Menu

 

A Member Of 

Ingin Cukupi Kebutuhan Darah, Palang Merah Timor Leste Sambangi PMI Featured

Ginandjar Kartasasmita, plh ketum PMI menyambut baik kedatangan Madalena Costa Soares, Ketua CVTL untuk study visit pengolahan darah PMI Ginandjar Kartasasmita, plh ketum PMI menyambut baik kedatangan Madalena Costa Soares, Ketua CVTL untuk study visit pengolahan darah PMI

Jakarta – Guna mampu memenuhi kebutuhan darah di Timor Leste, Palang Merah Timor Leste atau Cruz Vermelha de Timor Leste (CVTL) sambangi Palang Merah Indonesia (PMI) pada Jumat (16/11/2018). Bertempat di Markas Pusat PMI, ketua umum CVTL, Madalena F.M Hanjan Costa Soares, bertemu dengan Ginanjar Kartasasmita, Plh. Ketua umum PMI, untuk mempelajari sistem donor darah yang telah dilakukan oleh PMI.

Madalena mengungkapkan bahwa dirinya telah banyak mengetahui keberhasilan PMI dalam pengelolaan darah. Tak hanya itu, ia juga mengungkapkan bahwa ingin mengetahui bagaimana cara PMI dapat bersinergi dengan pemerintah dalam mencukupi kebutuhan darah. Serta, mempelajari bagaimana PMI memampu menjaring dan membina pendonor darah sukarela.

“Di Timor Leste, donor darah masih terpusat di satu rumah sakit saja. Sedangkan kebutuhan darah sangat tinggi. Belum lagi, kurangnya kesadaran masyarakat untuk mau berdonor darah rutin. Jadi, jika keluarganya membutuhkan, pasti akan mencari keluarganya untuk berdonor darah, melalui proses yang memakan waktu, sehingga seringkali tak tertolong. Karenanya kami ingin sekali belajar dengan PMI,” terangnya.

Ginandjar Kartasasmita mengungkapkan bahwa ia menyambut baik kedatangan CVTL yang hendak belajar mengenai pengolahan donor darah bersama PMI.

“Sebagai perhimpunan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah, sudah semestinya kita dapat saling bantu dan saling belajar bagaimana Palang Merah atau Bulan Sabit Merah bekerja di negaranya. PMI dan CVTL sudah sejak lama memiliki hubungan baik. Bahkan sudah sering melakukan peer to peer berbagai macam pelatihan, mulai dari penanggulangan bencana, pengembangan sumber daya, hingga komunikasi dan publikasi. Jadi kami sangat terbuka dengan maksud kedatangan rekan-rekan dari CVTL ini,” Ungkapnya.

Madalena bersama Sekretaris Jendral CVTL, Januario Ximenes, juga mengunjungi Unit Transfusi Darah (UTD) PMI yang berada di  Jl. Kramat Raya No. 47, DKI Jakarta, guna mempelajari secara langsung bagaimana proses pengambilan darah hingga proses skrining darah dilakukan.

“Rencananya CVTL akan belajar bersama PMI selama 6 bulan, untuk benar-benar memahami proses donor darah ini. Sehingga nantinya, kami bersama mentri kesehatan Timor Leste dapat bersinergi dalam mencukupi kebutuhan darah disana.” Imbuh Madalena.  

Last modified onSabtu, 17 November 2018 11:41

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated. HTML code is not allowed.

back to top

Markas Pusat Palang Merah Indonesia

Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 96 Jakarta - Indonesia  Telp. +62 021 7992325 Faks. +62 021 7995188  Email: pmi.or.id,  Laman: www.pmi.or.id

Jumlah Pengunjung

114297