Menu

 

A Member Of 

Kumpulkan Donasi Korban Gempa, Pahlawan Aspal GO-JEK Tur 1400 KM Featured

Retnawan Djoko Purnomo - mitra driver GO-JEK menyerahkan donasi yang diterima oleh Warjo, kordinator operasi PMI respon Lombok Retnawan Djoko Purnomo - mitra driver GO-JEK menyerahkan donasi yang diterima oleh Warjo, kordinator operasi PMI respon Lombok

Lombok, 6 September 2018 - Bencana gempa Lombok mengunggah Retnawan Djoko Purnomo - mitra driver GO-JEK untuk mengumpulkan pendapatannya dari nge-bid dari Jakarta - Lombok untuk didonasikan. Pakde Retnawan panggilan akrab pria berusia 52 tahun ini tetap semangat membantu sesama meski tidak lagi muda.

Gempa yang mengguncang Lombok berkali-kali sejak akhir Juli hingga Agustus 2018 membuat Pakde Retnawan terpanggil untuk membantu. “Saya masih punya tenaga, saya punya kendaraan, dan saya bisa bantu. Kenapa nggak?,” ujarnya. 
 
Guna membantu korban gempa lombok, Pakde Retnawan melakukan safari order dari Jakarta hingga Lombok. Dimana, pendapatan yang dia terima dari perjalanan sepanjang 1400 KM didonasikan kepada korban Gempa Lombok. 
Sepanjang perjalanan, kata Pakde Retnawan, dukungan dari sesama mitra driver dan kantor operasional GO-JEK sangat besar. “Di setiap kota para mitra selalu berinisiatif menjemput saya dan mengawal hingga kantor operasional. Bahkan, saat saya akan menuju kota lain mereka juga mengantar hingga batas kota. Dukungan seperti ini membuat saya semakin semangat,” kata Retnawan. 
 
Ia memulai perjalanannya dari Jakarta pada 28 Agustus 2018 lalu hanya dengan berbekal 1 buah ransel berisi pakaian, jaket dan rompi GO-JEK. Mampir di 19 kota di sepanjang Pulau Jawa dan Bali, Pakde Retnawan juga menyambangi komunitas yang ada di setiap kota. 
 
“Saat saya bertemu dengan komunitas GO JEK di setiap wilayah, mereka juga turut menyisihkan rejekinya untuk disampaikan kepada masyarakat Lombok. Kepedulian mereka sangat tinggi. Bahkan, saat saya di Magelang saya disambut sangat hangat seperti keluarga sendiri,” katanya.
 
Guna menyambung tali silahturahmi antar komunitas yang dia singgahi, Pakde Ernawan pun membuat sebuah grup whatsapp bernama Sahabat Lombok. Harapannya grup ini selalu aktif membantu bila ada bencana lagi.
 
Dukungan tak hanya datang dari rekan-rekan mitra dan tim GO-JEK, tetapi juga keluarga sendiri. “Keluarga saya 100% support dengan usaha saya ini. Supaya mereka tidak khawatir, saya terus berkomunikasi dengan istri, selalu mengirim foto juga. Pokoknya selalu update,” ungkap Pakde. 
 
Setelah menempuh perjalanan selama 6 hari, Pakde Retnawan berhasil mengumpulkan lebih dari Rp 4 juta yang akan dia donasikan kepada Palang Merah Indonesia NTB di kota Mataram. Tak hanya itu, dia juga akan meluangkan waktu selama 3 hari untuk ke lokasi paling terdampak untuk memberikan bantuan waktu dan tenaga. 
 
Aksi sosial Pakde Retnawan sebelumnya juga ditunjukkannya sungguh luar biasa ya sahabat PMI. 
Last modified onRabu, 05 September 2018 16:26

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated. HTML code is not allowed.

back to top

Markas Pusat Palang Merah Indonesia

Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 96 Jakarta - Indonesia  Telp. +62 021 7992325 Faks. +62 021 7995188  Email: pmi.or.id,  Laman: www.pmi.or.id

Jumlah Pengunjung

109860