PENGURUSAN JENAZAH PASIEN COVID-19 SANGAT AMAN

PENOLAKAN terhadap jenazah oleh masalah diharapkan tak terjadi lagi. Pasalnya, serangkaian prosedur dilakukan terhadap jenazah dengan covid-19 oleh petugas khusus. Selain untuk mencegah penularan terhadap petugas, prosedur itu dilakukan untuk menjamin keamanan kesehatan masyarakat setempat.

Meski pengurusan jenazah dilakukan dengan prosedur ketat, pihak keluarga dibolehkan menyaksikan prosesi pemakaman dalam jarak yang aman dan menggunakan masker. Pihak keluarga yang menyaksikan prosesi itu juga dibatasi sesuai ketentuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

DISINFEKSI

Disinfeksi adalah pemusnahan bakteri atau patogen, biasanya dengan bahan kimia antiseptik. Prosee ini juga dilakukan terhadap jenazah dengan covid-19. Jenazah akan dibersihkan; dimandikan, tanpa dibuka pakaiannya; ditutupi semua lubang pada tubuh, seperti lubang hidung, telinga, mulut, luka terbuka dan lainnya; kemudian dikafani jika seorang muslim.

KANTONG JENAZAH KEDAP

Jenazah dimasukkan ke dalam kantong jenazah dan plastik sebanyak dua lapis, diikat rapat dan tidak tembus air. Setiap lapisan kantong jenazah telah didisinfeksi.

PETI KHUSUS

Peti yang dipakai berbahan kayu yang kuat dengan ketebalan minimal 3 cm. Peti dipaku di beberapa tempat dan disegel menggunakan silikon.

MOBIL JENAZAH KHUSUS

Jenazah diantar dengan mobil jenazah khusus dan ditangani oleh petugas terlatih.

JAUH DARI PEMUKIMAN

Lokasi pemakaman diupayakan berjarak minimal 500 meter dari pemukiman dan 30 meter dari sumber air tanah yang digunakan untuk minum, sehingga sumber air tidak akan terkontaminasi virus. Jenazah dikubur sedalam minimal 1,5 meter dan permukaan kubur ditutup dengan tanah setinggi 1 meter.

CEPAT DIMAKAMKAN

Jenazah harus segera dimakamkan untuk mencegah risiko penularan selanjutnya.

Nah, demikianlah proses yang dilakukan petugas khusus terhadap jenazah dengan covid-19. Jadi, jangan khawatir ya, karena sudah ditangani dengan baik dan aman. Hormati orang yang meninggal sebagai manusia bermartabat.

559

Leave a Reply