PMI BANTU EVAKUASI PENDAKI SEMERU

Berita duka kembali datang dari gunung yang menjadi idola para penggiat pendaki gunung. Dua Orang pendaki tertimpa batu besar yang jatuh dari puncak gunung tertinggi di Pulau Jawa, yakni Semeru. Seorang pendaki meninggal dunia, sedangkan satu pendaki lainnya mengalami patah kaki.

Korban meninggal dunia adalah seorang wanita asal kecamatan Warudoyong, Kota Sukabumi, Jawa Barat. Korban mengalami luka pada bagian kepala dan patah pada kaki kiri. Jenazah korban meninggal dunia pada Rabu malam (12/8) dan dibawa menuju RS Umum dr.Haryoto Lumajang, Jawa Timur.


Korban lainnya yang mengalami patah kaki merupakan mahasiswa Universitas Harapan Mandiri Medan, Sumatera Utara. Warga Kecamatan Pecut Sei Tuan, Deli Serdang itu di rujuk oleh sukarelawan PMI Kab. Malang ke RS Syaiful Anwar Malang, Jawa Timur. Rencananya, korban akan menjalani operasi atas patah kaki kanan yang dideritanya.

“Kejadian sekitar pukul 05.45 pagi dilokasi yang tidak jauh dari puncak. Keduanya tertimpa batu besar yang jatuh dari puncak Semeru,” kata Tomo Kasubsi PB PMI Kab Malang Melalui pesan elektroniknya.

Lebih lanjut Tomo menjelaskan, dalam operasi SAR kali ini PMI Kab. Malang mengerahkan 8 personil sukarelawan dan satu unit Ambulans guna mendukung upaya proses pencarian dan evakuasi korban.

Dalam kejadian ini pula, PMI Kab. Malang melakukan koordinasi dengan PMI kab. Sukabumi guna melakukan pelayanan restoring Family Link (RFL) melalui pelayanan penyampaian berita kepada keluarga korban yang ada di rumah duka di Sukabumi Jawa Barat. Tujuannya untuk memberikan palayan informasi kondisi dan keberadaan korban agar pihak keluarga di Sukabumi mengetahui kondisinya.

“Dalam pelayanan RFL ini kita coba koordinasikan dengan PMI Lumajang untuk disampaikan kepada PMI Sukabumi dalam melakukan pelayanan RFL ini. Mengingat posisi korban sekarang berada di RSU.dr.Haryoto yang merupakan wilayah kerja PMI kab lumajang,” terang tomo.

Untuk informasi lebih lanjut, dapat menghubungi : Tomo, Kasubdiv PB PMI Kab Malang, Hp : 085649984644, atau Atep Maulana, Humas PMI Kab Sukabumi, Hp : 085659103056

65

Leave a Reply