JELANG HUT TNI, PULUHAN RIBU PRAJURIT DONOR DARAH

Palang Merah Indonesia (PMI) melayani donor darah 86 kesatuan TNI di berbagai wilayah secara serentak, Selasa (22/9/2020). Palang Merah Indonesia (PMI) ditargetkan mengumpulkan 43.000 kantong darah dari kegiatan jelang hari jadi TNI ke-75 tersebut. Ketua Umum PMI dan Panglima TNI meninjau kegiatan di tengah pandemi ini secara langsung dan via daring.

Salah satu peran TNI di masa damai adalah ikut dalam upaya kemanusiaan. Upaya tersebut, kata Ketua Umum PMI Jusuf Kalla (JK), salah satunya adalah mendermakan darah untuk yang membutuhkan. Tidak kurang dari 500 prajurit terlibat dalam donor darah di Markas Besar (Mabes) TNI, Cilangkap, Jakarta Timur ini.

“Terima kasih sekali lagi sudah berperan dalam upaya kemanusiaan. Persoalan darah yang turun karena pandemi sedikit teratasi berkat bantuan TNI dan Polri,” kata JK saat meninjau kegiatan donor darah di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur bersama Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto.

Selain meninjau donor darah di Mabes TNI, JK juga meninjau donor darah di Markas Komando Pasukan Khusus di Cijantung, Jakarta Timur. JK dan Komandan Jenderal Kopassus Brigjen TNI Mohammad Hassan meninjau donor darah Grup 1 Serang, Grup 2 Solo, serta Batalyon 14 di Bogor. Selain menyelematkan nyawa orang lain, donor darah, kata JK, juga kebiasaan yang menyehatkan, terlebih bagi prajurit.

“Standar untuk warga sipil itu 250 cc darah untuk donor, tapi kalau prajurit saya lihat donor darah ada yang sampai 450 cc. Saya yakin prajurit kita sehat-sehat dan kuat,” kata JK.

Salah satu prajurit, Serka Imam Muajam (43) mengaku terbiasa donor darah. Imam sendiri tercatat mendonorkan hampir setengah liter darahnya dalam kegiatan tersebut. Ia mengatakan, hal itu tidak mengganggu kondisi tubuhnya selama sesuai anjuran petugas PMI.

“Mari donorkan darah. Karena selain sebagai amal, donor darah juga menyehatkan,” pesannya kepada masyarakat.

205

Leave a Reply