PENGASAPAN DAN SOSIALISASI 3M PLUS, UPAYA PMI JEMBER CEGAH DBD

Upaya pencegahan wabah demam berdarah terus dilakukan Palang Merah Indonesia (PMI) bersamaan dengan upaya pencegahan dan penanggulangan wabah covid-19. PMI Jember melakukan pengasapan ke sejumlah pemukiman warga Kepatihan RW 21, Kaliwates menyusul terjangkitnya beberapa warga setempat.

Respon cepat dilakukan PMI Jember dalam pencegahan wabah demam berdarah. Ketua PMI Jember Zaenal Marzuki mengatakan, sejumlah relawan diterjunkan dalam pengasapan serta sosialisasi pencegahan DBD. Di Kepatihan, enam relawan melakukan penyemprotan menyusul laporan dua warga setempat terjangkit DBD.

“Diketahui ada dua warga terjangkit DBD anak-anak usaia 3 tahun, dan wanita dewasa umur 56 tahun. Pengasapan ini untuk mencegah sekaligus memberantas nyamuk aedes aegypty penyebab DBD,” katanya beberapa waktu lalu.

Selain mengasapi wilayah pemukiman warga yang terjangkit, PMI Jember juga mengasapi wilayah dalam radius seratus meter titik penjangkitan. Sebelumnya, PMI Jember juga melakukan pengasapan di Desa Jubung, Mumbulsari, Kasiyan Puger, Tanggul Kulon, Sidomulyo Semboro, Gebang, dan di wilayah perkotaan seperti Sumbersari, Patrang dan Kaliwates.

“Semoga upaya ini dapat mempersempit penyebaran penyakit DBD,” kata Zaenal.

Kabupaten Jember diketahui menduduki peringkat ketiga kasus DBD di Jawa Timur. Berdasarkan data Dinas Kesehatan Jember, hingga Juni lalu warga terjangkit DBD mencapai 300-an orang. Karenanya upaya pencegahan dan pemberantasan perlu dilakukan secara masif untuk menekan penyebaran DBD.

“Hingga Juni tercatat sudah 2.072 rumah yang kami asapi,” katanya.

Zaenal mengatakan, upaya paling efektif mencegah penyakit DBD adalah membiasakan gerakan menguras atau memersihkan penampungan air, menutupnya, serta memanfaatkan kembali barang bekas yang bisa jadi tempat perkembangbiakan jentik nyamuk aedes aegypti. Gerakan itu, sambungnya, ditambah upaya tambahan lainnya seperti membiasakan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS).

“Gerakan ini biasa kita kenal dengan 3 M plus. Plusnya itu, ada memelihara ikan, menaburkan bubuk abate pada penampung air, dan PHBS,” tukasnya.

159

Leave a Reply