Menu

 

A Member Of 

Forum Sibat : Bersahabat Dengan Bengawan Solo

Bengawan Solo merupakan sungai terpanjang di Pulau Jawa, yang melintasi Provinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur, dengan panjang mencapai 700 kilometer dan membentang di 29 kab-kota.
 
Tim Sibat (Siaga Bencana Berbasis Masyarakat) Palang Merah Indonesia (PMI) di sepanjang DAS-BS (Daerah Aliran Sungai Bengawan Solo) berkomitmen untuk mengurangi dampak bencana banjir dengan merawat dan melestarikan sungai. Melalui Temu Sibat Nasional II di Gunung Pancar – Bogor ini, terbentuk Forum Sibat Bengawan Solo (FORSBES).
Read more...

Vertiminaponik Solusi Ketahanan Pangan

Kota Surakarta yang dilalui oleh Daerah Aliran Sungai (DAS) Bengawan Solo menjadi wilayah program Community Flood Recilience (CFR) kerjasama dengan Zurich Insurance yang menitikberatkan pada pembentukan masyarakat tangguh banjir.
 
Vertiminaponik merupakan teknik mengabungkan antara bercocok tanam organik dengan budidaya ikan di dalam satu tempat. Siaga Bencana Berbasis Masyarakat (Sibat) dan PMI meningkatkan ketahanan pangan warga di daerah rawan banjir dengan memanfaatkan keterbatasan lahan.
Read more...

Tanam Mangrove, Panen Kepiting

Pengurangan risiko bencana dan dampak perubahan iklim di wilayah pesisir, menjadi salah satu tugas yang diemban PMI. Kabupaten Demak, menjadi wilayah program Pengurangan Risiko Bencana Terpadu Berbasis Masyarakat (PERTAMA) kerjasama ARC (American Red Cross – Palang Merah Amerika) dan OFDA-USAID.
 
Mangrove, menjadi salah satu pengembangan yang dilakukan oleh sukarelawan Siaga Bencana Berbasis Masyarakat (Sibat) di Desa Berahan Wetan, Desa Babalan, Desa Kedungmutih, Kecamatan Wedung. Program sejak 2015 hingga saat ini telah menanam lebih dari 125.000 batang mangrove.
Read more...

Sukarelawan SIBAT PMI Jakarta Kembangkan Sistem Peringatan Dini Banjir

Berbagai upaya inovasi sukarelawan Sibat PMI dalam mewujudkan kesiapsiagaan bencana yang ditampilkan diarena kegiatan Temu Relawan Siaga bencana berbasis masyarakat (Sibat) yang digelar di gunung pancar kabupaten Bogor. seperti yang dilakukan sejumlahi sukarelawan Siaga bencana berbasis masyarakat (Sibat) dari kontingen PMI provinsi Jakarta.
 
Mereka merancang alat sederhana untuk membangun early warning system banjir di Jakarta. Cukup dengan mengandalkan alat sederhana ini diharapkan dapat menerapkan upaya kesiapsiagaan warga masyarakat dalam menghadapi bencana banjir.
Read more...

1500 Sukarelawan SIBAT Se- Indonesia akan Berkumpul di Bogor

Sebanyak 1500 Sukarelewan Palang Merah Indonesia (PMI) se-Indonesia akan melakukan temu sukarelawan di Taman Wisata Gunung Pancar, Desa Karangtengah, Kecamatan Babakanmadang, Kabupaten Bogor pada 16-20 September 2017 mendatang.

Takhanya itu dalam kegiatan ini juga akan dihadiri dari perwakilan peserta dari Perhimpunan Palang Merah dan Bulan sabit Merah dari 5 negara sahabat seperti Palang Merah singapura (SRC),Palang Merah Hongkong (HRC), Palang Merah timur Leste (CVTL), Palang Merah Italia,dan Perwakilan Relawan dari Bulan Sabit Merah Malaysia.

Read more...

2000 Peserta Banjiri Perkemahan Jumbara dan Temu Karya di Lemdadika

Padang_Rabu (13/9/2017) di Bumi Perkemahan Lemdadika Kec. Lubuk Kilangan, kurang lebih dua ribu peserta dengan jumlah 43 kontingen terdiri dari Palang Merah Remaja (PMR), KSR dan TSR Kota, Padang mengikuti kegiatan Jumbara dan Temu Karya (Jumtek) PMI Kota Padang 2017. Kegiatan ini dimulai tanggal 13 September 2017 dan berakhir tanggal 17 September 2017.
 
Ketua PMI Sumbar diwakili Waka Bidang SDM dan Diklat, Jefrinal dalam sambutan pembukaannya mengatakan bahwa pembinaan generasi muda Palang Merah Indonesia (PMI) sangat penting untuk keberlanjutan organisasi PMI kedepannya. Tuturnya.
Read more...

PMI Kota Tangerang Sosialisasikan Imunisasi Campak Dan Rubella

Tangerang – Bertempat di Dinas Kesehatan Kota Tangerang, PMI Kota Tangerang menyelenggarakan kegiatan sosialisasi kampanye Imunisasi Campak dan Rubella, Rabu, (30/08).

Seperti diketahui, Pemerintah Pusat telah berkomitmen untuk mencapai eliminasi Campak dan Rubella (Measles and Rubella atau disingkat MR) pada tahun 2020, yaitu menurunkan angka kesakitan Rubella sebanyak 95% dari angka tahun 2008.

Read more...

Puting Beliung Melanda, Tujuh Keluarga Dibantu PMI

Bukittinggi – Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Bukittinggi serahkan bantuan langsung berupa perlengkapan sehari-hari seperti terpal, tikar, sarung, baju, handuk dan kebutuhan lainnya untuk korban bencana alam puting beliung yang melanda Kelurahan Tarok Dipo Kota Bukittinggi, Sabtu (26/8) lalu.

Bantuan tersebut, langsung diserahkan oleh Ketua PMI Bukittinggi, H.Chairunnas didampingi oleh Kepala Markas Ahmad Jais bersama petugas PMI Bukittinggi lainnya, Selasa (29/8). Bantuan tersebut langsung diberikan kepada korban yang terdampak sebanyak 7 Kepala Keluarga (KK).

Read more...
Subscribe to this RSS feed

Markas Pusat Palang Merah Indonesia

Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 96,  Jakarta 12790 - Indonesia

Telp. +62 021 7992325 Faks. +62 021 7995188  Email: pmi@pmi.or.id