Menu

 

A Member Of 

Pemerintah Nagari Gandeng PMI Gelar Aksi Sosial

PASAMAN BARAT - Pemerintah Nagari gandeng Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Pasaman Barat gelar aksi sosial di Kelurahan Tapus Damai Ujung Gading, Kecamatan Lembah Melintang, Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat, Selasa (11/2018).

Ketua PMI Kabupaten Pasaman Barat, Hj.Yunisra Syahiran mengatakan, Pemerintah Nagari, begitu sebutan untuk kelurahan khas Sumatera Barat ini, bersama PMI melakukan aksi sosial berupa pemeriksaan kesehatan gratis dan donor darah.

Read more...

Banjir Rendam Puluhan Rumah, PMI Kota Pariaman Dirikan Dapur Umum

Pariaman – Banjir setinggi 1.5 meter merendam puluhan rumah di Desa Punggung Lading, Kecamatan Pariaman Selatan, pada Senin malam (10/12/2018). Akibatnya puluhan warga terpaksa mengungsi ke tempat pengungsian sementara.

Tingginya debit air sungai Batang Mangur, ditambah dengan intensitas hujan yang semakin meningkat, membuat sungai ini meluap dan menggenangi rumah yang berada dekat dengan muara sungai tersebut.

Read more...

Uhuy! Komeng CS Kembali di Kirim PMI Ke Lokasi Bencana

Palu- Komedian yang juga relawan PMI kabupaten bogor, Komeng ditemani komedian lain seperti Rudi Sipit, dan Idan Separo diterjunkan ke Sulawesi Tengah. Komeng ikut ke Sulteng untuk membantu dan memberikan dukungan kepada korban bencana gempa dan tsunami.

“Dengan kedatangan para komedian tersebut semoga menjadi hiburan dan dapat membantu terutama anak-anak dan nantinya Komeng dan rekannya bergabung dalam tim Psikososial Support (PSP),” kata Ketua Bidang Penanggulangan Bencana PMI Pusat Letjen (Purn) Sumarsono, Rabu (21/11).

Menurut dia, komedian tersebut sudah datang ke camp Garuda di Palu untuk bergabung bersama relawan PMI lainya yang sudah bertugas sebelumnya. Kedatangan Komeng dan teman-teman tidak lain untuk menghibur korban-korban gempa dan tsunami.

Read more...

Tingkatkan Kapasitas, PMI Kota Sukabumi Gelar Pelatihan Manajemen Tanggap Darurat Bencana

Untuk meningkatkan kapasitas para relawan dalam melaksanakan kegiatan operasi kemanusiaan respon terhadap bencana. Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Sukabumi menyelenggarakan kegiatan Pelatihan Manajemen Tanggap Darurat (MTDB) dan rangkaian Pelantikan  anggota muda Korps Sukarela (KSR) PMI Kota Sukabumi yang digelar pada tanggal 15-18 Nopember di Area Camp PTPN Goalpara, Sukabumi Jawa Barat.
 
“Kegiatan ini bertujuan meningkatkan kapasitas Relawan PMI dalam memobilisasi dan memberdayakan kapasitas khususnya di bidang kesiapsiagaan dan tanggap darurat bencana,” Ungkap Ketua PMI Kota Sukabumi, drh. H.Suranto Sumowiryo, didampingi Wk.Ketua, Zaini, dan Kepala Markas, Asep Priatna.
 
Read more...

Ingin Cukupi Kebutuhan Darah, Palang Merah Timor Leste Sambangi PMI

Jakarta – Guna mampu memenuhi kebutuhan darah di Timor Leste, Palang Merah Timor Leste atau Cruz Vermelha de Timor Leste (CVTL) sambangi Palang Merah Indonesia (PMI) pada Jumat (16/11/2018). Bertempat di Markas Pusat PMI, ketua umum CVTL, Madalena F.M Hanjan Costa Soares, bertemu dengan Ginanjar Kartasasmita, Plh. Ketua umum PMI, untuk mempelajari sistem donor darah yang telah dilakukan oleh PMI.

Madalena mengungkapkan bahwa dirinya telah banyak mengetahui keberhasilan PMI dalam pengelolaan darah. Tak hanya itu, ia juga mengungkapkan bahwa ingin mengetahui bagaimana cara PMI dapat bersinergi dengan pemerintah dalam mencukupi kebutuhan darah. Serta, mempelajari bagaimana PMI memampu menjaring dan membina pendonor darah sukarela.

Read more...

Pembangunan Huntara Masih Jadi Fokus Utama Di Lombok

Tiga bulan telah berlalu sejak gempa besar melanda Lombok. Sebagian besar masyarakat Lombok sudah bangkit. Kehidupan berangsur kembali normal. Rumah-rumah sudah didiami kembali. Aktivitas sudah berjalan seperti  sedia kala. Akan tetapi, banyak juga yang masih tinggal di tenda-tenda serta membutuhkan dukungan dan bantuan. Sebagian dari mereka tersebar di 5.626 shelter biasa dan 25 shelter khusus penyandang disabilitas yang dibangun Palang Merah Indonesia (PMI). Selain terpenuhinya kebutuhan sandang dan pangan, mereka ingin membangun kembali dan mendiami rumah mereka sendiri. PMI menjadikan pembangunan hunian sementara sebagai bagian dari program pentingnya.

Guna membantu PMI dalam bidang ini, Komite Internasional Palang Merah (ICRC) menyerahkan bantuan berupa 1.000 shelter toolkit kepada PMI untuk didistribusikan kepada warga yang membutuhkan, Rabu (14/11/2018) kemarin. Peralatan ini sangat dibutuhkan dalam proses pembangun kembali hunian mereka. Masing-masing paket terdiri atas palu, gergaji, golok, cangkul, sekop, gunting besar, kawat (25 meter), tali tambang (30m), paku atap (1/2 kg), paku sedang (1/2 kg) dan paku besar (1/2 kg). Paket tersebut diangkut dari Jakarta melalui jalan darat dan butuh waktu sekitar 5 hari sebelum tiba di Mataram.

Kepala Delegasi Regional ICRC untuk Indonesia dan Timor-Leste, Alexander Faite, menyatakan bahwa bantuan tersebut diharapkan akan bermanfaat bagi warga yang masih tinggal di tenda-tenda dan ingin membangun hunian sementara dengan bantuan PMI.

Read more...

JK Sambangi Camp Garuda PMI

Wakil Presiden Republik Indonesia HM Jusuf Kalla melakukan kunjungan kerja di Palu Sulawesi Tengah untuk memimpin rapat koordinasi penanganan pasca bencana dan meninjau kondisi hunian bagi warga korban bencana.
 
Jusuf Kalla yang juga Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) ini menyempatkan diri mengunjungi camp relawan PMI. "Terimakasih relawan. Terimakasih Palang Merah Italia dan  Federasi Internasional Perhimpunan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah (IFRC) atas kerjasamanya," ujarnya sembari menyalami relawan yang menyambut didepan camp yang terletak di jalan Garuda,  Palu.  (11/11)
 
Read more...

PMI Maksimalkan Akses Sanitasi di Shelter Layana

Palu - Palang Merah Indonesia (PMI)  terus berupaya memberikan pelayanan yang maksimal kepada korban terdampak gempa bumi, tsunami dan likuefaksi yang berada di shelter pengungsian. 
 
Selain mendirikan tenda yang dilengkapi dengan berbagai layanan terpadu seperti pemeriksaan kesehatan, layanan dukungan psikososial,  PMI juga memaksimalkan pembangunan fasilitas Mandi Cuci Kakus dan akses sanitasi. 
 
Read more...
Subscribe to this RSS feed

Markas Pusat Palang Merah Indonesia

Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 96 Jakarta - Indonesia  Telp. +62 021 7992325 Faks. +62 021 7995188  Email: pmi.or.id,  Laman: www.pmi.or.id

Jumlah Pengunjung

114298