10), agar memudahkan masyarakat yang ingin menyumbangkan darah. Gerai donor darah ini merupakan gerai yang ketujuh setelah sebelumnya dibuka di Senayan City dan Tanah Abang Jakarta, Mal Tunjungan Plaza Surabaya, Mal Mari Plaza dan Universitas Hasanuddin Makassar.

Ketua Umum PMI Jusuf Kalla meresmikan langsung gerai donor darah ini dengan didampingi oleh  Ir. Nanda Widya selaku Direktur Utama PT. Metropolitan Land. Dibukanya gerai donor darah ini di mal dan kampus ini merupakan bagian dari upaya PMI untuk mendekatkan donor darah kepada masyarakat.

”Dengan dibukanya gerai donor darah di Mal Metropolitan ini masyarakat di Bekasi khususnya bisa lebih mudah untuk menyumbangkan darah mereka. Semakin dekat fasilitas donor darah kepada masyarakat, saya harap mereka semakin giat berdonor darah,” jelas Ketua Umum PMI Jusuf Kalla.

Jusuf Kalla menambahkan, masyarakat tidak lagi bingung untuk mendonorkan darah mereka. Menyumbangkan darah diharapkannya bisa menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat.

Di Jakarta dan sekitarnya, tingkat kebutuhan darah yang diperlukan mencapai 1.000 kantong setiap hari. Sementara secara nasional, kebutuhan darah mencapai jumlah 4,8 juta kantong darah setiap tahunnya. Dibukanya gerai-gerai donor darah ini menjadi salah satu antisipasi PMI untuk memenuhi kebutuhan kantong darah yang diperlukan. 
 
”Idealnya stok kantong darah yang diperlukan secara nasional adalah 2 persen dari jumlah penduduk yaitu 4,8 juta kantong darah. Sejauh ini PMI baru bisa mengumpulkan 1,9 juta kantong darah. Jadi masih kurang sekitar 3 juta kantong,” jelas Jusuf Kalla.

Gerai donor darah ini terletak di lantai 3 atrium 1 Mal Metropolitan dan merupakan gerai donor darah pertama di wilayah Jawa Barat. Gerai donor darah seluas 40 meter persegi ini merupakan sumbangan dan bagian dari kegiatan CSR (corporate social responsibility) PT Metropolitan Land melalui Mal Metropolitan. Letaknya yang strategis membuat gerai donor darah ini dapat dengan mudah diakses oleh seluruh pengunjung mal.

”Setiap hari pengunjung Mal Metropolitan mencapai 5 ribu orang dan lebih banyak lagi pada akhir pekan. Selama ini donor darah dilakukan dengan dua cara, yaitu datang ke kantor PMI dan petugas PMI datang untuk mengambil darah. Kini dengan dibukanya di mal, masyarakat tidak hanya dapat berbelanja, tapi juga dapat donor darah,” jelas Direktur Utama PT. Metropolitan Land Ir. Nanda Widya.

Dengan adanya gerai donor darah di mal, maka aktivitas ke mal bukan lagi sekedar kegiatan konsumtif, tapi juga dapat menjadi aktivitas sosial yaitu dengan berdonor darah yang dapat membantu menyelamatkan jiwa manusia.

Foto. Anggun Permana Sidiq (Staf Divisi Komunikasi & Pencitraan Markas Pusat PMI)


Untuk informasi lebih lanjut, dapat menghubungi: dr. Yuyun SM Soedharmono - Direktur Unit Transfusi Darah Pusat (UTDP), Jl. Joe (Jowe) No. 7 Lenteng Agung Jakarta Selatan. Tlp. 021- 7815464 Fax.021- 7815470 email.pmi@cbn.net.id atau Wahyu Sulistio – GM Corporate Communication PT Metropolitan Land, Gedung Ariobimo Sentral Lt. 10, Jl. HR. Rasuna Said BI. X-2 Kav. 5 Kuningan – Jakarta 12950,Tlp    . 021- 522 6188 Fax.    021 522 6190 email. cpr@metropolitanland.com
 


Download
 
History | Profile | HRD | Links | Events | Site Map | Privacy Policy
Copyright © 2005 Palang Merah Indonesia. All Rights Reserved