KETAHUI RHESUSMU SEDINI MUNGKIN

Apa yang kalian pikirkan jika disebutkan kata ‘Darah’? Pasti kalian akan membayangkan sebuah kecelakaan, donor darah, PMI, dan lain sebagainya.  Darah adalah komponen tubuh yang berfungsi vital didalam tubuh kita. Pada umumnya, masyarakat telah mengenal dengan baik golongan darahnya. Baik itu A, B, AB dan O. Tahukah kamu, bahwa tak hanya golongan darah yang harus kita ketahui. Namun Rhesus darah juga harus kita ketahui.

Apa itu Rhesus?

Rhesus adalah protein (antigen) yang terdapat pada permukaan sel darah merah. Sistem penggolongan berdasarkan rhesus ini ditemukan oleh Landsteiner dan Wiener tahun 1940. Ia membagi rhesus menjadi dua golongan, yakni Rhesus Positif dan Rhesus Negatif.


Di dalam sistem rhesus terdapat aturan khusus dalam urusan sumbang-terima darah. Pemilik rhesus negatif tidak boleh ditranfusi dengan darah rhesus positif. Kondisi ini bukan hanya menyebabkan tujuan tranfusi darah tak tercapai, tapi malah memperparah kondisi si penerima donor sendiri. Selain pada transfusi, rhesus juga perlu diperhatikan pada fase kehamilan. Jika ibu memiliki rhesus negatif dan ayah memiliki rhesus positif, maka memiliki kemungkinan risiko janin akan bermasalah karena rhesusnya berbeda dengan ibunya.

Mengenali rhesus khususnya rhesus negatif menjadi begitu penting, karena di dunia ini hanya sedikit orang yang memiliki rhesus negatif. Persentase jumlah pemilik rhesus negatif berbeda-beda antar kelompok ras. Pada ras Asia, persentase pemilik rhesus negatif jauh lebih kecil. Menurut data Biro Pusat Statistik 2010, hanya kurang dari satu persen penduduk Indonesia, atau sekitar 1,2 juta orang yang memiliki rhesus negatif. Dikarenakan persentasenya sangat kecil, jumlah pendonor pun amat langka, sehingga bila memerlukan donor darah agak sulit.

Oleh karena itu, terbentuklah sebuah komunitas darah yakni Rhesus Negatif. Komunitas rhesus negatif saat ini sudah tersebar di seluruh Indonesia, dari Aceh hingga Papua pun ada. Ingin kenal lebih jauh dengan komunitas ini? Atau ingin bergabung dengan komunitas ini? Ingin mengetahui lebih dalam mengenai Rhesus?

Ayo hadiri PMI Day yang akan berlangsung pada 24 dan 26 agustus 2015 di ICE BSD. Disana, Komunitas Rhesus Negatif Indonesia akan hadir dalam talkshow yang berjudul ‘Ketahui Rhesusmu Sedini Mungkin’, pada tanggal 24 Agustus 2015 pukul 12.00 Wib. Tak hanya talkshow, teman-teman juga dapat berdonor darah yang akan dimulai pukul 11.00-19.00 Wib. Daftarkan dirimu segera! Informasi event selengkapnya : http://www.pmi.or.id/index.php/component/k2/item/641-pmi-day.html

Untuk informasi lebih lanjut, dapat menghubungi : Aulia Arriani, Kabiro Humas PMI Pusat, Hp :0816795379, Pendaftaran Donor Darah : Ayi, Hp: 081315222592

298

Leave a Reply