MENGINTIP PERSIAPAN PESANTREN DALAM “NEW NORMAL”

Sukabumi – Pondok pesantren bersiap menghadapi tata kehidupan baru atau new normal di masa pandemi Covid-19. Di Kota Sukabumi, saat ini santri diharapkan kembali secara bertahap.

Lembaga Pesantren sudah menyiapkan diri, karena aktivitas pesantren juga harus dimulai. Termasuk para santri yang akan kembali ke pesantren untuk mulai belajar kembali.

“Kondisi ini menjadi perhatian tersendiri dari PMI Kota Sukabumi untuk terus menguatkan komitmennya dalam rangka membantu pemerintah melakukan sosialisasi dan promosi pentingnya menerapkan disiplin protokol kesehatan saat ini,”ujar Kepala Markas PMI Kota Sukabumi, Zaini, disela kegiatan sosialisasi AKB di pesantren yatim piatu dan dhuafa Ummi kulsum, Senin (6/6)

Dikatakannya, saat ini pihaknya terus mendorong setiap pesantren untuk menyiapkan berbagai prosedur dan sistem yang disesuaikan dengan protokoler kesehatan, seperti penyediaan tempat cuci tangan, hand sanitizer, masker hingga ruang isolasi mandiri bagi santri.

“Ada beberapa ruangan yang disiapkan untuk tempat karantina saat para santri datang,” kata Zaini.

Menurutnya, saat ini PMI Kota Sukabumi terus bergerak masif memberikan edukasi perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) menjelang penerapan adaptasi kebiasaan baru (AKB) atau new normal di kota Sukabumi. Salah satunya terus menyisir berbagai lokasi yang dianggap rentan penyebaran Corona seperti di Pondok Pesantren

Dikatakannya, pondok pesantren merupakan kelompok yang sangat rentan dan beresiko terhadap penularan Covid-19, untuk itu PMI memberi perhatian khusus dalam upaya pencegahan penyebaran di kelompok tersebut.

“Untuk itu salahsatu upaya yang dilakukan saat ini dengan menggelar kegiatan edukasi perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS), melakukan praktek cuci tangan pake sabun, serta penyemprotan disinfektan di sekitar pesantren” ucapnya

168

Leave a Reply