Menu

 

A Member Of 

PMI Gelar Apel Siaga Lebaran 2017

Untuk membantu kelancaran arus mudik lebaran tahun 2017, Palang Merah Indonesia (PMI) menggelar Apel Siaga Lebaran 2017 di Markas Pusat di Jakarta Kamis (15/06). Apel Siaga Lebaran PMI ditandai dengan pelepasan tim pos pertolongan pertama beserta armada ambulans oleh Pelaksana Harian (Plh) Ketua Umum PMI Ginandjar Kartasasmita.  
 
Dalam siaga lebaran kali ini, PMI menyiapkan 328 ambulans, sebuah helikopter untuk bantuan cepat, 529 Pos Pertolongan Pertama (PP) dan sekitar 7.810  personil yang terdiri dari tenaga dokter, sukarelawan dengan skil pertolongan pertama, dan paramedis. Seluruh personil akan bertugas pada H-7 sampai H+7 lebaran.  “Tim Pos PP PMI akan bertugas memberikan pelayanan medis di tempat yang rawan kecelakaan dilalui pemudik, terminal bis, stasiun kereta api, pelabuhan, tempat wisata atau rekreasi dan dilaksanakan sejak H-7 hingga H+7. Sebagian besar pos PP PMI akan bekerjasama dengan instansi lain seperti kepolisian, dinas kesehatan, dinas perhubungan, dan lainnya,” jelas Ginandjar.
Read more...

Sindo Trijaya dan PMI Lakukan kerjasama di Bidang Kemanusiaan

Radio Sindo Trijaya dan Palang Merah Indonesia (PMI) melakukan kerjasama di bidang kemanusiaan. Kerjasama ini ditandai dengan penandatangan Nota Kesepahaman antara Radio Sindo Trijaya dan PMI yang diwakili oleh Bapak Deni Jan Sompie, Managing Director MNC Radio Networks dan Bapak Ritola Tasmaya, Sekretaris Jenderal PMI pada pagi hari ini, Kamis (06/04) di Kantor SIndo Trijaya.

Menurut Deni Jan Sompie, kerjasama ini dikarenakan PMI merupakan mitra potensial terutama bagi Sindo Trijaya untuk dapat terlibat dalam kegiatan kemanusiaan yang dilakukan oleh PMI.

Read more...

PMI Bantu Galang Dana untuk Pembangunan RS Indonesia di Myanmar

Palang Merah Indonesia (PMI) membantu pemerintah untuk menggalang dana pembangunan Rumah Sakit (RS) Indonesia di Rakhine Myanmar. Bantuan PMI adalah dengan membuka rekening kemanusiaan di dua rekening, yaitu Bank Mandiri 070-00-1100100-0 dan BCA 2063003344.

Dijelaskan Sekretaris Jenderal PMI, Ritola Tasmaya, pembangunan RS Indonesia ini merupakan inisiasi dari pemerintah. Sebagai perhimpunan nasional di Indonesia, PMI bertugas untuk membantu pemerintah (auxiliary to government).

“Tugas PMI adalah membantu pemerintah. Jadi ketika ada permintaan dari pemerintah agar PMI membantu menggalang dana untuk pembangunan RS Indonesia di Myanmar, tentunya kita siap membuka rekening kemanusiaan ini,” jelas Ritola Tasmaya.

Selain PMI, penggalangan dana untuk pembangunan RS Indonesia ini juga dilakukan organisasi Medical Emergency Rescue Committee (MER-C). Rekening kemanusiaan PMI untuk pembangunan RS Indonesia ini akan dibuka selama 3 bulan dan dapat diperpanjang jika diperlukan.

 

Untuk informasi lebih lanjut: Aulia Arriani, Kepala Biro Humas Markas Pusat PMI, Hp. 0816 795 379 atau Anggun Permana Sidiq, Relasi Media Markas Pusat PMI, Hp. 0856 97777 313. 

Read more...

Inovasi dan Kemitraan, Kunci Hadapi Tantangan Membangun Masyarakat Tangguh Bencana

Banjir menyebabkan kerusakan lebih besar dari bencana alam lainnya di seluruh dunia dan dapat menimbulkan beberapa kerugian besar baik di sektor ekonomi, sosial dan kemanusiaan. Indonesia telah mengalami 141 bencana yang tercatat antara tahun 2005 sampai 2014, dengan perkiraan beban keuangan sekitar USD 11 miliar.

Dalam konteks lokal, masyarakat sipil Indonesia sedang mengembangkan berbagai solusi inovatif untuk beberapa masalah yang mereka hadapi. Tetapi sangat sering innovator-inovator ini harus berjuang keras untuk mendapatkan pengakuan dan dukungan yang diperlukan untuk merealisasikan inovasi mereka di kemudian hari. Oleh karena itu, Gerakan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah, bersama dengan mitra mitranya berusaha untuk menemukan dan mendukung pendekatan-pendekatan baru untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan kemanusiaan dan pembangunan, dan berusaha memastikan bahwa masyarakat lokal dan yang terkena dampak yang akan memimpin proses.

Read more...

PMI Laksanakan Penganugerahan Satyalancana Kebaktian Sosial untuk Donor Darah Sukarela 100 Kali

Palang Merah Indonesia (PMI) menggelar kegiatan Penganugerahan Satyalancana Kebaktian Sosial untuk Donor Darah Sukarela (DDS) 100 Kali. Kegiatan tersebut akan dilaksanakan di Hotel Millenium Jakarta, 19 Februari 2017, sekira 18.30 WIB. Penghargaan kepada DDS 100 kali merupakan bentuk apresiasi PMI kepada mayarakat.

Pada perhelatan tahun ini, sebanyak 846 pendonor darah sukarela dari 15 Provinsi di Indonesia akan mendapatkan Penghargaan Satyalancana Kebaktian DDS 100 Kali dari negara. Peghargaan Satyalancana tersebut akan diberikan oleh Wakil Presiden Republik Indonesia (RI), Jusuf Kalla, mewakili Presiden RI, Joko Widodo.

Read more...

Mukernas PMI 2017: “Kemandirian dan Keberlanjutan”

Untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat melalui berbagai program kerja, Palang Merah Indonesia (PMI) menggelar Mukernas tahun 2017 dengan mengusung tema “Kemandirian dan Keberlanjutan” pada 18/02, di Millenium Hotel.

Menurut Pelaksana Harian (Plh) Ketua Umum PMI, Ginandjar Kartasasmita mengatakan, tema Mukernas Tahun 2017 adalah Kemandirian dan Keberlanjutan PMI, dimaksudnya memberikan semangat kepada seluruh jajaran PMI di semua tingkatan.

Read more...

PMI Bagikan 2000 Kacamata di Talaud

Untuk membantu masyarakat akan kebutuhan Kesehatan Mata Palang Merah Indonesia bekerjasama dengan Astra Internasional membagikan 2000 Kacamata Gratis bagi warga Di Kecamatan Beo, Kab. Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara, Sabtu (21/01).
 
Menurut Kepala Divisi Kesehatan PMI Pusat, Dr. arfan Faturrahman mengatakan, program ini merupakan salah satu bentuk kepedulian PMI untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dalam hal membaca dan membantu aktivitas siswa dalam proses belajar terutama Di Wilayah perbatasan.
Read more...

PMI Lakukan Pemulihan Mata Pencaharian dan Tempat Tinggal serta Kesehatan Warga

Palang Merah Indonesia (PMI) memulai kegiatan pemulihan dini untuk membantu masyarakat Aceh yang tertimpa bencana gempa bumi Pidie Jaya Aceh. Kegiatan ini dilakukan pascarespon tanggap darurat Bencana yang telah berakhir Desember 2016 lalu. Operasi pemulihan dini PMI difokuskan pada dua kegiatan, yaitu pemulihan mata pencaharian dan tempat tinggal masyarakat melalui cash transfer program (CTP) serta kesehatan warga.

Dalam kegiatan CTP, PMI akan menyalurkan bantuan dana untuk membantu memulihkan mata pencaharian (livelihood) kepada 507 Kepala Keluarga (KK) yang terdampak gempa. Bantuan ini akan dilakukan di sembilan desa di Kecamatan Tringgadeng, Kabupaten Pidie Jaya. Dana yang diberikan akan dipergunakan untuk penyediaan kebutuhan dasar dan peralatan untuk menunjang mata pencaharian masyarakat.

Read more...

Toyota Indonesia Bantu Warga Terdampak Gempa Aceh Melalui PMI

Jakarta – PT. Toyota-Astra Motor (TAM) dan PT. Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) hari ini menyerahkan donasi sebesar 600 juta rupiah untuk membantu meringankan beban korban bencana gempa yang terjadi pada hari Rabu, 7 Desember 2016 lalu di Pidie Jaya – Aceh. Bantuan diserahkan oleh Vice President Director TMMIN Warih Andang Tjahjono dan Vice President Director TAM Henry Tanoto kepada Pelaksana Harian (Plh) Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) Ginandjar Kartasasmita di Kantor Pusat PMI di Gatot Subroto - Jakarta.
 
 “Kami keluarga besar Toyota Indonesia menyampaikan simpati yang mendalam kepada para korban gempa di Kabupaten Pidie Jaya – Aceh. Semoga bantuan kami yang tidak seberapa ini bisa mendukung upaya PMI untuk meringankan beban saudara-saudara kami di Aceh,” ujar Vice President Director TMMIN Warih Andang Tjahjono.
Read more...

PMI Terima Donasi Gempa Aceh dari Palang Merah China dan Triputra Group

Gempa yang melanda Kab. Pidie Jaya, Provinsi Aceh pada 07 Desember 2016 lalu, membuat para pihak yang peduli dengan korban menyumbangkan donasi melalui Palang Merah Indonesia (PMI). Hari ini, Selasa (13/12) akan menerima donasi untuk korban Bencana alam yang melanda wilayah Kab. Pidie Jaya, Provinsi Aceh berupa dana sebesar USD 100.000 dari Palang Merah China yang disampaikan oleh Perwakilan negara Tiongkok di Indonesia (Embassy of The People’s Republic of China) dan dana  sebesar Rp. 750 Juta dari Triputra Group. Kedua donasi ini akan diterima langsung oleh Pelaksana Harian (Plh) Ketua Umum PMI, Ginandjar Kartasasmita, di Markas Pusat PMI, Jakarta Selatan.

Terkait dengan donasi yang diberikan, Ginandjar mengatakan, PMI sangat berterimakasih atas bantuan yang diberikan oleh Palang Merah China dan Triputra Group melalui PMI. “kami mengucapkan terima kasih atas atas kepercayaan dari Palang Merah China dan Triputra Group untuk menyalurkan bantuan melalui PMI, yang akan kita salurkan melalui PMI Provinsi Aceh,” jelas Ginandjar.

Read more...
Subscribe to this RSS feed

Markas Pusat Palang Merah Indonesia

Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 96,  Jakarta 12790 - Indonesia

Telp. +62 021 7992325 Faks. +62 021 7995188  Email: pmi@pmi.or.id