Menu

 

A Member Of 

Kesiapsiagaan dan Respon Kasus DBD, PMI Kerahkan Relawan Featured

Guna mengantisipasi dampak penyebaran Demam Berdarah Dengue (DBD) di sejumlah daerah, Palang Merah Indonesia (PMI) terus melakukan upaya langkah antisipasi pencegahan dan pemberantasan sarang nyamuk dengan melakukan himbauan kepada seluruh jajarannya dengan mengerahkan sumber daya relawan disetiap daerah untuk meningkatkan sosialisasi dan edukasi dalam pemberantasan sarang nyamuk (PSN).
 
"PMI Pusat telah mengedarkan surat himbauan kepada seluruh jajaran PMI lengkap dengan panduan teknis pelaksanaannya bagi PMI Provinsi dan kabupaten/ kota. Selain itu pihaknya mendorong PMI disetiap tingkatan untuk berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan setempat dalam rangka kesiapsiagaan & respon terhadap peningkatan kasus DBD," ungkap Pjs. Kepala Divisi Kesehatan dan Sosial, Markas Pusat PMI, Eka Wulan Cahyasari.
 
Ditambahkannya, menurut eka upaya yang dilakukan dapat berupa menggerakkan relawan PMI untuk melakukan promosi kesehatan mengenai DBD untuk melakukan kegiatan kebersihan lingkungan khususnya pemberantasan tempat perkembangbiakan nyamuk. Melakukan gerakan 3M Plus, yakni menguras bak mandi (tempat penampungan air), menutup rapat semua penampungan air, dan memanfaatkan/ mendaur ulang barang bekas. Plus mencegah perkembangbiakan nyamuk yang bisa dilakukan dengan memelihara ikan pemakan jentik, memakai obat anti nyamuk, memakai kawat kasa pada jendela ventilasi, tidak menggantung pakaian dalam kamar, dan menaburkan bubuk larvasida ke tempat penampungan air yang sulit dibersihkan. 
 
PMI Juga memantau stok darah di Unit Donor Darah Provinsi/kab/kota dan mempromosikan masyarakat untuk berdonor darah serta mensiagakan tim ambulans untuk merujuk kasus ke Fasilitas Pelayanan Kesehatan terdekat.
 
Menurut eka upaya pencegahan 3M Plus perlu dilakukan dilingkungan keluarga dan masyarakat.  Setiap keluarga juga diharapkan lebih waspada terhadap kejadian dilingkungan sekitarnyta, apabila terasa demam tinggi mendadak yang bertahan 3-5 hari, disertai minimal salah satu tanda berikut: disertai dengan ruam/ bintik merah pada kulit, nyeri otot dan sendi, sakit pada kepala maka perlu segera memeriksakan diri ke Puskesmas atau fasilitas kesehatan terdekat.
 
"Selain dilingkungan keluarga, diharapkan peran aktif anggota Palang Merah Remaja/ PMR untuk memberikan edukasi disetiap sekolah, mulai dari SD, SMP sampai SMA dan setaranya mewaspadai DBD melalui kegiatan bakti PMR dan UKS,"kata eka.
 
Terpisah, dibeberapa daerah seperti contoh di wilayah kabupaten jember jawa timur, dan Kota Bogor Jawa Barat dan Kabupaten Banjarnegara Jawa Tengah, PMI sudah berperan aktif bersama pihak sekolah dan dinas kesehatan setempat melakukan promosi kesehatan, pembuatan perangkap nyamuk, pemeriksaan jentik, dan bekerjasama untuk melakukan pengasapan (fogging) dibeberapa lokasi endemik di lingkungan sekolah menyusul adanya laporan sejumlah siswa yang dinyatakan positif DBD  bahkan dilaporkan ada satu siswa yang meninggal akibat dampak virus yang disebarkan melalui nyamuk Aedes aegypti ini

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated. HTML code is not allowed.

back to top

Markas Pusat Palang Merah Indonesia

Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 96 Jakarta - Indonesia  Telp. +62 021 7992325 Faks. +62 021 7995188  Email: pmi.or.id,  Laman: www.pmi.or.id

Jumlah Pengunjung

140703