Menu

 

A Member Of 

Keterampilan SDM PMI Tersertifikasi Nasional Melalui Uji Kompetensi Featured

Bersama LSP -PB, tim Wash PMI melakukan uji kompetensi Bersama LSP -PB, tim Wash PMI melakukan uji kompetensi
Keterampilan dan pelayanan air bersih, sanitasi dan promosi kebersihan Palang Merah Indonesia saat ini diuji menggunakan Skema Sertifikasi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP). Uji Kompetensi (UJK) bidang penanggulangan bencana sejak tanggal 28 Maret – 02 Mei diselenggarakan di Tempat Uji Kompetensi (TUK) Penanggulangan Bencana PMI Pusat di Jatinangor, Sumedang, Jawa Barat. Sebanyak 20 SDM PMI dari unsur staf dan relawan dari 15 PMI provinsi spesialis air bersih, sanitasi dan promosi kebersihan mengikuti sertifikasi.
 
Proses sertifikasi menjadi bagian dari Program Penguatan Kapasitas antar Wilayah yang diampu Divisi Kesehatan dan Sosial PMI Pusat dukungan Palang Merah Amerika. Fasilitasi dilaksanakan oleh Pusdiklat PMI Puat bersama Lembaga Sertifikasi Profesi Penanggulangan Bencana (LSP PB). 
"Peserta sertifikasi sebelumnya telah melaksanakan simulasi Tanggap Darurat Bencana di wilayah Kota Salatiga, untuk penguatan keterampilan menuju proses sertifikasi" ungkap Danus Raharjanto, staf Divisi Kesehatan dan Sosial PMI Pusat
 
“Seluruh jenjang dari skema sertifikasi WASH baik petugas, koordinator dan manajer akan diujikan melalui tahapan pra asesmen, uji kompetensi untuk menghasilkan rekomendasi bidang WASH yang sesuai dengan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) bidang PB” disampaikan Adi Pamungkas, Kabid Standarisasi LSP PB. Fasilitas PMI Pusat di Jatinangor dengan pusat air dan sanitasi darurat juga gedung Pusdiklat sangat ideal menjadi TUK bidang WASH. 
 
“Kali pertama TUK PB PMI Pusat di Jatinangor menjalankan uji kompetensi bidang penanggulangan bencana, pelayanan WASH yang menjadi andalan PMI akan lebih berkualitas dan terpercaya oleh penerima manfaat” tegas Nurman, Kabag Evaluasi dan Sertifikasi Pusdiklat PMI Pusat. Selain itu juga ditambahkan, TUK menjadi sarana PMI membina dan meningkatkan kualitas SDM, uji kompetensi ini melibatkan 4 orang asesor LSP PB berasal dari PMI dan teknisi WASH sebanyak 2 orang dari PMI provinsi.
 
PMI saat ini mempunyai 6 (enam) TUK PB tersebar di wilayah Indonesia yakni di PMI Provinsi Aceh, Sumatera Barat, Jatinangor, Jawa Tengah, Surakarta dan Manado. Seluruh SDM PMI maupun dari pihak mitra (pemerintah, swasta, masyarakat) dapat mendaftarkan diri dan mengajukan diri untuk di uji kompetensi dalam bidang penanggulangan bencana. 
 
Untuk informasi lebih lanjut, dapat menghubungi : Nurman, Kabag Evaluasi dan Sertifikasi, Pusdiklat PMI Pusat, Hp: 0813 27693660

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated. HTML code is not allowed.

back to top

Markas Pusat Palang Merah Indonesia

Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 96 Jakarta - Indonesia  Telp. +62 021 7992325 Faks. +62 021 7995188  Email: pmi.or.id,  Laman: www.pmi.or.id

Jumlah Pengunjung

857066