Menu

 

A Member Of 

Jadikan PMI Ladang Ibadah

Anggota Siaga Bencana Berbasis Masyarakat (Sibat) yang dibentuk PMI dari unsur masyarakat umum, menjadi salah bagian penting penggerak pengurangan risiko bencana di masyarakat. Kiprah tim Sibat yang dibina PMI dengan beberapa programnya, melibatkan aktif Sibat secara langsung dan berkesinambungan.

Najit, salah seorang anggota Sibat Desa Waringin Jaya Kecamatan Bojong Gede Kabupaten Bogor, yang aktif berkegiatan meskipun berusia lebih dari 72 tahun. Bapak 5 (lima) anak dan 2 (dua) cucu ini masih lincah dalam setiap kegiatan lapangan. Awal mengenal PMI saat berdagang keliling pada salah satu kegiatan PMI Kabupaten Bogor sekitar tahun 2006.

Read more...

Semua Bisa jadi Penolong

Semakin banyaknya kasus kegawat daruratan baik di rumah tangga, lingkungan kerja maupun di jalan raya mendorong PMI Kota Surakarta untuk terus mensosialisasikan Pertolongan pertama yang benar kepada seluruh elemen masyarakat Kota Surakata, tak terkecuali pada penyandang disabilitas. Menurut Wanto Kasie pelatihan PMI Kota Surakarta, Peserta pelatihan Pertolongan Pertama (PP) untuk disabilitas saat ini adalah mereka penyandang Tuna rungu, pelatihan diadakan satu hari ini Sabtu (12/8).
 
“Kami memang mengadakan secara bergantian setelah minggu lalu tuna netra, hari ini tuna rungu minggu depan kami akan memberikan pelatihan untuk tuna daksa. Jadi kami ingin semua elemen disabilitas mendapat pengetahuan tentang pertolongan pertama, hal ini sejalan dengan program PMI Kota Surakarta tahun 2017 yaitu peduli disabilitas”, tuturnya.
Read more...

Rela Tak Mudik, Sukarelawan PMI Tetap Siaga

Mudik adalah tradisi yang lekat bagi masyarakat Indonesia untuk bersilaturahmi dengan yang terkasih saat momen lebaran. Namun, tradisi ini tak dijalankan oleh sukarelawan PMI. Ya, mereka harus tetap siaga di pos kesehatan demi lancarnya arus mudik dan balik lebaran.

Yudistira, sukarelawan PMI Kabupaten Bogor yang pada Idul Fitri kali ini kembali dipercaya mendapatkan tugas berjaga di pos kesehatan di wilayah kabupaten Bogor.  

Read more...

Totalitas Tim Medis PMI, Lebaran Dalam Mobil Ambulans Dilakoni

SOLO - Banyak elemen mengorbankan kepentingan pribadi demi lancarnya arus mudik dan balik Lebaran. Di antaranya anggota Palang Merah Indonesia (PMI) Surakarta. Ketika yang lain berkumpul dengan keluarga, mereka tetap siaga bersama anggota TNI, Polri, dan lainnya.

Adalah Heronika Wahyu Maninggar dan Desita Krisma Neo Cahya yang pada Idul Fitri kali ini mendapatkan tugas stand by di Pos Pelayanan (Posyan) Gladak. Bagi, Neo, sapaan akrab perempuan berkerudung tersebut, baru kali pertama merasakan Lebaran tidak berkumpul dengan keluarga. Namun, bukan itu yang menjadi kesedihannya.

Read more...

Surat Cinta Dari Jogja Untuk DPRRI

Masih alotnya pembahasan Rancangan Undang-undang Kepalangmerahan sejak digulirkannya pertama kali tahun 2005, Palang Merah Indonesia Daerah Istimewa Yogyakarta (PMI DIY) menginisiasi untuk menulis surat cinta dari Jogja untuk DPR RI. “ini yang kedua kalinya kita menulis surat cinta kepada DPR RI, memberikan dukungan agar RUU Kepalangmerahan segera diundangkan”, ungkap Andhi Wisnu Wicaksono, SS, Wakil Ketua Bidang Komunikasi Informasi (Kominfo) PMI DIY saat Peringatan hari Palang Merah Sedunia tahun 2017 di Car Free Day, Jl. Jend Sudirman Yogyakarta (21/5).

Andhi Wisnu menuturkan bahwa tidak hanya dari kalangan internal PMI namun masyarakat Yogyakarta yang hadir juga antusias ikut menulis surat cinta untuk DPR RI. “Undang-undang Kepalangmerahan sangatlah penting untuk memberikan jaminan perlindungan sukarelawan saat bertugas membantu masyarakat dalam situasi konflik senjata, kerusuhan sosial atau gangguan keamanan maupun saat damai. UU Kepalangmerahan akan memulihkan fungsi Lambang sebagai lambang yang netral. Bantuan kepada masyarakat yang membutuhkan tentunya akan lebih berkualitas, cepat, tepat dan lebih luas”, jelas Andhi Wisnu.

Read more...

KSR PMI Unsyiah Gelar HDDS 2017

Korsp Sukarela Palang Merah Indonesia (KSR-PMI) Unit Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) mengelar serangkaian kegiatan Hari Donor Darah Se-Dunia (HDDS) atau World Blood Donor Day, di Lapangan Tugu, Rabu (17/05). Kegiatan ini bertemakan “Setetes darah hadiah terindah untuk sesama.”

Dalam memeriahkan peringatan Hari Donor Darah Se-Dunia yang jatuh pada 14 Juni 2017. KSR PMI Unit Unsyiah mengelar kegiatan donor darah selama 3 hari di mulai tanggal 17 sampai 19 Mei 2017.

Read more...

FORPIS Banjarnegara Dikukuhkan

BANJARNEGARA – Forum Remaja Palang Merah Indonesia (FORPIS) unit PMI Kabupaten Banjarnegara diharapkan mampu menjadi teladan dan Pelopor terbentuknya sekolah siaga bencana di lingkungan sekolah masing masing. Hal tersebut dikemukakan oleh Wakil Ketua PMI Bidang Pembinaan Generasi Muda sekaligus Kepala Dindikpora Kabupaten Banjarnegara Noor Tamami saat reorganisasi sekaligus melantik kepengurusan forpis yang baru kemarin (18/4/17).
 
“Seluruh anggota Forpis dan khususnya pengurus yang terpilih nantinya diharapkan menjadi panutan, jembatan dalam mengaplikasikan program PMI disekolah, serta dapat melakukan tugasnya dengan baik sesuai peraturan organisasi “ ujarnya. Forum Remaja Palang Merah Indonesia merupakan organisasi PMR wira yang beranggotakan  perwakilan seluruh SMA/SMK/MA, adapun kepengurusan tahun ini terdiri dari 38 anggota.
Read more...
Subscribe to this RSS feed

Markas Pusat Palang Merah Indonesia

Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 96,  Jakarta 12790 - Indonesia

Telp. +62 021 7992325 Faks. +62 021 7995188  Email: pmi@pmi.or.id