Menu

 

A Member Of 

Pemerintah China Turut Bantu Jayapura Featured

Jakarta, 22 Maret 2019 - Bencana kembali melanda Indonesia. Kali ini wilayah paling timur Indonesia, Kecamatan Sentani, Kota Jayapura, Papua tersapu oleh banjir bandang. Menurut Sutopo Purwo Nugroho, Kapusdatin Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), banjir bandang itu terjadi pada Sabtu (16/03/2019) disebabkan oleh hujan dengan intensitas yang tinggi serta factor lainnya yakni rusaknya daerah resapan air di Pegunungan Cycloop.

Hingga 20 Maret 2019, BNPB mencatat bahwa 104 orang meninggal, 160 terluka, dan 79 orang hilang dan 9.691 orang mengungsi. Bantuan yang kini masih menjadi kebutuhan anatara lain Air bersih, Makanan siap saji, MCK, Terpal, Selimut, Matras, Hygiene Kit, Obat-obatan, Peralatan dapur dan Genset.

Bupati Kabupaten Jayapura telah menetapkan masa tanggap darurat selama 14 hari terhitung mulai 16 – 29 Maret 2019. Daerah yang terdampak bencana, bukan hanya Distrik/Kecamatan Sentani saja, ternyata 5 distrik yaitu Distrik Sentani, Waibu, Sentani barat, Ravenirara, dan Depapre. Sementara itu Gubernur Papua telah menetapkan tingkatan bencana  ini adalah bencana darurat provinsi karena terjadi di Kabupaten Jayapura dan Kota Jayapura.

Pada tanggal 22 Maret, Minister-counsellor Kedutaan Besar China Bapak Sun Weide menghadiri upacara penyerahan donasi ke Markas Pusat Palang Merah Indonesia untuk memberikan bantuan darurat  senilai US$100.000 dari Palang Merah China kepada Palang Merah Indonesia. Bantuan untuk memfasilitasi upaya Indonesia dalam penanggulangan bencana banjir di Sentani, Papua. Pelaksana Harian Ketua Umum PMI Ginandjar Kartasasmita menerima bantuan atas nama PMI dan memberikan sertifikat sumbangan kepada pihak China.

Minister-counsellor Sun mengatakan bahwa Pemerintah dan rakyat China menaruh banyak perhatian terhadap banjir Santani yang menyebabkan kerugian harta benda serius dan menelan banyak korban. Ketua China Xi Jinping telah menyampaikan rasa belasungkawanya kepada Presiden Joko Widodo. Beliau atas nama pemerintah dan rakyat Tiongkok menyampaikan duka cita sedalam-dalamnya atas korban jiwa yang ditimbulkan oleh bancana, mengucapkan belasungkawa setulus-tulusnya kepada keluarga para korban yang sedang ditimpa musibah. Kami berkeyakinan bahwa di bawah kepemimpinan Presiden Joko Widodo dan pemerintah Indonesia, rakyat Indonesia pasti dapat bangkit kembali dan membangun kembali rumahnya. Begitu pula dengan Anggota Dewan Negara dan Menterian Luar Negeri China Wang Yi yang sudah menyampaikan pesan serupa kepada Menteri Luar Negeri Retno.

Dinyatakan Minister-counsellor Sun bahwa China dan Indonesia merupakan negara tetangga bersahabat yang saling membantu.  Untuk memfasilitasi upaya penanggulangan bencana banjir Papua, Palang Merah China telah memutuskan untuk menyumbangkan bantuan kemanusiaan senilai 100.000 USD dalam bentuk tunai kepada PMI. Kedutaan Besar Tiongkok ditugaskan untuk menyerahkan bantuan tersebut. Dipercaya bahwa di bawah kepemimpinan kuat pemerintah Indonesia dengan upaya bersama PMI dan lembaga yang lainnya, rakyat Indonesia pasti dapat mengatasi kesulitan dan segera memulihkan aktivitas produksi dan kehidupan masyarakat yang normal. Pihak China bersedia memberikan bantuan terus sesuai dengan kebutuhan pihak Indonesia dalam penyelamatan bencana dan rekonstruksi pascabencana. 

Pelaksana Harian Ketua Umum Ginandjar menyampaikan ucapan terima kasih atas belasungkawa dan dukungan yang diberikan oleh pemimpin negara China kepada pemerintah dan rakyat Indonesia. Ginandjar menyatakan bahwa China adalah negara pertama yang memberikan bantuan kepada daerah-daerah yang terkena bencana di Sentani Papua melalui PMI. China selalu memberikan bantuan pada waktu pertama saat terjadinya bencana alam besar gempa lombok, tsunami palu dan Selat Sumda pada tahun yang lalu. Atas nama warga terdampak bencana, PMI menyampaikan terima kasih yang tulus ikhlas atas persahabatan yang mendalam pihak China. Ginandjar juga memperkenalkan situasi banjir terkini dan pekerjaan penyelamatan PMI saat ini. 

Last modified onMinggu, 31 Maret 2019 13:24

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated. HTML code is not allowed.

back to top

Markas Pusat Palang Merah Indonesia

Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 96 Jakarta - Indonesia  Telp. +62 021 7992325 Faks. +62 021 7995188  Email: pmi.or.id,  Laman: www.pmi.or.id

Jumlah Pengunjung

152422