PMI AKAN SALURKAN APD UNTUK TENAGA MEDIS DI DAERAH

JAKARTA – Kekurangan Alat Pelindung Diri (APD) masih dirasakan sejumlah tenaga medis di daerah. Kondisi tersebut mendorong sejumlah pihak berurun daya menyediakan APD bagi pahlawan kesehatan itu. Ribuan APD disumbangkan PT Bintang Toedjoe ke Palang Merah Indonesia (PMI), Rabu (22/4).

Sebanyak 2.000 APD diterima Palang Merah Indonesia dari PT Bintang Toedjoe. Ribuan APD dari produsen Extra Joss ini bakal didistribusikan ke tenaga medis di daerah. Ketua Umum PMI Jusuf Kalla menyebut, pihaknya bakal memberikan APD tersebut ke sejumlah rumah sakit di daerah.

“Sesuai kebutuhan, misalnya di daerah-daerah. Karena di pusat kan sudah disuplai pusat. Di daerah kadang belum sampai,” kata pria yang akrab disapa JK ini.

Selain bagi tenaga medis, penggunaan APD juga dinilai penting bagi relawan PMI. Pasalnya, lanjut JK, relawan PMI setiap hari bergelut dengan aktivitas disinfeksi.

“Aktivitas semprot disinfektan, mengandung kimia. Kalau sekali dua kali gak papa tanpa APD, tapi mereka setiap hari,” lanjut JK.

Presiden Direktur PT Bintang Toedjoe Simon Jonatan mengatakan, kerjasama dengan PMI rutin dilaksanakan pihaknya tiap tahun. Biasanya, kata Simon, kerjasama tersebut berbentuk pengumpulan pendonor darah.

“Kali ini ada keadaan darurat nasional soal corona. Jadi, extra Joss melakukan kegiatan menyumbang 2.000 APD untuk pejuang kesehatan di rumah sakit, karena banyak kan berita bahwa pejuang kesehatan di garda terdepan itu kekurangan Alat pengaman diri yang representatif,” katanya.

56

Leave a Reply