INGATKAN MASYRAKAT DONOR DARAH, PMI BANJARNGERA OPTIMALKAN SIM DONDAR

Persediaan darah selama pandemi covid-19 sempat terganggu di Banjarnegara. Sejumlah upaya dilakukan guna menjaga persediaan darah aman, salah satunya dengan rutin mengingatkan masyarakat donor darah via aplikasi Simdondar.

Kepala Unit Donor Darah (UDD) PMI Kabupaten Banjarnegara dokter Agus Budi Susanto menjelaskan, saat ini persediaan darah berangsur normal menyusul penambahan jumlah donor. Peningkatan itu lantaran PMI Banjarnegara aktif mengingatkan masyarakat serta rutin mendatangi komunitas donor darah.

“Kami rutin mengadakan Mobile Unit Donor darah di beberapa kelompok donor hingga ke pelosok desa. Kegiatan Mobile Unit dan Donor Darah Sukarela dilaksanakan dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan seperti Cuci tangan, pakai masker dan jaga jarak,” ujar Agus, Kamis (10/9/2020).

UDD Banjarnegara juga mengoptimalkan Sistem Informasi Manajemen Donor Darah (SIMDONDAR) untuk mengingatkan donor darah. “Kami secara intens mengundang masyarakat yang sudah waktunya donor untuk datang. Kami ada aplikasi Simdondar,” kata Agus.

“Sudah stabil, antara persediaan dan kebutuhan rumah sakit sudah berimbang. Stok darah dipastikan aman dalam beberapa hari ke depan,” jelansya.

Agus menambahkan, PMI memastikan pelayanan donor darah dijalankan dengan protokol kesehatan yang ketat. Mulai dari tempat hingga petugas menerapkan standar kebersihan yang tinggi untuk menghindari kontaminasi virus.

“Masyarakat tak perlu khawatir, kami disinfeksi tempat donor darah secara rutin agar aman, kami juga memeriksa suhu dan meminta donor menggunakan masker. Petugasnya pun menggunakan APD sesuai kebutuhan,” tukasnya.

311

Leave a Reply