KETUA PMI BANJARNEGARA TERPILIH: MODERNIASASI PELAYANAN KUNCI DICINTAI MASYARAKAT

Beragam pelayanan Palang Merah Indonesia (PMI) hadir di setiap situasi bangsa. Dalam situasi damai, konflik, tanggap darurat bahkan di masa pandemi, PMI terus berupaya melayani masyarakat dengan sepenuh hati. Modernisasi pelayanan serta kecakapan relawan dalam merespons situasi jadi kunci pelayanan optimal tersebut.

Seperti dikatakan ketua PMI Kabupaten Banjarnegara terpilih dr Amalia, modernisasi pelayanan merupakan bukti bahwa PMI tanggap dalam merespons perkembangan zaman. Modernisasi itu, lanjut Amalia, juga perlu diimbangi dengan pengembangan relawan yang berada di garda depan pelayanan kepada masyarakat.

“Rasa profesionalitas, peningkatan Sumber Daya Manusia, kecepatan respons serta jiwa kerelawanan harus selalu dipupuk dan ditanamkan sejak dini agar tercipta output pelayanan yang maksimal kepada masyarakat,” katanya usai ditetapkan sebagai pengurus baru PMI Banjarnegara periode 2020-2025, Senin (31/8/2020).

Amalia melanjutkan, selain modernisasi dan pengembangan kecakapan relawan, pemenuhan sarana dan prasarana juga perlu diupayakan agar pelayanan optimal. Hal itu, katanya, akan sangat menunjang performa relawan PMI dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Amalia mengingatkan, agar relawan PMI juga selalu berpegang teguh pada prinsip kepalangmerahan dalam setiap menjalankan tugas. Prinsip tersebut yakni kemanusiaan, kesamaan, kenetralan, kemandirian, kesukarelaan, kesatuan, serta kesemestaan.

Terakhir, Amelia mengapresiasi capaian pengurus sebelumnya. Ia berharap capaian tersebut dapat dilanjutkan agar lebih baik lagi.

Ketua demisioner PMI Banjarnegara Setiawan berterima kasih kepada seluruh Relawan PMI Banjarnegara yang telah berjuang bersama untuk kemanusiaan dalam kondisi apa pun.

“Pahit, manis, getir kita pernah rasakan bersama, dan ingat jangan pernah mengeluh terus menatap ke depan serta jangan pernah lelah menjadi relawan PMI, karena itu adalah sebuah pengabdian yang luar biasa,” paparnya.

Setiawan berharap di era kepengurusan yang baru, keberadaan serta kapasitas, ketrampilan dan sumber daya Relawan dapat terus ditingkatkan dalam berbagai sisi, “karena relawan adalah wajah PMI dan ujung tombak pelayanan di lapangan yang akan bersinggungan langsung dengan masyarakat dalam situasi dan kondisi apa pun,” tukasnya.

375

Leave a Reply