Menu

 

A Member Of 

Hadiri Peresmian Gedung Pengungsian, Begini Harapan Bupati Kabupaten Bandung Featured

Gedung Pengungsian untuk warga Dayeuhkolot diresmikan (11/7) Gedung Pengungsian untuk warga Dayeuhkolot diresmikan (11/7)

Bupati Kabupaten Bandung, H.M. Dadang Naser, SH, M.IP, menghadiri peresmian gedung pengungsian. Beliau berharap, gedung baru ini dapat menjadi solusi saat bencana menimpa warga Dayeuhkolot pada khususnya.

“Alhamdulilah. Seperti yang kita ketahui, Kabupaten Bandung menduduki peringkat ke-4 nasional dalam wilayah kebencanaan. Semua bencana ada di kabupaten Bandung kecuali Tsunami. Dengan didirikannya gedung ini, dapat menjadi salah satu tempat warga mengungsi ketika bencana melanda. Hal ini menunjukkan sebuah upaya yang serius dalam penanggulangan bencana. Tak hanya dari PMI, yang telah mendirikan gedung ini. Namun ini juga bentuk kesadaran warga untuk antisipasi jika bencana terjadi,” Kata Dadang di Gedung Pengungsian, di Desa Dayeuhkolot, Kecamatan Dayeuhkolot, Kabupaten Bandung, Selasa (11/7/2017).

Beliau juga berpesan agar gedung yang memiliki luas sebesar 11 X 14 m itu, tak hanya digunakan saat bencana terjadi. Tapi, warga juga dapat memanfaatkannya untuk aktifitas warga.

“Mudah-mudahan tidak hanya dapat dimanfaatkan saat bencana terjadi. Tapi warga juga dapat memanfaatkannya untuk aktifitas warga lainnya, misalnya; penyuluhan kesiapsiagaan bencana, kegiatan PKK, dan lain sebagainya,” jelas Dadang.

Sementara itu, Lala Jalaluddin, Kordinator Lapangan Program Masyarakat Tangguh Banjir menuturkan bahwa selama ini jika terjadi banjir, warga Desa Dayeuhkolot tidak memiliki lahan pengungsian yang tepat yang mampu menampung 164 KK yang terdampak. Masjid dan beberapa fasilitas umum lainnya pun terpaksa menjadi hunian sementara mereka.

“Rumah warga berada 300 meter dari Sungai Citarum. Jika air sungai naik (biasanya setinggi 2 meter) warga terpaksa harus mengungsi ke tempat yang lebih aman. Jadi kita berharap dengan hadirnya gedung baru ini cukup representatif untuk dijadikan hunian singgah sementara. Apalagi sudah dilengkapi dengan sejumlah MCK yang baik, Ruang Cuci baju dan Memasak,” tutur Lala.

Peresmian ini juga dihadiri oleh Ketua Pengurus Pusat PMI bidan Penanggulangan Bencana Soemarsono M. Sudjak, perwakilan dari Federasi Internasional Perhimpunan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah (IFRC), Zurich Insurance Indonesia dan Internasional (Swiss) sebagai donatur utama pembangunan gedung ini.

“Kedepan, pemerintah juga akan membangun Pusat Kesehatan Desa (Puskesdes) dan MCK komunal disekitar gedung pengungsian ini. Tentunya akan semakin melengkapi dan bersinergi,” imbuhnya.

Untuk informasi lebih lanjut, dapat menghubungi: Lala Jalaluddin, Kordinator Lapangan Program Masyarakat Tangguh Banjir PMI Kab Bandung, Hp: 08112223039 atau Deden Tedy Suherman, Humas PMI Kab Bandung, Hp: 081223457945

Last modified onSelasa, 11 Juli 2017 08:09

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated. HTML code is not allowed.

back to top

Markas Pusat Palang Merah Indonesia

Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 96,  Jakarta 12790 - Indonesia

Telp. +62 021 7992325 Faks. +62 021 7995188  Email: pmi@pmi.or.id