Menu

 

A Member Of 

PMI Fokus pada Pengurangan Resiko Bencana Featured

PIDIE JAYA - Untuk meningkatkan kapasitas relawan PMI di bidang kesiapsiagaan bencana dan pengurangan risiko berbasis masyarakat dan sekolah, PMI Provinsi Aceh mengadakan Pelatihan Pengurangan Resiko Bencana kepada 17 relawan PMI Kabupaten Pidie Jaya Pelatihan berlangsung sejak 4-7 April 2017 di Gedung pnpm Kecamatan Meureudu dan dibuka oleh Sekretaris PMI Kabupaten Pidie Jaya Drs. H. Burhan Sulaiman.

“PMI berusaha memberikan pelayanan dengan cepat kepada masyarakat yang terkena bencana. Dengan pelatihan ini, relawan PMI diharapkan dapat meningkatkan ilmu dan pengetahuannya dan menularkan pengetahuannya kepada orang lain,” jelas Burhan.

Peserta pelatihan mendapatkan materi seperti kepalangmerahan, konsep pengurangan risiko Bencana, merancang program berbasis kompetensi, dan sebagainya. Para fasilitator pelatihan berasal dari PMI Provinsi Aceh. Melalui berbagai materi ini, relawan dibekali teknis pelayanan kepalangmerahan kepada masyarakat, terutama saat bertugas dalam bencana dan melakukan program pengurangan risiko berbasis masyarakat di lapangan.    

Para peserta juga diharapkan mampu menggerakkan anggota relawan PMI lainnya, kelompok sebaya masyarakat, dan masyarakat umum dalam program PRB (Pengurangan Risiko Bencana).

“Melalui pelatihan tersebut juga diharapkan menghasilkan Relawan yang memahami sekaligus dapat mempraktekkan konsep dan strategi PRB, serta menghadapi tantangan sebagai agent of change (agen perubahan) di masyarakat dalam upaya risiko bencana.

Setelah mengikuti pelatihan ini, relawan akan di mobilisasi di 5 desa dan 5 sekolah untuk melakukan kampanye pengurangan resiko bencana dalam rangka rangkaian kegiatan operasi pemulihan gempa bumi Pidie Jaya. N45

Untuk informasi lebih lanjut, dapat menghubungi: Nasruddin, Humas PMI Kab Pidie Jaya, Email: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.  

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated. HTML code is not allowed.

back to top

Markas Pusat Palang Merah Indonesia

Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 96,  Jakarta 12790 - Indonesia

Telp. +62 021 7992325 Faks. +62 021 7995188  Email: pmi@pmi.or.id