Menu

 

A Member Of 

Logistik Habis, 11 Pendaki Gunung Gede – Pangrango Dievakuasi Featured

Sebanyak 11 pendaki di kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP), Sukabumi, terpaksa harus dievakuasi tim SAR gabungan, karena ada yang sakit dan juga  kehabisan logistik. Mereka dievakuasi melalui jalur pendakian Salabintana, Senin (10/4/2017).

Dua pendaki di antaranya dalam kondisi sakit, sehingga pendaki atas nama Dini Ariyanti terpaksa harus ditandu. Tim yang terlibat dalam proses evakuasi tersebut yakni relawan Volunteer Panthera, PMI, dan dibantu satu anggota Pramuka Peduli.

Humas PMI Kabupaten Sukabumi Atep Maulana menjelaskan, dari 11 orang, sembilan pendaki dalam kondisi baik. Penjemputan tersebut dilakukan setelah sebelumnya lima anggota Volunteer Panthera mengetahui keberadaan terdamparnya 11 pendaki pada Minggu, (9/4) sekitar pukul 20.00 WIB.

“Semua pendaki selamat, meski ada dua orang sakit. Cuaca cukup mendukung untuk proses evakuasi. Kami masih dalam proses perjalanan turun,” terang Atep.

Sebelum dievakuasi, rombongan pendaki berjumlah 13 orang itu naik melalui jalur pendakian Gunung Putri, Bogor, Jumat, (7/4/2017). Namun saat perjalanan pulang pada Minggu, (9/4) salah satu pendaki mengalami sakit berupa keram hingga beberapa kali terjatuh.

Mereka pada Minggu sore menghubungi petugas. Karena rombongan tersebut sudah kehabisan logistik dan diguyur hujan, pendaki sakit bertambah satu orang.

Setelah mendapatkan laporan tersebut tim relawan langsung memetakan lokasi tempat terakhir para pendaki tersebut. Titik kumpul belasan pendaki tersebut ada di wilayah Cigeber dengan ketinggian di atas 1.300 meter dari permukaan laut.

Untuk informasi lebih lanjut, dapat menghubungi: Atep Maulana, Humas PMI Kab. Sukabumi, Hp: 085659103056

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated. HTML code is not allowed.

back to top

Markas Pusat Palang Merah Indonesia

Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 96,  Jakarta 12790 - Indonesia

Telp. +62 021 7992325 Faks. +62 021 7995188  Email: pmi@pmi.or.id