Menu

 

A Member Of 

Terjang Medan Ekstrim, Relawan PMI Distribusikan Bantuan Featured

Penyaluran bantuan logistik Banjir dan longsor yang menerjang sejumlah titik lokasi di Kabupaten Lebak terkendala oleh medan ektrim yang penuh dengan lumpur dan tanah akibat longsoran

Banyaknya akses jalan yang putus serta terbatasnya transportasi yang bisa digunakan, membuat penyaluran bantuan logistik ini membutuhkan waktu yang cukup lama untuk bisa tiba ke titik-titik lokasi pengungsian dan cukup menyulitkan.

“Saat ini relawan PMI terus berupaya menyalurkan bantuan kedaruratan ke titik lokasi terisolir, walaupun perjuangannya sangat berat sekali terlebih masih banyak akses jalan yang terputus dan banyaknya material lumpuran serta tidak adaya kendaraan transportasi khusus yang standar digunakan untuk menembus medan ekstrim” ujar Desi rachmawati, Plt kadiv Penanggulangan Bencana PMI Kabupaten Lebak, Rabu  (11/12).

Menurut dia bantuan yang dikirimkan saat ini untuk memenuhi kebutuhan masyarakat korban yang sampai saat ini masih mengungsi akibat bencana banjir bandang dan longsor. Bantuan juga diprioritaskan untuk korban yang lokasi terisolir atau sulit ditembus dikarenakan banjir bandang ini

Paska kejadian, relawan PMI diterjunkan ke lokasi melakukan upaya respon dan berkoordinasi dengan BPBD dan pemerintah setempat, serta TNI, Polri, Tim SAR untuk membantu proses evakusi serta melakukan pelayanan kesehatan pertolongan pertama.

“Saat ini kita sudah mendistribusikan bantuan kedaruratan dukungan PMI Provinsi berupa paket hygienis kit, family kit, terpulin yang dipimpin langsung dalam proses distribusinya oleh ketua PMI kabupaten lebak,” jelasnya.

Berdasarkan informasi yang dihimpun di lapangan, hujan lebat yang mengguyur beberapa wilayah di Kabupaten Lebak menyebabkan banjirbandang yang disebabkan luapan aliran sungai cimadur.

Selain itu, hujan lebat juga menyebabkan longsor di kecamatan Bayah yang menimpa tiga kampung diantaranya Sukajaya, Hergamanah dan Bayah. Sementara itu, longsor juga terjadi di kampung Panggeleseran dan Ciusul yang berada di Kecamatan Cibeber.  

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated. HTML code is not allowed.

back to top

Markas Pusat Palang Merah Indonesia

Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 96 Jakarta - Indonesia  Telp. +62 021 7992325 Faks. +62 021 7995188  Email: pmi.or.id,  Laman: www.pmi.or.id

Jumlah Pengunjung

214517