Menu

 

A Member Of 

PMI Distribusikan 16.000 Liter Air Bersih Ke Pangkalan

Padang, Pasca banjir dan tanah longor di Kab. Lima Puluh Kota, Palang Merah Indonesia (PMI) telah mendistribusikan 16.000 liter air bersih, Senin lalu (13/3/2017).

Antoni Kartika, Koordinator lapangan melalui pesan singkatnya, mengatakan Pos Lapangan PMI telah melakukan koordinasi serta bekerjasama dengan Dinas PU untuk melakukan pelayanan kegiatan distribusi air, Dinas PU air bersih menempatkan bak penampungan dan Hidran Unit diberbagai titik penampungan, PMI yang mendistribusikan airnya.

Read more...

Niat Bantu Sesama, Kelompok Tani Sungai Pua Kirim Sayur Mayur

Padang, Bersimpati atas musibah yang menimpa warga Kabupaten Lima Puluh Kota, Petani Kecamatan Sungai Pua Kabupaten Agam mengirimkan 150 paket sayur mayur, Kamis (9/3). Sayur mayur yang dipanen langsung itu, disalurkan untuk warga terdampak melalui Palang Merah Indonesia (PMI) Kecamatan Sungai Pua.

Ahmad Jais, Kepala Markas PMI Kota Bukittinggi menuturkan bahwa ini merupakan kali ke 4 bantuan yang diberikan oleh kelompok tani untuk korban bencana alam. Sebelumnya kelompok tani ini pernah juga membantu korban Sinabung sebanyak 2 ton sayuran di tahun 2011, Banjir Pasaman 200 paket di tahun 2014 dan Banjir di Muarololo 1 karung di tahun 2016.

Read more...

PMI Asesmen Penerima Bantuan Dana Tunai

PIDIE JAYA, Dalam operasi pemulihan gempa bumi Pidie Jaya, PMI menjalankan program CTP (cash transfer program) atau bantuan dana tunai. Bantuan ini meliputi 3 sektor yaitu shelter, livelihood, dan juga air minum. Untuk saat ini 15 relawan PMI yang sudah ikut Orientasi Registrasi penerima mamfaat CTP sedang bertugas memasukkan data penerima mamfaat di  7 kecamatan,  Bandar Baru, Ulim, Trienggadeng, Meureudu, Meurah Dua, Trienggadeng dan Panteraja untuk target 1700 KK. Penerima bantuan CTP di registrasi langsung ke tempat mereka oleh relawan PMI berdasarkan kriteria rumah roboh, ruko yang dijadikan tempat tinggal, rumah yang mempunyai lebih dari satu KK (KK gantung).

Registrasi penerima mamfaat ini dilakukan berbasis android dengan menggunakan aplikasi KoBo Collect yang dapat di download secara gratis di playstore. KoBo Collect sendiri merupakan aplikasi yang didasari pada open data kit (ODK) untuk pengumpulan data primer.  Dengan aplikasi ini data hasil wawancara dan pengambilan data primer lainya dimasukkan kedalam format yang telah dibuat dan dikirim ke server data PMI secara online. Apikasi ini juga mendukung data offline jika tidak terjangkau sinyal operator seluler.

Read more...

Gubernur Sumatera Barat Berikan Penghargaan Bagi DDS

Padang – Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno menyematkan Satyalencana Kebaktian Sosial dan menyerahkan Piagam Penghargaan kepada 976 orang Pendonor Darah Sukarela (DDS) yang telah mendonorkan darahnya lebih dari 100 kali, 75 kali, 50 kali,25 kali, 10 kali, Senin (06/3) di Aula Rumah Dinas Gubernur Sumatera Barat. Rangkaian acara ini dilaksanakan oleh Unit Transfusi Darah (UTD) Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Padang yang juga dihadiri oleh Walikota Padang, Ka Polda Sumatera Barat, Pimpinan PT Semen Padang, LANTAMAL II, Bank Indonesia, SJS, HBT, HTT, dan Instansi Pemerintahan serta Instansi Swasta penggerak kegiatan Donor Darah lainnya.
 
Dalam acara tersebut PMI Kota Padang juga mengundang para Pendonor Darah Sukarela dari Kota Bukittinggi dan Solok yang juga menerima Penganugerahan Satyalencana Kebaktian Sosial dari Presiden RI beberapa waktu lalu di Jakarta. Selain itu UTD PMI Kota Padang memberikan penghargaan berupa cicin emas kepada Zainal Arifin karyawan yang telah mengabdi bekerja di UTD lebih dari 25 tahun.
Read more...

Temu Sukarelawan Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan Akan Digelar

Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi Sulawesi Selatan akan menyelenggarakan Temu Sukarelawan Palang Merah Indonesia tingkat Provinsi Sulawesi Selatan Tahun 2017 di Bendungan Benteng Kecamatan Patampanua Kabupaten Pinrang, Jumat-Selasa (10-14/03/2017).

Ketua PMI Provinsi Sulsel, Ichsan Yasin Limpo mengatakan, temu sukarelawan sebagai ajang bertemunya sukarelawan untuk bersama-sama memantau dan mengevaluasi pembinaan yang telah dilaksanakan PMI di masing-masing PMI kabupaten/kota.

Read more...

Peringati HUT Ke 41 Tahun Infolahta Kodam IM Gelar Donor Darah

Informasi dan Pengolahan Data (Infolahta) Komando Daerah Iskanda Muda (Kodam IM) bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Banda Aceh mengelar kegiatan donor darah di Unit Transfusi Darah (UTD) PMI Kota Banda Aceh, Senin (06/03). Kegiatan donor darah ini merupakan dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Infolahta Kodam IM ke 41 Tahun.

Infolahta Kodam IM melakukan bakti sosial donor darah dalam rangka Ulang Tahunnya yang jatuh pada tanggal 08 Maret 2017 yang bertemakan “dengan semangat Widyuta Awasara Anindyaguna kita wujudkan personel Infoolahta AD yang terlatih dan Profesional guna mendukung pelaksanaan tugas pokok TNI AD.”

Read more...

PMI Sumbar Buka Rekening, 28 Sukarelawan Dikirim Kepangkalan

Padang ,Palang Merah Indonesia (PMI) Sumbar telah memobilisasi sukarelawan sebanyak 28 orang terdiri dari 13 sukarelawan PMI Kota Bukittinggi, 4 dari PMI Kota Padang, 9 PMI Kota Padang Panjang dan 2 dari PMI Kabupaten Pasaman, tim tersebut menuju kelokasi yang terdampak longsor dan banjir di Kecamatan Pangkalan, Kabupaten Lima Puluh Kota, Sabtu (04/03/2017).
 
PMI akan berkoordinasi dengan Posko Utama setelah berada dilokasi dengan membawa peralatan Search And Rescue dan perlengkapan pertolongan pertama serta dukungan armada ambulans untuk membantu proses evakuasi, pertolongan dan melakukan Assesment selama dilokasi.
Read more...

Peringati Hari PMR : PMR MAN 3 Tangerang Tanam Mangrove

TANGERANG – Anggota PMR MAN 3 Tangerang, melakukan aksi menanam 1000 pohon mangrove di pesisir utara Kabupaten Tangerang tepatnya di wilayah pulau Cangkir Kecamatan Kronjo, Minggu (5/3). Aksi ini dilakukan guna menyelamatkan pantai dari abrasi.

Pembina PMR MAN 3 Tangerang, Rustam mengatakan, “Gerusan abrasi sangat ganas sehingga harus ada upaya penangkalan dengan cara yang alami, seperti penanaman mangrove,” katanya. Penanaman mangrove tersebut merupakan program PMR MAN 3 Tangerang dalam rangka menyelamatkan daerah pesisir dari abrasi sekaligus peringatan hari PMR.

Read more...
Subscribe to this RSS feed

Markas Pusat Palang Merah Indonesia

Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 96,  Jakarta 12790 - Indonesia

Telp. +62 021 7992325 Faks. +62 021 7995188  Email: pmi@pmi.or.id