PMI ADAKAN DISEMINASI TERHADAP ANGGOTA SIBAT DALAM RANGKA PENANGANAN COVID19

Palang Merah Indonesia (PMI) Kecamatan Benda tingkatkan kapasitas Tim Sibat PMI Kelurahan dalam penangan Covid 19. Upaya ini dilakukan untuk melibatkan peran serta aktif masyarakat dalam upaya kesiapsiagaan dalam memutus mata rantai penyebaran virus Corona yang sudah mewabah saat ini.

“Peningkatan kapasitas peran Tim Sibat dalam penanganan covid 19 ini bertujuan untuk membantu pemerintah dalam upaya kesiapsiagaan dan penanganan dalam menghadapi pandemi covid 19 dengan berbagai upaya ikhtiar guna memutus penyebaran mata rantai penyebaran virus Corona diwilayah Kecamtan Benda saat ini,” ujar Ketua PMI Kecamatan Benda Hasbullah, S. Pd dalam sambutannya pada acara tersebut, Sabtu (20/10/20).

Sementara itu, Lurah Jurumudi Baru Chaeruddin yang sekaligus mewakili pemerintah Kecamatan Benda menyambut positif atas dibentuknya Tim Sibat PMI kelurahan siaga covid yang diinisiasi oleh PMI, menurutnya melalui peningkatan kapasitas peran Sibat ini akan mengetahui tugas dan peran masing masing dalam rangka kesiapsiagaan pandemi covid 19 ini.

Dalam pelaksanaannya lanjut Chaeruddin PMI banyak melibatkan partisipasi masyarakat demi ketangguhan masyarakat dalam menghadapi bencana. Oleh karena itu mari bekerja bersama-sama dengan pemda bersinergi memberikan edukasi dan pemahaman kepada masyarakat akan kesiapsiagaan menghadapi bencana baik bencana alam, bencana sosial maupun pendemi covid 19 di wilayah kecamatan Benda Kota Tangerang.’kata Chaeruddin.

Pemateri dari Markas PMI Kota Tangerang Adit Prasetya tengah memberikan materi dalam kesiapsiagaan covid 19, Dikatakannya, salah satu rencana dari dibentuknya Sibat PMI kelurahan tangguh bencana covid tersebut untuk mengoptimalkan peran masyarakat dan para relawan di kelurahan yakni anggota Siaga Bencana Berbasis Masyarakat (Sibat).

Keberadaan relawan ini yang akan berperan aktif di masyarakat sabagai motor dalam dalam upaya pengurangan risiko dan kesiapsiagaan covid 19 di masyarakat terutama dalam menyosialisasikan aturan dalam mengikuti protokol kesehatan dengan cara menerapkan 3M

Adit juga memberikan gambaran umum kondisi perkembangan covid di wilayah Kota Tangerang.

“Melalui peningkatan kapasitas peran Sibat PMI ini akan diatur peran dan tugas masing masing di wilayah serta mengatur siapa dan berbuat apa, dan rangkaian alur tahapan prosedur yang harus dilakukan dalam upaya kesiapsiaagaan covid saat ini,”kata Adit,

Dijelaskan Yopi Ketua Sibat PMI Kelurahan Belendung, pihaknya akan mengoptimalkan kegiatan kesiapsiagaan diantaranya melakukan penyemprotan disinfektan secara rutin, melakukan edukasi PHBS kepada warga secara mobile, pembagian masker gratis kepada warga masyarakat, serta pembagian paket Sembako bagi warga yang terdampak.

Sekretaris Pengurus PMI Kecamatan Benda Milawati, S. Pd menyebutkan sejumlah peserta yang hadir dalam acara ini adalah perwakilan dari Sibat PMI Kelurahan Belendung, Benda, Pajang, Jurumudi dan Sibat PMI Kelurahan Jurumudi Baru jumlah peserta 52 orang.

Dalam kegiatan ini mendapatkan dukungan dari Pemerintah Kelurahan Jurumudi Baru dan Yayasan Panca Harapan (YPH)”

147

Leave a Reply