Menu

 

A Member Of 

Ratusan Warga Sabu Berhasil Operasi Katarak Featured

130 warga Sabu berbahagia matanya telah dapat melihat normal kembali, pasca operasi katarak gratis dari PMI - ICRC 130 warga Sabu berbahagia matanya telah dapat melihat normal kembali, pasca operasi katarak gratis dari PMI - ICRC

Sabu - Sebanyak 130 penderita katarak di Kabupaten Sabu Raijua, Nusa Tenggara Timur telah berhasil dioperasi dalam misi sosial dilakukan Palang Merah Indonesia (PMI) dan Palang Merah Internasional (ICRC) pada 11-14 Mei 2018.

"Jumlah penderita katarak yang telah berhasil dioperasi sebanyak 130 orang. Warga yang mengalami ganguan mata sudah bisa melihat kembali secara normal setelah mengikuti operasi katarak gratis," kata Plt. Kepala Divisi Kesehatan dan Sosial, Markas Pusat PMI, Eka Wulan Cahyasari.

Eka mengatakan 130 penderita katarak yang dioperasi merupakan warga tidak mampu dari enam kecamatan yaitu Kecamatan Sabu Raijua, Sabu Barat, Raijua, Sabu Timur, Sabu Tengah, Liae dan Hau Mehara.

Ia mengatakan 130 orang penderita katarak di kabupaten yang berbatasan dengan benua Australia itu dinyatakan layak dioperasi setelah melalui proses "screening" yang diikuti 700 orang penderita ganguan mata.

"Setelah melalui pemeriksaan ternyata yang harus dilakukan tindakan operasi sebanyak 130 orang sedangkan penderita lainnya hanya membutuhkan pengobatan," tegasnya.

Operasi katarak yang berlangsung di Kabupaten Sabu Raijua itu untuk menurunkan angka kebutaan yang diakibatkan katarak. Dimana menurut data dari Kementerian Kesehatan, jumlah penderita katarak di Provinsi Nusa Tenggara Timur mencapai 2,3 persen.
 
"Kami berharap dengan dilaksanakannya operasi katarak gratis mampu meningkatkan harapan dan produktifitas masyarakat dalam melaksanakan aktifitasnya setiap hari," tegas Eka.

Ia mengatakan kegiatan operasi katarak yang berlangsung selama empat hari di RSUD Sabu Raijua ini berlangsung sukses atas dukungan 11 orang dokter serta perawat RS Kartini Kupang, Dinas Kesehatan Sabu Raijua dan PMI kabupaten Sabu Raijua.

"Kegiatan ini disambut antusias oleh warga daerah itu," tegasnya.

Selain melakukan pemeriksaan mata juga dikuti dengan pembagian kacamata baca gratis terhadap 200 orang penderita ganguan mata di daerah itu.

Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi; Plt. Kepala Divisi Kesehatan dan Sosial, Eka Wulan Cahyasari, HP. 08176462902, atau Mahfud, Staf Divisi Kesehatan dan Sosial, HP. 08128338 9306

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated. HTML code is not allowed.

back to top

Markas Pusat Palang Merah Indonesia

Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 96 Jakarta - Indonesia  Telp. +62 021 7992325 Faks. +62 021 7995188  Email: pmi.or.id,  Laman: www.pmi.or.id

Jumlah Pengunjung

732891