Logo
Print this page

Di Lereng Rinjani, PMI Pasang Instalasi Air Bersih Featured

Di Lereng Rinjani, PMI Pasang Instalasi Air Bersih
Sejumlah relawan Palang Merah Indonesia (PMI) dibantu warga harus rela bergulat menembus hutan belantara diketinggian lereng gunung rinjani dengan penuh perjuangan dengan jarak tempuh perjalanan sekitar enam kilo meter perjalanan untuk melakukan proses pipanisasi sumber air bersih yang rusak dan tertimbun material longsor pascagempa bumi di Lombok, NusaTenggara Barat (NTB).
 
"Upaya ini dilakukan untuk mendapatkan sumber air bersih yang akan dialirkan kesejumlah titik lokasi di dusun Melempo, desa Obel- obel, sambelia Lombok timur," ungkap Husni Koordinator WASH PMI Lombok Timur.
 
Menurutnya kegiatan ini dilakukannya untuk menjawab permasalahan warga selama ini yang masih mengalami kesulitan air bersih akibat pipa instalasi air yang digunakannya rusak dan mengalami kebocoran akibat dampak gempa yang mengguncang daerah tersebut.
 
“Dalam proses pemasangan pipanisasi ini  dibutuhkan perjuangan dengan menembus hutan belantara dan mendaki menapaki lereng gunung untuk sampai ke titik sumber air di lokasi,” tambahnya.
 
Ditambahkannya, dalam pengerjaanya dibagi dua tahap, tahap Pertama pemasangan dilakukan berjarak sepanjang 4 kilo meter, pada ketinggian 600 mdpl. Sedangkan pada tahap kKedua, dilakukan sepanjang 2 kilo pada ketinggian 420 mdpl. Sehingga Total 6 KM.
 
Ia menjelaskan, waktu tempuh perjalanan untuk meninjau lokasi saluran air yang terputus di sekitar lereng gunung Rinjani, memakan waktu cukup lama dengan berjalan kaki. Medan yang cukup terjal dan curam, menurutnya sangat mempengaruhi waktu perjalanan tim menuju lokasi.
Template Design © Palang Merah Indonesia. All rights reserved.