Menu

 

A Member Of 

Bersama PMI, Mahasiswa FKep Unand dan STIKes Dharma Landbouw Gelar Simulasi Bencana

Padang, Fakultas Keperawatan Universitas Andalas (Unand) bersama Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKes) Dharma Landbouw menggelar simulasi Tanggap Darurat Bencana (TDB) bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi Sumatera Barat Minggu kemaren (22/1) diikuti 133 mahasiswa keperawatan, simulasi berlangsung di halaman kampus Fkep Unand Padang.

Panitia Pelaksana, Ns. Feri Fernandes.S.Kep.M.Kes.Sp.j, mengatakan, sebagai profesi perawat dituntut untuk profesional dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat dengan tanggap, cepat dan berkompeten, inilah dasar terlaksananya kegiatan simulasi bencana yang digelar Fkep Unand Padang.

Read more...

PMI Jalankan Pancasila In Action

Di seluruh wilayah Jawa Tengah, Palang Merah Indonesia (PMI) selalu berperan bersama pemerintah telah menjalankan edukasi sosial dengan tujuh prinsipnya. “Dengan tujuh prinsipnya, tanpa memandang latar belakang politik, agama dan lainnya, PMI sebetulnya juga menjalankan Pancasila in action, menjalankan nilai-nilai kemanusiaan,” ujar Wakil Gubernur Jawa Tengah Heru Sudjatmoko, saat membuka Musyawarah Kerja PMI Provinsi Jawa Tengah di Pusdiklat PMI-Semarang, Sabtu, 21 Januari 2017.
 
“Saat ada bencana, ada PMI. Ada kebutuhan darah ada peran PMI, sehingga tidak berlebihan bila PMI merupakan mitra pemerintah,” ungkap Heru yang juga didampingi H. Ahmad Darodji, anggota Dewan Kehormatan PMI Jateng dan dihadiri pula Ketua Bidang Organisasi PMI Pusat Sasongko Tedjo
Read more...

Tim Ambulan PMI Kota Bandung Unjuk Aksi Evakuasi

Insiden kecelakaan tunggal hebat terjadi di jalan RE. Martadinata kota bandung.  Sebuah mobil sedan menabrak pohon besar sehingga kendaraan sedan yang dikendarainya mengalami rusak parah dan menyebabkan pengemudinya terjebak didalam kendaraan tersebut.
 
Bersamaan dengan itu tampak warga yang posisinya tak jauh di lokasi kejadian melaporkan kejadian hal tersebut  ke Posko PMI Kota bandung untuk segera mengirimkan regu penolong dan Tim Ambulansnya. 
Kejadian ini bukanlah sebenarnya,  melainkan sebuah skenario dalam Simulasi yang digelar PMI Kota Bandung. 
Read more...

PMI Sumbar Kirim 4 Ton Bantuan dari Masyarakat Ke Pidie Jaya

Padang, Bantuan kemanusiaan dari masyarakat Sumatera Barat untuk korban gempa Aceh, kembali dikirimkan melalui Palang Merah Indonesia (PMI) Sumbar telah diberangkatkan ke Pidie Jaya. Rabu (11/1) sore.

Terhitung tanggal 10 januari 2017 update bantuan donasi kemanusiaan gempa Aceh melalui Posko Bantuan PMI Sumbar dari masyarakat Sumatera Barat sebesar Rp. 59.326.900, atas arahan dan kebijakan Pengurus PMI Sumbar, dana yang terkumpul tersebut dibelikan 400 paket School Kit (peralatan dan perlengkapan sekolah).

Read more...

Gandeng PMI Lampung, RS Mitra Husada Pringsewu Gelar Pelatihan Disaster Preparedness Plan

Rumah Sakit Mitra Husada bekerjasama dengan PMI Provinsi Lampung menggelar pelatihan Disaster Preparedness Plan. Pelatihan yang dibuka oleh Komisaris Utama PT. Mitra Husada Bersama, dr. Agung Mudapati, Sp.A ini, berlangsung sejak 9 – 12 Januari 2017 ini. Diikuti oleh 65 orang karyawan, pelatihan dilangsungkan di RS Setempat.

Ketua Tim Pelatih Disaster Preparednes Plan PMI Lampung, Arys Suharyanto mengatakan, pelatihan ini merupakan sarana keterampilan bagi individu dan kelompok khususnya RS Mitra Husada guna mengantisipasi terjadinya suatu insiden di lingkungan RS.

Read more...

Usai Pembibitan, PMI Siap Menanam 225.000 Mangrove Di Kabupaten Aceh Jaya

Aceh Jaya – Sebagai wilayah yang sebagian besarnya pernah dihancurkan oleh tsunami pada 26 Desember 2004, Aceh Jaya telah kehilangan banyak hutan pantai akibat bencana tersebut. Bangkit dari bencana tersebut, Palang Merah Indonesia (PMI) melakukan  program mitigasi terpadu di Kabupaten Aceh Jaya. Salah satunya dengan kegiatan penanaman kembali hutan pantai di pesisir Aceh Jaya. Secara simbolis penanaman mangrove dilakukan oleh Pengurus PMI Pusat, PMI Provinsi Aceh, PMI Kab. Aceh Jaya, serta Relawan PMI dan anggota SIBAT (siaga bencana berbasis masyarakat) di desa Ceunamprong pada Senin (9/1). Simbolis ini sebagai awal dimulainya program penanaman mangrove hasil pembibitan relawan dan sibat di Kabupaten Aceh Jaya.

Kegiatan penanaman ini merupakan bagian dari program PERTAMA (Pengurangan Resiko Terpadu Berbasis Masyarakat) tahap II dukungan dana dari Palang Merah Amerika dan USAID. Program yang berjalan mulai Januari 2016 hingga Desember 2017 ini diantaranya, Peningkatan kapasitas masyarakat melalui pembentukan Komite dan SIBAT, berbagai kegiatan pelatihan, pemetaan desa, HVCA, Kampanye Penyadaran Resiko Bencana (PRB) di masyarakat, pembuatan Peraturan Desa (PERDES) dan mitigasi skala kecil, serta penguatan hutan pantai melalui kegiatan penanaman mangrove dan cemara.

Read more...

PMI Situbondo Rehab Rumah Tidak Layak Huni dan Serahkan Bantuan Sembako

SITUBONDO: Dalam rangka melaksanakan program PMI di Tahun 2017 PMI Kab. Situbondo telah melakukan Rehabilitasi Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) dan Menyerahkan bantuan 100 paket Sembako di Desa Wonokoyo Kecamatan Kapongan pada 10 Januari 2017. Ini merupakan usaha untuk membantu meringankan beban hidup masyarakat tidak mampu.

Pada acara ini telah direhabilitasi 5 rumah tidak layak huni yang tersebar di 5 Kecamatan di wilayah Kabupaten Situbondo. Untuk Rehap rumah ini PMI Kab. Situbondo bekerja sama dengan GP ANSOR Kab. Situbondo. Adapun Peresmiannya dilakukan Oleh Bupati Situbondo, H. DADANG WIGIARTO, SH

Read more...

Penyerahan Donasi kepada Warga Aceh Terdampak Gempa

Bulan Desember tahun 2016 lalu, Indonesia kembali dirundung duka yang sangat mendalam. Tepat pada Rabui, 7 Desember 2016, gemap berkekuatan 6,5 SR kembali mengguncang tanah Serambi Mekah, tepatnya di wilayah Pidie Jaya, Aceh. Musibah ini menelan korban lebih dari 100 jiwa, ratusan korban luka berat dan ringan, serta lebih dari 40 ribu orang kehilangan tempat tinggal, ditambah dengan kerusakan infrastruktur yang tak dapat dihindari. Bantuan serta uluran tangan pun masih sangat dibutuhkan. Hingga hari ini (9/1) masih banyak warga yang membutuhkan bantuan untuk menata kehidupan kembali pasca musibah tersebut.

McDonald’s Indonesia sebagai salah satu perusahaan yang peduli dan sangat dekat dengan masyarakat Indonesia merasa bahwa saudara kita yang berada di Aceh masih membutuhkan dukungan baik secara moral maupun materi. Karenanya, melalui Palang Merah Indonesia (PMI) McDonald’s Indonesia memberikan donasi sebesar Rp 100.000.000 untuk diberikan kepada korban gempa di Pidie Jaya, Aceh.

Read more...
Subscribe to this RSS feed

Markas Pusat Palang Merah Indonesia

Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 96,  Jakarta 12790 - Indonesia

Telp. +62 021 7992325 Faks. +62 021 7995188  Email: pmi@pmi.or.id