LELAH MUDIK, PIJAT DISINI!

Dalam rangka mendukung operasi ketupat siaga Lebaran tahun ini, PMI kabupaten Sukabumi meyiapkan 55 personil para sukarelawan PMI yang siap memberikan pelayan kesehatan di Pos pertolongan Pertama dan ambulans selama masa arus mudik dan arus balik 2015 di 5 titik jalur rawan kecelakan lalulintas, diantaranya jalur pertigaan jalur Cibolang, pertigaan Cikidang, Sukaraja,  Pelabuhanratu, dan Markas PMI sendiri.

Dalam kegiatan ini disetiap pos nya ditempatkan para Sukarelawan PMI yang sudah terlatih dalam penanganan pertolongan pertama kecelakaan yang dibekali perlengkapan dan obat-obatan pertolongan pertama standar. Takhanya itu 2 unit armada ambulans dan 1 mobil rescue di siagakan 24 jam dalam mendukung operasi ketupat lodaya tahun ini.


Untuk pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi, tak perlu khawatir kelelahan saat melakukan perjalanan mudik ke kampung halaman. Tahun ini Posko PMI Kab Sukabumi hadir dengan menambahkan berbagai fasilitas seperti bagi- bagi takjil, ruang istirahat, hingga pelayanan Pijat gratis yang merupakan kerjasama Tim Program Rumah Hati PMI dengan Ikatan Tunanetra Muslimin Indonesia.

“Untuk tahun ini kita sedikit beda dengan tahun sebelumnya,Selain membuka pelayanan kesehatan petolongan pertama pada kecelakaan, pihaknya membuka pelayanan tambahan yaitu membuka pos pelayanan Pijat gratis untuk memanjakan para pemudik yang kelelahan selama arus mudik dan balik,” ujar ketua PMI Kab. Sukabumi, Ayi Abdullah saat dikonfirmasi. Lebih lanjut Ayi menambahkan kegiatan siaga lebaran ini hal rutin yang dilakukan pihaknya setiap tahun sebagai partisipasi aktip dari PMI kabupaten Sukabumi dalam upaya mendukung pihak kepolisian khususnya dalam operasi ketupat siaga lebaran tahun ini.

Pihaknya menghimbau, bagi para pengendara motor agar berhati-hati dan melengkapi berbagai kelengkapan berkendaraan. Jika mengalami kelelahan berkendaran diusahakan tidak memaksakan diri bisa beristirahat sejenak di Posko PMI.

Dalam kesempatan ini pula, pihak PMI juga mensosialisaiskan dan mengajak kepada para masyarakat dan pemudik tentang aplikasi dengan platform android mengenai Pertolongan Pertama yang dapat dimanfaatkan dan mengunduhnya secara gratis.

Para pemudik bisa mengunduh aplikasi dengan mengklik tautan berikut; http://smarturl.it/PMIFirstAid

Aplikasi Pertolongan Pertama PMI ini sangat membantu para pemudik, terutama saat mereka harus membantu dirinya sendiri saat mengalami situasi kedaruratan terutama kecelakaan.

Untuk informasi lebih lanjut, dapat menghubungi : dr. Arfan Faturahman, Kepala Divisi Kesehatan PMI Pusat, HP. 0816 1696 881 atau Mahfud, Staf Divisi Kesehatan, HP. 0815 9443 198

60

Leave a Reply