Menu

 

A Member Of 

2,7 Juta Liter Air Bersih dari PMI untuk Masyarakat Featured

Hingga minggu pertama bulan oktober ini, masih terjadi kekeringan dan kekurangan air bersih dibeberapa wilayah di Jawa Tengah. PMI (Palang Merah Indonesia) Kabupaten-kota di Jateng hingga kemarin (8/10), telah menyalurkan lebih dari 2,7 juta liter air bersih kepada masyarakat.

Ketua PMI Jateng Sasongko Tedjo mengungkapkan bahwa persoalan kekeringan yang melanda beberapa wilayah Jateng memerlukan solusi permanen atau jangka panjang. “Selama belum ada solusi permanen, bantuan air akan terus ada,” katanya saat penyerahan bantuan air bersih dari PMI Jateng, PMI Solo, PMI Wonogiri, Perkumpulan Masyarakat Surakarta (PMS), dan corporate social responsibility (CSR) BRI Peduli di Desa Basuhan, Kecamatan Eromoko, Kabupaten Wonogiri, Rabu (8/10).

PMI Jateng tetap berupaya meringankan beban masyarakat dengan mengirimkan bantuan air melalui truk-truk tangki. “Di seluruh Jateng, kami telah memobilisasi 18 unit truk tangki. Khusus untuk Solo dan sekitarnya kami kerahkan sepuluh truk tangki agar distribusi air bersih cepat selesai,” ujarnya.

Kepala Desa Basuhan Sutini mengatakan, setiap kemarau tiba, warga terpaksa membeli air dari truk-truk tangki. Akibatnya, uang mereka terkuras hanya untuk membeli air. “Harga air di desa itu Rp 170.000/tangki volume 5.000- 6.000 liter. Setiap keluarga menghabiskan satu tangki hanya dalam dua pekan,” jelasnya.

Berdasar data Posko PB (penanggulangan bencana) PMI Jateng selain Purworejo, Wonogiri, Boyolali, Temanggung, Pati, Grobogan, Demak, Blora dan Surakarta, distribusi air bersih dilakukan PMI di Kabupaten Tegal dan Klaten.

Sugiman warga Sidorejo, Kabupaten Klaten, menyatakan rasa berterima kasihnya  atas bantuan air ini. “Terima kasih PMI, batuan ini dapat meringankan tanggungan saya, karena kalau beli harga sangat tinggi dan harus antri dulu sekitar empat sampai lima jam baru dapat air,” ujarnya.

Bantuan yang diberikan PMI selain bekerjasama dengan pemkab-pemkot, BPBD, PDAM dan dinas lain, juga dukungan dari berbagai organisasi/lembaga seperti Perkumpulan Masyarakat Surakarta (PMS), BRI Peduli, (LPB) Muhammadiyah, PT. Tirta Investama (Aqua Danone).

 

Untuk Informasi Lebih Lanjut, Silahklan Hubungi : M. Nashir Jamaludin, PMI Provinsi Jawa Tengah, Hp: 081228011455 - 081575629075, Email  : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated. HTML code is not allowed.

back to top

Markas Pusat Palang Merah Indonesia

Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 96 Jakarta - Indonesia  Telp. +62 021 7992325 Faks. +62 021 7995188  Email: pmi.or.id,  Laman: www.pmi.or.id

Jumlah Pengunjung

114297