Menu

 

A Member Of 

Operasi Katarak

  • Dilihat: 7257

Mata adalah organ penglihatan yang vital. Seperti organ tubuh lainnya, mata juga membutuhkan perawatan agar tetap sehat dan fungsinya tidak terganggu, karena bila terganggu, harga yang harus dibayar sangat mahal. Gangguan serius pada mata juga dapat menyebabkan kelumpuhan aktivitas sehari-hari.

Angka kebutaan di Indonesia tergolong yang tinggi, yaitu mencapai 1,5% dari jumlah kebutaan yang mencapai 3% dari penduduk dunia. Penyebab utama kebutaan di Indonesia adalah katarak, glukoma, kelainan refraksi dan penyakit lain yang berhubungan dengan degeneratif. Tingginya masalah kesehatan mata yang ada di Indonesia cukup memilukan, pemerintah tidak mungkin bekerja sendirian, komponen yang ada di masyarakat harus bersinergi untuk melakukan penanggulangan.

Untuk dapat berperan serta dalam membantu meringankan beban masyarakat yang rentan secara sosial ekonomi, Palang Merah Indonesia akan terus melaksanakan kegiatan pelayanan sosial yang ditujukan kepada masyarakat paling miskin dan paling rentan, baik pada situasi bencana maupun pada situasi normal.

Dalam mencapai tujuan tersebut, PMI akan melaksanakan program operasi katarak gratis bagi masyarakat yang kurang mampu, dengan harapan melalui kegiatan ini masyarakat miskin dan rentan yang memiliki permasalahan dengan katarak dapat kembali pulih penglihatannya dan dapat melanjutkan kehidupannya dengan lebih baik lagi. Dalam pelaksanaannya, PMI menjalin kerjasama dengan pihak rumah sakit yang akan melakukan tindakan operasi tersebut, salah satunya seperti yang saat ini sedang berlangsung yakni dengan Rumah Sakit St. Carolus.

 

Markas Pusat Palang Merah Indonesia

Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 96,  Jakarta 12790 - Indonesia

Telp. +62 021 7992325 Faks. +62 021 7995188  Email: pmi@pmi.or.id