Menu

 

A Member Of 

Mukernas PMI 2017: “Kemandirian dan Keberlanjutan” Featured

Untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat melalui berbagai program kerja, Palang Merah Indonesia (PMI) menggelar Mukernas tahun 2017 dengan mengusung tema “Kemandirian dan Keberlanjutan” pada 18/02, di Millenium Hotel.

Menurut Pelaksana Harian (Plh) Ketua Umum PMI, Ginandjar Kartasasmita mengatakan, tema Mukernas Tahun 2017 adalah Kemandirian dan Keberlanjutan PMI, dimaksudnya memberikan semangat kepada seluruh jajaran PMI di semua tingkatan.

“Kami ingin untuk terus meningkatkan kemandirian organisasi PMI dan melaksanakan program-program yang berkesinambungan dalam rangka mewujudkan Visi PMI  yaitu menjadikan “PMI berkarakter, Profesional, Mandiri dan dicintai Masyarakat.” Jelas Ginandjar.

Selain meningkatkan kemandirian melalui program kerja, PMI juga Tengah mengusung pentingnya perlindungan bagi tugas kemanusiaan dengan mengawal RUU Kepalangmerahan yang kini sedang dibahas di DPR.

“RUU Kepalangmerahan juga merupakan salah satu prioritas dari rencana kerja PMI, selama 70 tahun lebih, PMI belum memiliki RUU Kepalangmerahan yang berfungsi untuk melindungi pekerja kemanusiaan ketika mereka bertugas dalam menangani Bencana maupun konflik di Indonesia,” papar Ginandjar.

Di samping Mukernas tahun 2017, Pemerintah bersama dengan PMI juga akan memberikan penghargaan Satyalancana Kebaktian Sosial Donor Darah Sukarela (DDS) 100 Kali kepada 846 pendonor darah sukarela dari 15 Provinsi di Indonesia, yang akan dilakukan oleh Presiden RI, Joko Widodo.

Provinsi Jawa Timur menjadi penyumbang DDS terbanyak dengan 331 DDS, diikuti oleh Provinsi DKI Jakarta dengan 170 DDS, Jawa Barat 129, dan Jawa Tengah dengan 110 DDS.

Untuk Donor Termuda dan tertua tahun 2017 berasal dari Provinsi DKI Jakarta, atas nama Yadi Mulyadi, usia 33 Tahun. Sementara DDS tertua atas nama Antonius Israel Keparang dengan Usia 76 Tahun.

Keberadaan para DDS ini sangat membantu PMI untuk menyuplai kebutuhan darah secara nasional, yang mencapai sekitar 5 juta kantong darah. Saat ini, PMI dengan 212 Unit Transfusi Darah dan 125 Bis Donor Darah yang tersebar di 34 Provinsi telah berhasil menyuplai sekitar 4 juta kantong darah.

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated. HTML code is not allowed.

back to top

Markas Pusat Palang Merah Indonesia

Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 96,  Jakarta 12790 - Indonesia

Telp. +62 021 7992325 Faks. +62 021 7995188  Email: pmi@pmi.or.id