Menu

 

A Member Of 

Uhuy! Komeng CS Kembali di Kirim PMI Ke Lokasi Bencana Featured

Palu- Komedian yang juga relawan PMI kabupaten bogor, Komeng ditemani komedian lain seperti Rudi Sipit, dan Idan Separo diterjunkan ke Sulawesi Tengah. Komeng ikut ke Sulteng untuk membantu dan memberikan dukungan kepada korban bencana gempa dan tsunami.

“Dengan kedatangan para komedian tersebut semoga menjadi hiburan dan dapat membantu terutama anak-anak dan nantinya Komeng dan rekannya bergabung dalam tim Psikososial Support (PSP),” kata Ketua Bidang Penanggulangan Bencana PMI Pusat Letjen (Purn) Sumarsono, Rabu (21/11).

Menurut dia, komedian tersebut sudah datang ke camp Garuda di Palu untuk bergabung bersama relawan PMI lainya yang sudah bertugas sebelumnya. Kedatangan Komeng dan teman-teman tidak lain untuk menghibur korban-korban gempa dan tsunami.

Sehingga keberadaan mereka di tengah-tengah korban gempa akan sangat membantu mempercepat pemulihan psikologis khususnya anak-anak. Seperti halnya yang sudah dilakukan di lokasi operasi lainnya antara lain bencana Lombok, mereka pun melakukan berbagai kegiatan “play theraphy” dengan bentuk kegiatan unik dan menarik kepada para pengungsi.

Dalam tugasnya itu, Komeng juga berkesempatan mengunjungi beberapa pelayanan yang sudah dilakukan PMI dibeberapa lokasi seperti camp pengolahan Air Bersih WASH, dapur umum, camp pengungsian terpadu. Selain itu mereka berkesempatan mengunjungi sekolah seperti sekolah “Lab Scholl” Kota Palu untuk berinteraksi dengan siswa dan menghibur dengan guyonan khasnya.

Sementara, Kepala Divisi Penanggulangan Bencana PMI Pusat Arifin M Hadi menambahkan saat ini untuk operasi masa pemulihan bencana di Palu, PMI terus fokus memberikan pelayanan di setiap sektor yang menjadi kebutuhan masyarakat pengungsi. “Untuk bencana di Sulteng ini PMI menargetkan pelayanan sampai dua tahun kedepan,” katanya.

Pelayanan PMI yang sedang dilaksanakan saat ini diantaranya seperti bantuan air bersih dan sanitasi kebersihan (WASH), hunian transisional, pelayanan kesehatan, PSP, promosi kesehatan dan pemulihan hubungan keluarga.

“Untuk bantuan kedepan dalam rehabilitasi dan rekonstruksi kita akan lakukan renovasi sumber air, pipanisasi, mata pencaharian (livelihood), pembangunan sekolah permanen, masjid permanen,dan pembangunan puskesmas,” kata Arifin.

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated. HTML code is not allowed.

back to top

Markas Pusat Palang Merah Indonesia

Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 96 Jakarta - Indonesia  Telp. +62 021 7992325 Faks. +62 021 7995188  Email: pmi.or.id,  Laman: www.pmi.or.id

Jumlah Pengunjung

114297